YAMALUBE Super Sport vs KGO Ultimate di NINJA 250



Mungkin hal tersebut agak aneh, motor kawasaki ninja 250 diisi dengan yamalube super sport. Tapi itulah kenyatannya setelah pernah memakai oli KGO Kawasaki Genuine Oil Ultimate seharga 90 rb dan yamalube supersport diharga 70rb ada plus minusnya menggunakan yamalube oli ini. Memang oli supersport ini khusus untuk motor 250cc nya yamaha. Kita akan bahas dulu spesifikasi oli mesin yang diminta oleh si ninin ini. Spesifikasi oli yang dibutuhkan oleh ninja adalah 10W40 JASO MA dan tidak tertulis harus syntesis atau semi systesis. Enaknya kita diberikan pilihan mau pilih dengan jenis oli yang seperti apa, yang penting kurang lebih memiliki kekentalan 10W40. Sebetulnya oli syntesis ataupun semi systesis hanya terletak pada bahan dasarnya saja dan pada ketahanan oli tersebut. Masalah additif apa yang akan dikandung oleh oli tersebut tergantung pabrikan masing-masing. Tapi rata-rata oli systesis itu memiliki deterjen atau bisa dibilang membersihkan mesin, itu lah kenapa ketika oli tersebut di drain atau ketika diganti maka oli tersebut akan menghitam karena sifatnya yang membersihkan ruang mesin. Warna tersebut pertanda bagus karena oli tersebut dapat menjalankan tugasnya dengan baik di mesin kita. Oli systesis juga cocok untuk mesin-mesin yang tingkat kerapatannya cukup tinggi. Semakin banyak additif pada oli tersebut biasanya harganya semakin mahal. Ok kita akan review dari segi performa mesin, tingkat panas, kemudahan oper gigi, ketahanan oli.

Performa Mesin
Dengan harga 70 rb rupiah kita sudah mendapatkan oli full sintetis dengan kualitas MA2. Entah yamalube ini membuat oli sendiri atau membranding oli lain dengan harga kisaran 70rb kita dapat oli dengan tingkatan lebih tinggi dari KGO ultimate. MA2 artinya oli ini tahan terhadap gesekan karena lebih licin dan stabil karena sudah diatas MA. Soal akselerasi bisa dibilang sama saja dengan KGO perbedaanya hanya pada tingkat kebisingan mesin. Ketika digeber di rpm tinggi YAMALUBE SS suara mesin si ninin jadi lebih halus ketimbang KGO. Karena memang kualitas sudah pada tingkatan MA2. 



Tingkat Panas
Pengukuran dengan rute yang sama dan terkena macet-macetan dan kondisi air radiator yang masih baru ketika diisi dengan oli yamalube super sport fan sering banget berputar. Hal ini berbanding terbalik dengan KGO yang hanya sesekali saja fan berputar. Ini pertanda oli kurang bisa meredam panas ketika diisi dengan kualitas MA2. Soal akselerasi yang lebih halus memang saya akuin yamalube dapat poin plus disini. Hasil poin sementara yamalube 1 dan oli KGO 1.  

Ketahan Oli
Dari forum forum yamaha untuk yamaha R25 memang pergantian berkala di setiap 5000km pemakaian, tetapi yamalube ini di km 4000 sudah ada tanda-tanda gejala ngeden mas bro, jadi meskipun gas di betot mesin teriak, lari gak seberapa. Berbeda dengan KGO yang performa masih tetap saja meskipun diatas 4000km pemakaian. Poin plus lagi untuk KGO

Pengoprasian  gearbox
Ini dia kelebihannya mas bro, oper gigi dengan oli yamaha terasa ringan banget. saya terkadang berprasangka apakah sudah masuk apa belum. Karena di ninja old tidak ada indikator gear nya. Berbeda dengan KGO yang kita harus menekan cukup dalam untuk memastikan pergantian gear dan terkadang cukup menjengkelkan ketika harus berakselerasi tapi perpindahan gigi tidak mulus.

Konsumsi BBM
Oli yamahlube ini bikin hemat bbm memang jelas karena berspesifikasi MA2 perputaran mesin jadi lebih mudah dan membuat kinerja mesin lebih ringan, dalam kota bisa mengkonsumsi 21km/liter luar kota 26km/liter

Dan masalah harga selisih 20 ribu dengan oli KGO jadi worth it buy, mungkin memang minusnya hanya pada ketahanan oli dan panas mesin. Tetapi masak iya dipakai tiap hari mau dipaksain pergantian olinya di 5000km. Maksimal ya 3000km lah mas bro, biar performa mesin tetap terus terjaga. Dan memang betul karena dengan 140 ribu dua botol kita bisa dapat oli yang hampir sepadan dengan oli KGO dan 40ribu nya bisa untuk beli nasi padang mas bro wkwk... Selebihnya kita dapat perpindahan gigi yang mulus, suara mesin yang halus plus konsumsi BBM ini yang gue demen. Jadi soal pilihan oli untuk si ninin bisa pakai yamalube ss. 

Belum ada Komentar untuk "YAMALUBE Super Sport vs KGO Ultimate di NINJA 250"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel