TIPS MEMBELI NINJA 250 OLD/KARBU (2008 - 2012).. MIKIR...??


Bagi sobat bikers punya motor impian adalah salah satu impian terbesar dalam hidup, apalagi mas bro naik kelas dari motor harian ke kelas 250cc. kenapa ninja? sudah bukan hal baru di tahun 2008 lalu motor debut perdana ninja 250cc dengan pengkabutan yang masih karburator seakan bagai MOGE yang tampilannya WAH bagi para bikers. mungkin bagi mas bro yang memiliki budget 30 jt keatas bisa mempertimbangan untuk meminang motor ini


satu hal yang ingin saya bahas masalah ninja 250 dengan beberapa part subtitusinya yang beredar di pasaran. sebelum mas bro punya sebaiknya pelajari dahulu spare part yang nantinya harus di ganti apa saja sebelum meminang ninja 250 OLD saya akan bahas beberapa part beserta estimasi harganya


BRAKE PAD/KAMPAS REM
kampas rem merupakan part yang cepet banget habisnya di kasus ninja 250, part subtitusi ninja 250 OLD ada berbagai macam, salah satu diantaranya kampas rem yang bisa saling tukar dengan supra X 125 dengan harga yang jauh dengan kampas rem originalnya  dipasaran kampas rem supra X 125 dibandrol 40-65 ribu rupiah, sedangkan original kawasaki hampir menyentuh 300rb an, mas bro bisa bayangin.... saya gak ngbrolin masalah harga, karena bisa berubah-ubah. coba mas bro bayangkan saja motor 250cc yang dipasang kampas rem milik 125cc yang hanya memiliki power maksimalnya 9-10 hp maksimal gear 4 ya 110km/jam itupun sudah mentok. mesin 250cc colek dikit gear 4 sudah 100km/jam lebih mas bro. Pabrikan sudah mendesain dan mengukur kampas dari dari masing-masing motor mulai dari bobot kendaraan  yang harus di tahan oleh sepatu rem hingga  kecepatan maksimal yang harus di terima oleh kampas rem. soal rem jangan di anggap remeh mas bro karena alat ini salah satu penentu penyelamat anda ketika berkendara.

kampas rem after market bisa pakai ELIG atau BENDIX tergantung kebutuhan di toko-toko online banyak mas bro.



MILLEAGE/JARAK TEMPUH
dapat motor dengan milleage diatas 45.000 mas bro bisa coba pikir ulang masalah jarak tempuh yang sejauh ini, memang selama penggunaan si empunya rajin servis di dealer resmi motor ini dianggap sehat, tetapi namanya meterial pasti terkikis, salah satunya pilot jet, main jet atau bahasa umunya spuyer. diatas kilometer 45rb namanya spuyer pasti sudah tidak presisi lagi. apalagi si empunya pake open filter malah lebih cepat lagi mas bro tingkat keausannnya karena di kelas 250cc kadang si pemiliki gatal untuk memodifikasi. harga untuk sepaket spuyer kisaran harga 400rb di dealer resmi itu pun belum termasuk ongkos pasangnya. efeknya jika spuyer tidak di ganti mesin kurang OK karena salah satu sumbangsih terbesar dalam pembakarannya eror. mesin brebet di putaran atas, susah nyala ketika dipanasin, konsumsi BBM juga tidak akurat alias boros. ninja normal di angka 1:18 - 1:21 kondisi normal. jika tidak normal berarti 1 liternya kurang dari standart diatas.
spuyer bisa pakai miliki GL PRO atau TIGER jika ingin lebih OK bisa pakai DAYTONA, JETTING PRO



OLI
hal tersebut tidak begitu terlihat ketika diperhatikan tapi bisa dirasakan ketika berkendara, apakah si pemilik rajin untuk mengganti OLI, untuk perawatan ninja membutuhkan 2 botol oli dengan harga bervariasi sesuaikan juga dengan speknya 10W-40 JASO MA/JASO MA2 minimal budget 170rb untuk oli berkualitas menengah yang jarak penggantiannya 3 bulan sekali. semakin tinggi harga oli semakin bagus kualitasnya hal tersebut bisa dilihat dari daya ketahanan geseknya dan tingkat didihnya. kenapa saya bilang tingkat geseknya, karena mesin motor kita hampir 99% tebuat dari besi logam dan baja mereka butuh pelumas agar antara satu dan lainnya tidak bersinggungan secara langsung yang menyebabkan terkikis dan menyebabkan panas tinggi. oli dengan tingkat didih yang tinggi juga menjaga supaya kuantitas oli dalam mesin tetap, jika ada penguapan otomatis oli akan berkurang sehingga pelumasan berkurang dan kegunaan oli juga berfungsi mendinginkan mesin.

OLI aftermarket : MOTUL, SHELL, YAMALUBE SUPERSPORT/RS4GP



KONDISI FISIK
meliputi rangka, body plastik, handpad, footstep, rumah kunci motor, gear set rantai.
- rangka memang susah dilihat apakah normal atau bekas crash, tetapi mas bro bisa melihat dengan
  cara melihat roda belakang apakah sejajar dengan roda depan.
- body plastik bisa kalian raba, dan melihat secara detail karena hasil painting dari sebuah pabrik
  pasti melewati QC atau quality control yang artinya bila hasil pengecatan tidak sesuai standart
  maka akan di repaint, dari hal tersebut kita bisa melihat cat orisinil dari sebuah kendaraan.
  tidak akan ada hasil cat dalam bentuk dot atau titik-titik kecuali memang ada jenis kendaraan yang
  berprofil cat demikian. pastikan tidak ada retakan atau stratch yang dalam dan hindari pemilihan
  motor yang sudah terdecal atau ditutup dengan scotlite atau stiker, karena kita tidak tahu apa yang
  terjadi sebelum di cat atau di tutup dengan scotlite. Bisa saja crash atau hal lainnya yang di tutupi
-handpad usahakan masih orisinil yang bisa membuktikan apakah motor ini sering dipakai atau tidak.   jika sering dipakai teksture pada handpad pasti sudah tidak utuh lagi, kusam, karetnya keras serta
 timbul retakan.
-footstep usahakan pilih yang masih bawaan motor karena dari footstep kalian bisa mengetahui
 motor pernah roboh atau crash karena yang paling terdahulu ketika motor roboh footstep dan
 stabilizer dekat handpad yang bersinggungan
-rumah kunci bisa sobat lihat masih susah untuk dimasukkan kunci apa sudah oblak. karena hal itu
 tidak bisa di kelabuhi oleh si penjual.
-rantai bisa dilihat dari gearnya pada ujungnya apakah sudah runcing apa masih tumpul, jika masih   tumpul artinya mas bro bisa saving budget karena gear set masih bagus

                             

Paling terakhir test drive, bisa kalian rasakan mana motor yang sehat dengan motor yang bermasalah ketika jalan. biasanya motor yang bermasalah antara suara mesin dan bukaan gas tidak seirama serta handlingnya ketika di bawa jalan lurus atau berbelok gak bisa nurut.
coba mas bro pikir ulang untuk meminang NINJA 250 dengan kondisi diatas. karena kalo di total minimal mas bro nyiapin dana 3jt an untuk mengganti komponen yang fast moving.
itu belum termasuk pajaknya ya kang? iya lah..




sedikit ilmu yang saya punya sebagai refrensi mas bro untuk meminang motor bekas agar tidak tertipu oleh tampilan atau omongan si penjual. sayang banget kan jika mas bro punya duit 30jt cuma beli segumpal besi yang rusak. hal diatas juga bisa diberlakukan pada motor lain. masalah surat menyurat gak perlu ditanya. pasti mas bro sudah lebih pandai bagaimana cara mengecek legalitas surat-suratnya.


Belum ada Komentar untuk "TIPS MEMBELI NINJA 250 OLD/KARBU (2008 - 2012).. MIKIR...??"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel