Pilih Bengkel Umum atau Bengkel Resmi



mas bro pasti sudah tidak asing lagi dengan biaya servis hingga pergantian komponen kendaraan yang harus melibatkan mekanik dan yang pasti uang kalian. Lalu bagaimana kita harus memilih kedua pilihan tersebut agar motor atau mobil kita awet dan kita tidak salah pilih yang akan berbuah simalakama.

kedua tempat ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada beberapa faktor yang akan saya jabarkan sedikit karena servis itu merupakan hal yang sangat penting agar secara nilai pakai kendaraan tersebut bisa digunakan secara optimal dan kita juga tidak rugi secara finansial.

kita akan bagi dari beberapa kategori (Ketersediaan Komponen, Harga Jasa, Kelengkapan Peralatan)

1. Ketersediaan Komponen

A. Bengkel Resmi
     Sudah bukan menjadi hal yang baru jika ketersediaan komponen kendaraan yang di pasarkan oleh pabrikan pasti sudah tersedia spare partnya di bengkel resmi, karena mereka juga memiliki fasilitas after sales atau purna jual sehingga konsumen dapat dimanjakan dengan ketersediaan komponen yang kalian butuhkan. spare part disini ada yang fast moving dan juga slow moving, andai kata kalian butuh komponen yang bersifat slow moving waktu tunggu / inden tidak lebih dari 1 bulan. Kelemahan dari bengkel resmi tidak menjualnya produk after market karena spare part mereka sudah sesuai dengan standart service yang telah mereka terima sewaktu training.


B. Bengkel Umum
     Pada bengkel umum kita dapat memilih komponen apa yang akan kita gunakan, biasanya mereka memberikan pilihan mulai dari produk KW, Standart hingga Racing Oriented. Semua itu tergantung kemampuan mekanik dalam menangani kendaraan anda. Kalian tinggal sampaikan saja kemauan anda, ingin seperti apa kendaraan anda. Kelemahan di bengkel umum mereka tidak ada standart khusus keselamatan karena hanya berbekal pengalaman dan pengetahuan. Sedangkan bengkel resmi selalu dapat informasi up to date mengenai komponen di setiap produknya.

2.  Harga Jasa

A. Bengkel Resmi
     Harga jasa yang di patok tergantung dengan kendaraan yang anda beli, semakin mahal semakin canggih pula teknologi yang di sematkan dan semakin mahal juga perawatan yang harus dilakukan. Bengkel resmi telah mematok harga jasa servis tergantung bagaimanakah kerusakannya. Sehingga sudah pasti harga jasa untuk bengkel resmi lebih tinggi dari pada bengkel umum biasanya. Karena faktor peralatan, keahlian teknisi juga standart oprasionalnya.

B. Bengkel Umum
     Soal biaya jasa di bengkel umum sudah pasti lebih murah, tergantung jenis kerusakannya. adanya bengkel umum sebagai alternatif bagi kalian yang ingin bekonsultasi lebih jauh masalah kendaraan anda tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Karena bengkel umum punya banyak sekali alternatif solusi perbaikan kendaraan ketika kita memiliki budget pas-pas an atau mungkin karena bluder di bengkel resmi. Karena mereka hanya menggunakan peralatan yang lebih ringkas serta pemilihan spare part yang variatif.

3. Kelengkapan Peralatan

A. Bengkel Resmi
     Bengkel resmi menggunakan alat yang ringkas dalam hal penanganan kendaraan anda karena mereka lebih mengutamakan pada penyesuaian budget dan tentunya orientasi pada hasilnya sehingga bicara soal kelengkapan peralatan bengkel resmi sudah pasti lebih unggul.


JADI MANA YANG LEBIH BAIK?

Bicara dari beberapa faktor diatas tidak ada yang salah antara keduanya karena intinya mereka memperbaiki kendaraan kita. Poin yang paling mendasar yaitu ketidak pahaman kita terhadap kendaraan kita, menyerahkan sepenuhnya kendaraan kita tanpa tahu betul penyebab kerusakan komponennya adalah hal yang salah.

Minimnya pengetahuan terhadap kendaraan kita membuat kita sering mudah tertipu. Karena saat ini meskipun bengkel resmi atau umum sama-sama berorientasi pada keuntungan atau benefit. So mas bro jika ingin aman silahkan berkonsultasi dulu ke bengkel langganan atau teman kalo ada waktu bisa lihat di forum dan you tube. Saat ini media informasi bukan hanya dari manual book tetapi di media internet juga kita bisa melihat secara visual cara penangannya.

Jika kendaraan masih baru silahkan ke bengkel resmi karena karena garansi berlaku 3 sampai 4 tahun, Jika kendaraan lebih dari itu silahkan pergi ke bengkel langganan. mudah kan mas bro. 



Belum ada Komentar untuk "Pilih Bengkel Umum atau Bengkel Resmi "

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel