Tips Jitu Mengatasi Overheat Mesin

Yang namanya mesin berputar pasti menyebabkan gesekan dan hal tersebut pastilah berbuah panas, sesederhana itu kita memahami panas yang berasal dari mesin motor atau mobil kita. Sisanya bisa pengaruh suhu, gaya berkendara hingga desain sirkulasi angin yang harus di salurkan di celah-celah mesin.

kita bahas dahulu mengapa bisa terjadi overheat aka kepanasan dari sebuah mesin. Ada beberapa faktor penyebabnya 

Gaya Berkendara
Kalian pasti memiliki style berkendara bermacam-macam. Ada yang santai menikmati perjalanan, Mediun speed karena tidak terlalu urgent hingga Rush aka sruntulan karena jam mepet dan memang ingin show off wkwk. Jika kalian berkendaran dengan high rpm, rem mendadak membuat mesin tersiksa dan tidak ada jeda waktu untuk dia santai hal seperti itu yang membuat panas mesin. Semakin tinggi rpm di tambah lagi cuaca serta kemacetan yang membuat suhu mesin tidak mendapat sirkulasi udara yang baik. Gaya berkendara dengan model Rush harus meperhatikan betul perawatan masalah pendingin mesin

Oli
Pilih oli yang sesuai spek, jangan sampai kalian pakai yang terlalu encer atau kental efeknya bahaya mas bro, terlalu encer oli tidak dapat melindungi mesin dengan baik efeknya suara mesin jadi kasar dan sebaliknya jika terlalu kental oli tidak dapat mengalir ke seluruh sela-sela mesin. Terjadinya over heat karena pergantian oli yang tidak teratur serta melanggar spesifikasi yang telah di anjurkan oleh pabrikan.

Air Radiator dan Kipas
Ketika pertama kali membeli mobil atau motor pelajari betul kendaraan anda, Jika menggunakan fan sebagai pendingin ekstra seharusnya dia berputar pada batasan panas mesin berapa derajat celcius karena jika hal tersebut tidak bekerja bisa fatal akibatnya. Cermati air radiator berapa lama harus di ganti, karena air radiator juga memiliki masa pakai dan disini merupakan salah satu tolak ukur kesehatan mesin kita. Secara logika air radiator itu hanya berputar-putar di sekitar dinding mesin dan tidak akan berkurang. Mereka tidak bercampur dengan oli mesin, jika mas bro melihat air radiator berkurang serta di reservoir atau di tangki cadangan volume berubah kalian harus mewaspadainya karena bisa jadi air radiator tersebut bercampur dengan oli, bocor, hingga menguap. Pilihlah air radiator dengan kualitas yang baik agar dapat mendinginkan mesin dan tidak mudah menguap.



Sirip Radiator
Banyak sekali produk after market yang menyediakan pelindung sirip-sirip yang ada di radiator fungsinya untuk melindungi dari krikil dan benda asing ketika kita berkendara. Jika sirip-sirip di radiator banyak yang penyok aliran udara akan terhambat yang efeknya air radiator tidak dapat melepas panas. Terlanjur penyok bisa di repair dengan pinset tapi jika parah bawa saja ke tukang radiator mas bro.

Dan yang terakhir sesegera mungkin cuci kendaraan anda jika radiator terkena endapan lumpur karena dapat menghambat pendinginan mesin. Kalo mau dingin sekalian di bongkar semua mas bro wkwkwk


Intinya ada 3 hal saja supaya kita terhindar dari over heat engine. Gaya berkendara, Oli Mesin, Radiator

Belum ada Komentar untuk "Tips Jitu Mengatasi Overheat Mesin"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel