Cara Pasang Pengapian Motor Balap


Kelistrikan merupakan energi yang salah satu faktor penting dalam tenaga listrik selain sektor mesin dan komponen lainnya. Masih banyak orang yang belum paham betul konsep pengapian yang digunakan oleh motor balap baik itu motor drag race atau pun road race. Kalau dari sejarahnya metode ini sudah ada sejak lama di tahun 2000an mas bro, awal kisah dari Kang Sugiono alias Bobeng asal Purwokerto. Awal konsep beliau dianggap aneh karena mayoritas masih menggunakan sistim pengapian dengan menggunakan model AC. Arus listrik yang disupali untuk CDI dari sepul yang masih AC, meskipun lewat kiprok terlebih dahulu. Tetapi lain halnya dengan sistim pengapian DC yang bisa langsung lewat aki. Meskipun sepul mati tetapi mesin masih bisa tetap menyala selama energi listrik dari aki masih cukup untuk mensuplai mesin. Karena itulah magnet sudah tidak dipergunakan lagi, ide dari melepas magnet inilah yang disebut "TOTAL LOSS"

model pengapian total los bisa digunakan dengan motor yang sudah menerapkan sistim pengapian DC, melepas magnet dapat meringankan kinerja mesin karena beban yang ditanggung berkurang jika kurang puas lempengan sembrani juga bisa dilepas juga mas bro bisa dicungkil atau dengan pahat baja atau palu. Setelah semua beres tinggal setting pick sensor atau sensor pulser. Umumnya tinggi tonjolan berkisar 1.2mm hingga 2mm dan tonjolan pulser mengikuti ukuran standart atau bisa mengikuti CDI Racing yang telah di aplikasikan ke motor balap. Perlu diingat posisi pick up pulser harus sama ketika dipasang agar derajat timing pengapian sama seperti saat menggunakan magnet standart atau bandul buatan.

Biasanya jenis battery yang digunakan aki kering yang kecil dengan kapasitas 12 volt dan minimal 5 ampere. Perhatikan juga kelistrikan motor karena motor balap yang telah dimodifikasi dengan kebutuhan balap memiliki kebutuhan listrik yang berbeda-beda. Jika ingin lebih simple biasanya punggawa motor balap menggunakan aki dengan jenis lithium karena beratnya yang hanya seperlima dari aki kering serta ukurannya yang relatif kecil. Karena kebutuhan balap mengejar ringan, cepat dan stabil.





Belum ada Komentar untuk "Cara Pasang Pengapian Motor Balap "

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel