Knalpot Mengeluarkan Uap di Pagi Hari Pertanda Mesin Sehat??



Zaman sekarang ketika kita akan berkendara pasti ada momen warming up atau manasin mesin. Sebetulnya apa kang fungsinya? Banyak, untuk sirkulasi oli agar tersalurkan dan melumasi ke seluruh komponen mesin, charging aki, dan juga kroscek bagian-bagian kendaraan ketika kita akan melakukan perjalanan. Untuk motor dengan sistim injeksi gimana? Sama saja mas bro tetapi waktunya gak terlalu lama karena kandungan udara dan BBM sudah di atur oleh ECU kurang lebih 1 menit itu sudah cukup mas bro, lebih dari itu sayang banget bensinnya lebih baik di pakai sambil jalan. Jika sistem karbu kurang lebih 2 menitan karena karburator masih melakukan penyesuaian campuran antara udara dan BBM,

Lantas apa hubungannya ketika kita berkendara saat di pagi hari kita warming up mesin trus muncul embun atau asap putih dari knalpot? Sebetulnya hal ini merupakan ilmu fisika mas bro. "Kondensasi" Pengembunan intinya pipa header knalpot kalian itu mengembun, proses pengembunan terjadi semalaman karena suhu yang cenderung menurun drastis dan ketika tekena panas mesin di pagi hari dia akan terdorong keluar dan berubah menjadi lebih padat dalam bentuk gas/asap.

Saat ini banyak sekali jual beli on line yang mencamtukan kata-kata ini mas bro, "Di panasin di pagi hari masih keluar uap" Hal tersebut alasan mengapa saya menulis artikel ini, karena teman-teman pada bertanya hubungan tetang kesehatan mesin dengan uap tersebut. Padahal jelas sudah bahwa hal tersebut merupakan reaksi alam. Tidak ada kaitannya antara uap tersebut dengan kesehatan mesin. Jadi jika kalian ingin membeli kendaraan dan ada keterangan uap di pagi hari di abaikan saja mas bro, bukan jaminan. Cukup bawa mekanik andalan hal semua pasti ketahuan, lebih baik nya lagi jika showroom terkait berani memberikan garansi. Jadi kalian membeli tidak beli kucing dalam karung mas bro wkwk..

Belum ada Komentar untuk "Knalpot Mengeluarkan Uap di Pagi Hari Pertanda Mesin Sehat??"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel