Tips Jitu Perbesar Pengapian di Motor dan Mobil



Bagi kalian yang doyan modif-modif kendaraan pasti tahu alat yang satu ini, Elco atau Capasitor Bank. alat ini berfungsi sebagai booster dalam kelistrikan. jika kendaraan anda memiliki pengapian yang stabil dan besar secara otomatis pasti akan membuat umur aki lebih awet serta kinerja mesin tidak berat. Kita analogikan jika aki itu sebagai danau yang dapat menampung air dengan banyak sama halnya dengan listrik yang disimpan oleh aki tersebut dengan jumlah banyak. Elco disini seperti sungai yang bisa menyimpan listrik dalam jumlah tertentu tetapi dapat menyalurkan dengan cepat dan stabil arusnya. Ketahanan aki lebih dari 2 tahun sedangkan elco maksimal 2 tahun
.

Saat ini penggunaan elco sudah diaplikasikan oleh beberapa kendaraan seperti vixion old, beat hingga klx 250. Tujuannya yaitu untuk menstabilkan voltase yang dikeluarkan oleh aki kepada coil dan busi. Rata-rata arus DC atau yang sumber energinya dari aki bisa menggunakan elco ini sebagai stabilitas arus voltasenya.


Elco sudah banyak dipasang di mobil-mobil dengan sound system yang sudah di modif, karena kebutuhan listrik yang besar, jika aki saja tidak akan cukup untuk memenuhi arus yang cepat dan besar. Jika dipaksakan alhasil aki pasti tekor, jika di ajak jalan suara klakson pasti pelan dan lampu tidak bisa terang karena kekurangan arus listrik. Untuk motor cukup menggunakan 50 volt dengan kapasitas 10.000 mikro farad. Elco dengan spek seperti ini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi lampu tembak, strobo maupun klakson hella. Kalau lebih besar gmn kang? sebetulnya sah-sah saja tetapi mubadzir, karena gak sepenuhnya terpakai dan yang pasti semakin besar kapasitas mikro faradnya semakin mahal pula harganya.


Pemasangan bisa langsung disambung dengan plus dan minus pada aki, dan pastikan ketika beli minta di cek dulu mas bro, apakah sehat atau tidak elconya. Beli di toko elektronik yang cukup dikenal di kota kalian, pasti barangnya asli. Kang kalo kelistrikannya AC gmn? yang sumber listriknya dari spull. Sama saja mas bro, pasang di jalur aki. Karena jika dipasang di deket coil dikhawatirkan arus yang di keluarkan terlampau besar dan membahayakan karena sifat AC itu arus bolak balik. Untuk motor 2 tak juga sama saja. tidak ada bedanya yang penting dipasang di jalurnya aki supaya aman. Karena jika diluar jalur itu dikhawatirkan arus tersebut menghantam CDI dan teman-temannya. Rangkain elconya bisa di seri seperti gambar diatas, dan di beri lem bakar / karet supaya tidak terkena air dan korsleting.

property of tony22electra

Bisa di pasang dengan model begini mas bro, silahkan di coba. Sekedar mengingatkan jika elco ini bersifat penambah tenaga ya mas bro bukan pengganti aki. Jadi kalau pasang elco, aki nya juga harus dalam keadaan sehat. 

Belum ada Komentar untuk "Tips Jitu Perbesar Pengapian di Motor dan Mobil"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel