Penyebab Busi Berumur Pendek


Siapa yang tidak kenal busi mas bro, komponen yang satu ini merupakan pematik bunga api di ruang mesin yang berasal dari koil, magnet dan CDI. Jika kita perhatikan barang kecil ini kerap kali disepelekan padahal fungsi dari busi itu sendiri sangatlah fatal jika tidak kita rawat, karena busi memiliki umur pakainya, idealnya antara 7000 - 10000 km tetapi jika kalian ganti dengan tipe iridium pastinya life timenya juga lebih panjang. Ada beberapa sebab mengapa umur busi tidak sampai 7000 km selain kualitas busi itu sendiri ada beberapa penyebab yang membuat si kecil berumur pendek.


Tingkat Kekencangan
kalian pasti tau setiap busi pasti memiliki ulir untuk memasukkanya ke lubang busi di mesin, hal ini jangan di anggap sepele mas bro karena tingkat kekencangan atau torsi putar ada ukurannya tersendiri tiap masing-masing kendaraan. Jika kalian tidak memiliki kunci torsi simplenya jangan terlalu kencang ketika mengencangkan busi tersebut tetapi juga jangan sampai longgar. Karena jika busi tersebut terlalu dalam di khawatirkan terlalu dekat dengan piston dan hal tersebut membuat umur busi lebih singkat


Setelah Bahan Bakar (Karburator)
Bagi pengguna motor atau mobil injeksi hal diatas tidak berlaku karena sistim pembakaran sudah di atur oleh ECU (Electronik Control Unit) sehingga takaran antara output BBM dan Udara lebih presisi sesuai dengan permintaan mesin. Jika di sistim karburator settingan yang terlalu basah atau kaya akan BBM di ruang bakar membuat ujung busi selalu basah membuat kinerja busi tidak maksimal.

Jalur Pengapian
Hal ini erat kaitannya dengan magnet,CDI,dan koil. Harap berhati-hati jika kalian doyan pakai CDI Racing mas bro karena terkadang spek yang dicantumkan di CDI racing harus ada beberapa ubahan supaya kinerja bisa berjalan dengan semestinya jika tidak kita ikutin biasanya akan ada feed back negatif untuk kelistrikan kita. Cek jalur kembali kabel-kabel apakah ada yang sudah getas atau sambungan-sambungan yang sudah bagus lagi.

Spesifikasi
Pastikan kalian pilih busi dengan spesifikasi sesuai dengan standart pabrik yang telah di anjurkan untuk mobil/motor kalian. Karena spesifikasi busi terdiri dari banyak jenis, ada yang jenis busi dingin ada juga panas serta tingkat ketahanan suhu panas di ruang bakar mesin.

Kebocoran Kompresi
Hal ini sangat jarang terjadi jika si empunya rajin ganti oli mesin dan service atau memang kondisi mesin sudah berumur. Kebocoran kompresi bisa di rasa dengan tenaga motor yang ngempos di rpm tinggi aka tenaga mesin berkurang sehingga membuat sistim pembakaran terganggu dan membuat busi cepat mati.

























Belum ada Komentar untuk "Penyebab Busi Berumur Pendek"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel