GL PRO BLACK ENGINE 1992-1994

HONDA, brand ini memang sudah mendunia dengan supercub nya yang bisa memangsa pangsa pasar motor-motor di eropa dan dilanjutkan dengan keluarga CB dan GL nya, mungkin motor yang akan saya ulas kali ini adalah salah satu seri terbaiknya di keluarga GL yang ada di Indonesia, honda sendiri mejawab semua tantangan kempetitor yang kala itu bermain di jenis mesin 2 tak, honda sangat percaya diri dengan konfigurasi mesin 4 tak nya, dengan bobot hanya 103kg dan sudah mengaplikasikan CDI motor ini dengan mudahnya melesat. diproduksi dengan rentang waktu yang cukup singkat tahun 1992 hingga 1994 dan saya pernah merasakan keganasan kick start nya, salah sedikit saja ketika melakukan kick start sandal dan dengkul sampean bakal copot. Disini kita bahas secara singkat review harian.





GL PRO BLACK engine diproduksi mulai tahun 1992 hingga 1994. Ayah saya meminangnya untuk kendaraan harian ke kantor dan dilimpahkan kepada saya ketika sudah beranjak dewasa. Yaitu GL Pro Black Engine 1993. hari demi hari,bulan hingga beberapa tahun saya lewati dengan GL Series ini, saya tidak mengalami kendala yang merepotkan dengan motor ini. saya kasih penilaian mulai dari sektor mesin, mesin dari keluarga GL ini sangatlah bandel, awet dan irit. Ketika saya gunakan ke puncak bromo melewati daerah nongko jajar ataupun daerah tumpang yang tanjakannya cukup ekstrem di kabupaten malang. mesin yang mampu memuntahkan power sebesar 16 hp @8.500 akselerasinya sangat mengejutkan karena jeroannya yang masih orisinil entah honda membenamkan mesin dengan racikan seperti apa sehingga motor ini bisa seperti ini, tapi untuk stripingnya jangan ditanya ya kenapa udah three color, karena susah cari orinya lek. bayangkan saja tanjakan ekstrem dibromo saya lahap dengan mudahnya tanpa ada gejala ngempos semakin saya tarik semakin menjerit nih mesin. Woh Ediann tenan masbro.. Panjang banget nafasnya. Babe Tau aje kalo mongtor ni sadis banget ;) sesampainya di bromo eh ternyata banyak banget soudara di blacky.

soal material saya acungi jempol, karena didatangkan langsung utuh dari jepang meskipun dipakai kepanasan kehujanan tiap harinya bodynya masih kinyis kinyis lek. suspensi teleskopiknya benar benar awet dan tahan lama, selama saya gunakan belum pernah dibongkar atau mengalami kebocoran yang ada malah tambah enak :) shock belakang saya kasih cover supaya tidak mudah kotor. kaki motor ini dibalut dengan ring 18inc serta motif kembangan ban tahu dari IRC Trail sehingga ketika melewati kubangan atau jalanan yang ancur-ancuran saya tidak merasakan guncangan yang berarti. banyak sekali para rider ingin meminangnya untuk dijadikan bahan trail retro maupun style scramble atau bobber. karena beberapa part yang mudah didapat terjangkau dan yang pasti mudah untuk di modif. tapi ada beberapa part yang saya ganti bukan orisinalnya karena alasan safety, mungkin akan saya bahas di posting selanjutnya.


kelemahan motor ini hanya satu, yaitu tangki. kalau untuk lainnya so far so good. kelemahan tangki motor ini mudah sekali nyruput air hujan sehingga saya sebagai pengguna mau tidak mau harus mengurasnya setiap tiga bulan sekali. supaya tidak terjadi korosi/karatan apalagi sampai bocor.

mungkin itu pengalaman yang dapat saya share ke mas bro sekalian mungkin ada beberapa masukan atau ingin berbagi pengalaman dengan saya, monggo share and comentnya :)


Berikut spesifikasi GL Pro Black Engine:
Mesin                   : 4 stroke, OHC
Kapasitas Mesin  : 144,7cc (145)

Bore x Stroke      : 61 x 49,5 mm
Rasio Kompresi   : 9,3 :1
Max Power          :16 hp @ 8500rpm
Sistim Pendingin : Udara
Transmisi             : 5 speed
Kopling                : Manual, tipe basah, doble clutch
Battery/accu         : 12V-4Ah
Busi                      : NGK DP8EA-9
Pengapian            : CDI-DC, battery
Berat                    : 103 kg
Starter                  : Kick

Dimensi               :
Panjang x lebar x tinggi : 2034 x 754 x 1062mm
Jarak Sumbu roda          : 1281 mm
Tinggi jok                      : 772 mm
Jarak ke tanah                : 149 mm
Rangka                          : Diamond
Suspensi                        : teleskopik 
Belakang                       : swing arm, double shockbreaker
Ban Depan                    : 2.75 - 18 inc - 42P
Ban Belakang               : 3.00 - 18 inc - 47P
Rem Depan                  : cakram single piston
Belakang                      : Drum / Tromol 





Belum ada Komentar untuk "GL PRO BLACK ENGINE 1992-1994"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel