Cara Murah Menghilangkan Karat Velg jari-jari



Bagi punggawa motor trail maupun motor classic kebersihan velg jari-jari merupakan hal yang cukup ribet, karena selain harus membersihkan satu per satu jari tersebut juga harus menjaganya agar tidak mudah kusam dan terserang karat. Saat ini velg sepeda motor terdiri dari dua varian, yaitu velg casting wheel atau velg racing dan velg jari-jari atau spoke wheel. Perbedaan dari dua jenis velg ini tergolong pada fungsinya saja.

Velg racing / casting wheel
Dalam hal pembuatannya velg racing ada yang menggunakan dicetak dengan menggunakan cetakan velg ada juga yang langsung dari bahan material dasarnya. Istilah velg yang dibuat langsung tanpa proses pelelehan dari bahan material dasarnya yaitu disebut "forged" dimana bahan tersebut langsung dibentuk menggunakan alat CNC sehingga harga velg ini cukup mahal karena alat untuk pengolahannya yang butuh cost yang besar, tetapi kelebihan dari velg ini menawarkan durabilty/ketahanan dan stabilitas yang baik serta velg ini dikenal dengan ringannya, kalau velg standart biasanya berat total depan dan belakang mencapai lebih dari 8kg, untuk velg forged biasanya tidak lebih dari 5kg jadi velg ini biasa digunakan motor-motor dengan kapasitas mesin 400cc keatas karena bertujuan untuk mengurangi bobot pada kaki-kakinya. Jika  velg racing biasa, proses pembuatannya material dilebur terlebih dahulu pada suhu tertentu setelah itu hasil peleburan di cetak ke dalam bentuk yang telah disesuaikan, kelemahan velg ini terkadang ketika proses pencetakan pada tatakan terdapat gelembung udara yang menyelinap sehingga mengurangi tingkat kekuatan dari velg tersebut. Dua metode velg ini digunakan untuk motor dengan peruntukan kecepatan tinggi atau sport oriented, tetapi untuk saat ini sudah telah banyak di aplikasikan ke motor bebek karena perawatannya yang simple, minim kerusakan serta biaya produksi yang bisa ditekan karena pembuatannya ada di dalam negeri
.



Velg Jari-jari / Spoke Wheels
Velg ini diaplikasikan pada motor-motor pada penggunaan sehari-hari karena sifatnya yang tidak rigid atau bisa mengikuti kontur jalan sehingga velg ini mudah untuk di balancing dan mudah perawatannya. Velg ini biasa digunakan untuk motor cross karena velg jenis ini tergolong ringan, motor cross tidak membutuhkan high speed dalam penggunaanya yang paling utama itu ringan dan solid pada kaki-kaki. Masalah yang sering ditemui hanya sebatas velg yang tidak center dan karat yang melanda. Motor-motor jadul telah mengaplikasikan velg ini sejak lama karena memang kontur di Indonesia yang jaman dahulu masih belum semuanya jalannya dilapisi oleh hot mix aka aspal. Selain penggunaan pada motocross velg ini telah berkembang pesat dalam fungsinya dan telah menjelma menjadi drag oriented serta lifestyle, velg ini dibuat ringan dan stabil demi mendapat waktu terbaik ketika balapan di trek lurus. Velg jari-jari saat ini juga banyak dipakai untuk motor ber-aliran thailook yang hanya dipakai untuk kontes serta motor-motor yang memiliki dua alam atau advanture.


Dari kedua jenis velg diatas penyakit yang sering dilami spoke wheels yaitu karat, karena ketika menggunakan velg ini terkadang kotoran, air dan lumpur hinggap diantara jari-jari velg ini. Dan jika tidak rajin membersihkan akan terjadi karat/korosi. Cara yang paling mudah dan murah yaitu menggunakan oli, selain kegunaanya untuk melumasi oli mesin, oli juga dapat membersihkan karat, karena di dalam oli ada semacam additif seperti membersihkan mesin dan melidungi mesin dari serangan karat atau korosif. Caranya tergolong mudah ketika ingin membersihkan jeruji vleg, anda tinggal menyiapkan oli dan lap kering yang selanjutnya oli tersebut dioleskan ke bagian-bagian yang terkena karat. Setelah dilumasi dengan oli silahkan dibiarkan selama 2-3 menit agar oli tersebut meresap kedalam karat. usapkan lap kering dengan tekanan yang cukup kuat agar karat yang menempel di jeruji bisa ikut tersapu dengan kain. Cara ini cukup efektif meskipun tidak menghilangkan karat 100 persen, karena tujuan kita disini hanya memanfaatkan bahan-bahan yang ada.

Belum ada Komentar untuk "Cara Murah Menghilangkan Karat Velg jari-jari"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel