Honda Karisma 125D 2003 vs Shogun R 125 2004

                                  

Motor bebek dari dulu sampai hari ini gak pernah ada yang namanya gak laku, meskipun saat ini digempur oleh jajaran motor matic. Motor bebek tetap saja laku walaupun hanya sedikit. Saat ini bebek yang paling kelihatan ya milik Honda saja. Karena yang lainnya sudah beralih untuk berjualan matic. Ada beberapa motor yang bisa saya bilang Hero di jajaran produknya. Salah satunya Honda Karisma dan Suzuki Shogun, sama-sama mengusung 125cc kedua motor ini memiliki karakter yang berbeda.

Mungkin bagi sobat biker lebih tertarik dengan honda suprax 125R jika membahas motor dengan kapasitas 125cc dengan aksen ke bapak-bapakannya dan fungsionalitasnya. tapi kali ini saya akan membahas motor honda karisma dan shogun 125 yang dapat menghasilkan motor mobil hingga rumah bagi kalian pekerja yang mengandalkan motor bebek sebagai kaki anda.

honda kharisma 125D bagi saya merupakan motor yang sangat bernilai dari segi fungsional hingga performanya. 2003 tahun dimana honda karisma 125D dilahirkan dan pertama pula saya memiliki motor dengan 125cc dengan hanya 1 pesaing utama yaitu suzuki shogun 125. tanpa basa-basi ini motor memiliki tingkat fungsional yang tinggi sebagai sepeda motor pekerja. bobot pengendara, pebonceng dan barang bawaanya seakan ini motor tidak bergeming mesin pun tak pernah berteriak untuk minta tambah gas. memang jelas dari perbandingan bobot, torsi daya maksimum dengan shogun R 125 terbaru gapnya lumayan jauh. tetapi di satu sisi ke dua duanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. disini kita batasi hanya membahas perkara bobot,torsi dan powenya.

Spesifikasi karisma 125D tahun 2003
Berat Kosong101,6 kg
Torsi Maksimal10,1 N.m / 4000 rpm
Daya Maksimal9,3 ps / 7500 rpm

 Spesifikasi shogun  R 125 tahun 2004
Berat Kosong107 kg
Torsi Maksimal9,8 N.m  / 6.000 rpm
Daya Maksimal9,6 PS  / 8.000 rpm

SELISIH BOBOT 5 KG

SELISIH TORSI 0.3

SELISIH POWER 0.3

dari selisih diatas memang benar ini motor karisma memang jawara di kelas motor pekerja keras. saya rekomendasi bagi mas bro yang ingin motor harian dengan budget 5jt an honda karisma bisa menjadi pilihan terbaik selain shogun R 125. Meskipun selisih torsi 0.3 tetapi honda karisma di rpm 4.000 sudah mencapai torsi maksimalnya bobotnya juga lebih ringan 5kg dibanding shogun. secara logika semakin rendah rpm torsi yang dicapai semakin cepat pula motor untuk melaju dari posisi diam ke kelajuan serta didukung dengan bobot yang ringan. soal keiritan bbm 11-12 atau hampir sama tergantung kondisi perawatan motornya mengingat umurnya sudah menginjak 15 tahun dan soal spare part sudah jangan ditanya lagi, masih banyak banget di pasaran. Jadi bagi mas bro yang ingin motor 125 tahun lama bisa meminang salah satunya. bicara soal kelemahan ini nilai minus yang disandang honda karisma 125D lansiran 2003 sampai 2005 satu hal yang bermasalah yaitu odometer digitalnya yang tidak bisa auto reset. akhirnya di tahun 2006 muncul karisma X sebagai versi yang autoreset odometernya.

jika keadaan rumah mas bro topografinya lebih lempeng atau medannya minim jalan menanjak dan jarang menemui tikungan-tikungan pendek silahkan pilih shogun mas bro, sensasi top speed dan kestabilan di jalan lurusnya bisa andalkan, tapi jika mas bro ingin motor yang punya tenaga badak di jalan-jalan menanjak silahkan meminang karisma. semua tergantung kebutuhan mas bro. dua duanya value for money, layak untuk dipertimbangkan. 








Belum ada Komentar untuk " Honda Karisma 125D 2003 vs Shogun R 125 2004"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel