Cara Murah dan Mudah Membersihkan Kerak Pada Aki



Kalau kemarin kita habis bahas aki untuk motor balap yang teridiri dari lithium battery, kali ini kita akan bahas bagaimana melawan kerak pada aki dengan bahan-bahan seadanya. Saya tidak akan bahas panjang lebar mengenai apa itu accu, karena mas bro disini sudah jadi suhu pemilik bengkel yang dengan mudah mendiskripsikan what is the meaning of accu wkwk..

kali ini saya akan bahas bagamana cara merawat aki dan bagaimana pula menghindari penyakitnya yang sudah terlanjur menempel dan berkerak. Posisi aki memang berada di balik jok motor, di dalam kap mobil bahkan di bawah pijakan kita. Meskipun posisinya tersembunyi dan aman dari terpaan cuaca secara langsung tetapi aki tetap bisa berpotensi timbul jamur-jamur di kutub positif maupun negatif dengan warnanya yang khas putih kehijau-hijauan. Dari mana asalnya jamur kang? dari alternator yang over charge, over charge menyebabkan panas berlebih pada head kutub positif dan mempercepat timbulnya jamur. Salah satu penyebab lainnya yaitu longgarnya penjepit kutub positif dan negatif, saat alternator mulai mengisi aki karena longgar akan menyebabkan panas pada kutub tersebut.


efek dari jamur ini lumayan mengganggu mas bro, karena adanya jamur pada aki, proses pengisian tidak akan optimal karena terhalang oleh jamur yang menempel pada kutubnya, akhirnya aki malah jadi cepat soak karena pengisian yang tidak maksimal dan komponen-komponen lainnya seperti sensor yang ada di motor akan mengalami kerusakan karena lemahnya pasokan listrik. Nah jika aki sudah memperlihatkan tanda-tanda demikian segera dibersihkan, caranya bagaimana kang? mudah kok, kita hanya mempergunakan alat sederhana saja yaitu air panas, sikat, dan greas atau gemuk. Mula-mula kita lepaskan dulu kutub negatif dan positifnya agar lebih mudah dibersihkan, eiitttss... tapi tunggu dulu jangan langsung hajar.., sebaiknya mas bro browsing-browsing atau cari refrensi terlebih dahulu efek lepas aki jika lebih dari 5 menit karena proses pembersihan aki ini memakan waktu lebih dari 5 menit, kenapa saya sarankan untuk mencari informasi terlebih dahulu karena ada beberapa produk kendaraan yang melepas aki melebihi waktu tersebut bisa di artikan reset manual ECU.



Setelah semua terlepas tinggal kita tuangkan air panas tersebut pada kutub positif dan negatifnya serta gosok perlahan menggunakan sikat gosok gigi agar mudah menjangkau celah yang sempit. Pembersihan dengan metode air panas cukup bertahan lama, jika kalian ingin lebih mantap bisa diberikan sedikit grease atau gemuk agar jamur tidak mudah timbul. Kebersihan aki merupakan salah satu faktor yang penting ketika kita akan berkendara, karena aki merupakan sumber energi listrik untuk menghidupkan kendaraan anda. ibarat smart phone, aki itu batterynya mas bro.  Jadi rajin-rajin lah untuk mengechek tegangan aki serta tampilan fisiknya apakah berjamur atau malah jadi gendut. Hal tersebut kita lakukan agar ketika kita akan berkendara tidak ada kendala di jalan. Dan kondisi motor kalian pasti prima. Keep safety first mas bro.

Belum ada Komentar untuk "Cara Murah dan Mudah Membersihkan Kerak Pada Aki"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel