Tips Membeli Mobil Bekas Dengan Melihat Fisiknya



Mobil merupakan kendaraan yang terdiri dari berbagai macam komponen dan dijadikan satu kesatuan untuk bisa di kendarai. Ada hal-hal yang sangat sederhana ketika kita akan membeli mobil, mungkin terlihat sepele cuma hal ini bisa menjadi pertanda apakah mobil tersebut masih layak untuk kita pinang. Siapin kopi dan pisang goreng, karena saya akan bahas panjang lebar mas bro.

1. Odomoter
Odomoter merupakan tolak ukur jarak tempuh kendaraan tersebut, jangan pilih kendaraan yang posisi akinya mati. Karena kita tidak tahu bagaimana kondisi elektricalnya mas bro, perhatikan seberapa jauh jarak tempuh kendaraan ini. Rata-rata kendaraan roda empat dalam satu tahun jarak tempuh yang di capai biasanya 10.000km jika di konversi kira-kira tiap bulannya jarak tempuhnya sekitar 700 - 1000 km. hal itu normal jika di bikin contoh mobil keluaran 2007 dan kita akan beli di tahun ini 2018 maka kurang lebih mobil tersebut sewajarnya menempuh 90.000 - 100.000 km jika lebih dari itu kalian harus berpikir ulang. Semakin jauh jarak tempuh mobil tersebut semakin aus pula komponen mesinnya terlebih lagi si pemilik jarang servis atau perawatan, dapat barang rongsokan yang iya mas bro
.



2. Body
Cari mobil yang sesuai dengan warna STNKnya, jangan pilih mobil yang sudah pakai cutting stiker karena kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di balik stiker tersebut, kecuali di kaca ya mas bro karena memang adat-istiadat orang indonesia setelah berpergian ke tempat wisata wajib punya stiker dan di tempelin di kaca mobil wkwk.. kalau mungkin ada waktu lihat bodi mobil di malam hari mas bro, ini rahasianya. Ketika malam tiba pasti ada cahaya yang memantul ke body mobil kita bisa melihat mobil tersebut dari samping apakah terdapat penyok atau tidak, sekecil apapun penyoknya pasti pantulan gambar yang ada di body mobil tidak akan sempurna alias ngeblur atau tidak simetris, jadi soal body mobil lihat malam hari sambil ngbrol sama si pemilik ok juga. Tapi jika lihat goresannya ya siang saja mas bro.

3. Frame
Terlalu lebay jika harus untuk ke bengkel melihat framenya. Caranya mudah kok mas bro tinggal buka kap mesin lihat saja bagian-bagian framenya, apakah ada yang tidak simetris karena jika mobil tersebut pernah kecelakaan frame tersebut tidak akan lurus sempurna. Meskipun kalian belum expert pasti kalian tahu mana besi yang pernah terkena pukulan keras atau tidak. Karena rangka itu tidak dijual yang ada di bawa ke ketok magic untuk di luruskan kembali tetapi hal tersebut tidak akan kembali sempurna.

4. Kontak
Mobil yang masih menggunakan kontak atau kunci yang konvensional pasti melalui tahap memasukkan kunci mobil dahulu sebelum menyalakan mesin, kalian bisa cek di posisi ini jika rumah kunci masih rapat artinya ketika memutar posisi on off atau locknya tidak ada kendala dan mantap bisa dipastikan mobil tersebut masih sehat, jika sebaliknya maka kalian harus berfikir ulang. Karena hal kecil ini juga menentukan bagaimana si owner memberlakukan kendaarannya. Kontak sudah oblak artinya si pengguna memakainya secara kasar, kasar disini juga berimbas pada bagaimana cara dia mengendarainya.

5. List Body mobil
Mas bro pasti tahu list di seluruh bagian mobil, bisa dibilang sambungan antara pintu depan, belakang kap mobil dan seluruh body mobil. Antara pintu mobil dengan body mobil pasti ada jarak yang memisahkan seper sekian milimeter, jarak tersebut juga bisa menjadi acuan apakah kendaraan tersebut pernah menabrak atau tidak. Karena jika kendaraan tersebut pernah terjadi kecelakaan pasti list sambungan tidak akan sempurna alias jika lihat secara kasat mata akan terlihat tidak mulus lagi garisnya. Seandainya di ganti satu paket entah itu pintunya saja, atau kap depan warna yang terlihat sudah pasti tidak senada alias belang. Karena cat kita setiap harinya mengalamai oksidasi terkena cuaca panas hujan secara terus menerus pasti warna tidak akan sama dengan barunya.



2 Komentar untuk "Tips Membeli Mobil Bekas Dengan Melihat Fisiknya"

  1. mas ada rekomendasi beli mobil bekas di malang?

    BalasHapus
  2. Maaf mas bro baru sempat balas, bisa ke prima mobil yang punya bro REZA orangya welcome. dan yang pasti mereka berani ngasih jaminan. Rukonya setelah fly over arjosari kiri jalan

    BalasHapus

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel