Tips Membeli Mobil Bekas Dengan Ciri-Ciri Mesin yang Masih Bagus (Bag II) Habis



Kalo kemarin yang kita bahas tentang ciri-ciri mesin sehat secara fisik dan mendengarkan suara stereo nya sekarang kita bahas lebih dalam lagi.

3. Vibarsi atau Getaran
    Naik mobil intinya ya harus nyaman mas bro, tidak kepanasan dan tidak kehujanan. soal kenyamanan sudah pasti penilaian ini mutlak dalam hal pemilihan mobil,  ada getaran atau vibrasi merupakan salah satu tolak ukur kenyaman ketika anda berkendara. Getaran tersebut muncul dari mesin yang berputar. Trus apa hubungannya kang? Sebetulnya getaran ini sepele, tetapi jika berada di dalam mobil dengan tingkat vibrasi yang terus menerus alhasil bikin gak nyaman dan bikin mual. Cara mengeceknya gmn kang? gampang. Ketika mobil dalam posisi menyala atau ON letakkan tangan anda di body mobil, minimal bersandar di pintu depan atau penumpang rasakan getarannya mas bro. Jika getaran mobil berasa sampai ke badan dan itu diluar toleransi badan kalian sudah pasti mounting pada mesin banyak yang sudah oblak, alias karet-karet yang sebagai tumpuan dari mesin ke rangka sudah tidak bisa meredam getaran secara sempurna. Jika dari luar saja ketika bersandar getaran sudah terasa sekali apalagi jika kita di dalam mobil tersebut berlama-lama, sudah pasti bikin gak nyaman mas bro. Total mounting ORI lengkap di kisaran dua juta-an mas bro. Cari mobil yang senyap minim getaran, supaya tidak ada PR untuk mengganti mounting pada mesin
.

4. Kipas
    Urusan kipas hal ini juga sebagai indikator jika mesin tersebut masih sehat atau tidak, serta dari hal ini juga dapat mengidentifikasi kelistrikan mobil tersebut. Fungsi dari kipas yaitu mendinginkan radiator. Jika thermostat pada radiator diambang panas tertentu, benda ini akan memerintahkan ECU (Electronic Control Unit) untuk memutar kipas. Sehingga pada panas tertentu kipas tersebut pasti menyala untuk menurunkan suhu pada radiator. Jangan cari mobil ketika kontak on, engine start, kipas sudah ikutan berputar ini pertanda kelistrikan ada yang gak beres termasuk ECUnya. Kalo kipas menyala ketika posisi kontak sudah ON gimana kang? gak masalah mas bro. Mobil tahun 2000 kebawah biasanya memang sudah di sambung dengan posisi on di kunci kontak saklar kipasnya, jadi ketika mesin sudah on kipas akan ikut berputar. Jadi hal ini tidak perlu di khawatirkan.

5. Oli
    Setelah mesin dilihat secara gamblang mesin benar-benar kering, silahkan cek pada oil stick. Meskipun kondisi mesin posisi menyala hal ini tidak menjadi masalah. Ketika oli di cek perhatikan betul mas bro teteskan pada tisu atau kain, usahakan jangan sampai berwarna cappucino atau kopi susu ketika kalian mengeceknya. Karena jika hal tersebut terjadi, sudah bisa dipastikan oli tersebut bercampur dengan air radiator sehingga menjadi seperti bubur. Kalo dibenerin gimana kang? cukup sulit karena pabrikan merancang mesin sudah sesuai dengan jalur air radiator untuk melintasinya, mau tidak mau harus belah mesin untuk mengecek di bagian mana mesin tersebut terjadi kebocoran yang mengakibatkan tercampurnya oli dengan air radiator, harus cek satu-persatu dan butuh waktu lama biaya pasti membengkak. Jika tidak terjadi kebocoran besar kemungkinan "retak rambut" retak rambut istilah retakan yang terjadi di block mesin yang tidak terlihat secara kasat mata, dan hal ini sangat sulit diperbaiki mas bro. Jadi nyari mobil jika oli nya memang hitam kagak masalah, yang penting jangan sampai berwarna cappucino.

Belum ada Komentar untuk "Tips Membeli Mobil Bekas Dengan Ciri-Ciri Mesin yang Masih Bagus (Bag II) Habis"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel