Eco Riding (Mode IRIT) Betul di Angka 40-60 km/jam?



Banyak sekali faktor yang membuat motor/mobil mejadi irit mulai dari bawaan spek mesin hingga beberapa part yang dimodifikasi. Bagi kalian penggemar speed freak tak ada masalah soal BBM yang boros kita bicara disini tentang orang-orang yang menggunakan macam-macam piranti mulai dari part yang diganti hingga dimasukkan additif kedalam tangki bensin. sebetulnya secara logika gak ada ceritanya mau kenceng tapi bensin yang di keluarkan cuma sedikit nah itu motor bahan bakarnya pake nasi apa pake bensin bos?? hanya itu yang ingin saya sampaikan orang-orang mencari cara yang instan demi mendapat tingkat keiritan mesin tersebut. Sebetulnya gampang jika ingin di bikin irit, DI DORONG saja mas bro jangan di nyalakan itu mesin wkwkwk.. kita pasti tahu sebelum kita membeli motor atau mobil pastinya kita telah membaca dulu review produk tersebut mulai kelebihan dan kekurangannya paling nyaman sih mas bro pantengin aja forum-forum di internet karena mereka end user atau pengguna yang sudah bertahun-tahun menggunakan produk tersebut jadi mereka pasti paham betul seluk beluk kendaraannya. Setelah mas bro baca di forum pastinya kalian sudah mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan ketika akan meminang motor/mobil idamannya. Dari spek klaim pabrikan dan forum-forum pasti terlihat rata-rata penggunaan konsumsi BBMnya. Banyak sekali metode untuk mengukur ke akurasian tingkat konsumsi BBM kendaraan anda dengn cara

END to END
Artinya motor kalian dalam keadaan kosong melompong setelah itu diisi 1 liter dan kalian catat odometernya, dia bisa habiskan sampai berapa kilometer dalam 1 liter tapi metode ini cenderung bersiko kehabisan bensin di jalan, jadi siapkan saja satu botol bensin untuk di refill dan menuju ke POM bensin terdekat


FULL to FULL
Artinya motor kalian diisi penuh dan dipakai hingga habis serta jangan lupa dicatat odometernya mas bro sebagai tolak ukurnya.

kedua cara diatas merupakan metode jika panel di motor atau mobil kalian berbentuk analog, jika digital pastinya sudah ada estimasi konsumsi BBMnya mas bro.

dari dua metode diatas kalian bisa mengetahui keadaan kendaraan kalian apakah normal atau tidak yang sesuai dengan klaim pabrikan, jika tidak sesuai pastinya ada banyak sekali yang harus diperhatikan seperti kebersihan ruang bakar,oli,busi dan kelistrikan. Pabrikan telah membuat manual book service yang tujuannya untuk mengawasi produk yang telah diterima di tangan konsumen, dari situ kita bisa melihat disetiap sekian ratus atau ribu kilometer pasti ada beberapa piranti yang harus dicek dan diganti kita bisa melihatnya dari situ mas bro penyebabnya, tinggal sesuaikan dengan jarak tempuh motor atau mobil kita.

kembali ke eco ridng sebetulnya itu hanyalah acuan agar si pengendara bisa mendapat konsumsi BBM terbaik tetapi pada prakteknya dikota-kota besar kita memang bisa jalan di mode tersebut tapi tidak dengan konstan atau stabil di angka 40 atau 60 km/jam. Syarat ECO riding yaitu gas konstan di kecepatan (40-60km/jam) serta tidak memain-mainkan gas dan rem. sedangkan pada kenyataanya kita tidak bisa menghindari perilaku gas dan rem secara mendadak karena jaman sekarang ketika kita akan berangkat kerja atau kuliah pastinya semua juga bersamaan dengan jam sibuk yang efeknya macet dimana-mana crowded dan pastinya mau eco riding hanya bisa digunakan diluar kota, lewat tol dan lewat jam sibuk. efek dari macet juga semakin cepatnya pergantian oli karena meskipun jarak tempuh tidak jauh tetapi mesin terus berputar. Jadi sebetulnya mode eco riding ini hanya bisa digunakan ketika jalanan lenggang, tidak memainkan pola gas dan rem secara mendadak, keluar kota lewat tol. 

Belum ada Komentar untuk "Eco Riding (Mode IRIT) Betul di Angka 40-60 km/jam?"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel