Mobil Matic Murah Wajib Cek Part Ini

Bagi mas bro yang sudah capek menggunakan mobil dengan sistim transmisi manual, tidak ada salahnya untuk mulai beralih ke mobil matic. Karena mobil ini cocok banget jika jalan di kota-kota yang stop and go serta tidak terlalu melelahkan menyetir dengan mobil bertransmisi matic. Artinya dari segi kemudahan mobil dengan tipe ini sangat mudah sekali untuk dikendarai. Lalu bagaimanakah jika kita ingin meminang mobil ini? gampang kok mas bro, tinggal ikutin saja tips-tips berikut.


MT (Manual Transmition) , AT ( Automatic Transmition) gambar diatas dimana ability antara mobil bertransmisi matic dan bertransmisi manual, mobil matic lebih mengedepankan kepraktisan ketika berkendara. Kita bahas tips-tipsnya berikut:

1.Wilayah Mesin
Soal mesin kalian pasti bisa membedakan mana mesin matic dan manual karena dari pengoperan gigi sudah terlihat mana mobil matic dan manual, cara yang paling awal yaitu pastikan mesin matic betul-betul kering atau tidak ada rembesan oli, terutama di bagian maticnya. Biasanya terlihat di sebelah kanan atau kiri disebelah pada mesin utama. Mas bro bisa cek dengan mata telanjang bagaimana kondisinya, kalau bisa lihat juga di kolong mesinnya mas bro, karena meskipun ada rembesan oli sedikit saja sudah pasti oli akan menetes ke bagian bawah. Ya sukur-sukur kalian bisa melihat dari kolong dibagian bawah mobil untuk sekedar mengecek tetesan oli.

2. Transmisi
Dari posisi mobil parkir (P) injak rem dan pindahkan ke posisi reserve / mundur (R) akan terasa smooth perpindahan giginya, tidak terjadi hentakan yang mengagetkan, Pertanda transmisinya masih OK. Ketika anda mulai berjalan di posisi D pastikan ketika perpindahan dari P atau N tidak terjadi hentakan yang tiba-tiba. Posisi berjalan jangan langsung injak gas mas bro, cukup lepaskan saja. Jika mobil tersebut jalan secara perlahan pertanda mesin matic masih baik-baik saja. Serta dengarkan suara deru mesinnya ketika terjadi perpindahan gigi pastikan smooth, frekuensi suara mesin dari tinggi ke rendah akan terdengar halus dan tanpa hentakan, pertanda mesin matic masih sehat. Jalannya agak jauh mas bro kalo mau mengetes mobil matic agar terasa perpindahannya. Ketika dijalan tidak ada hentakan atau mati mendadak. Sewajarnya mobil matic berjalan apa adanya tanpa hambatan. Ketika berada dijalan tanjakan pun mobil berasa biasa saja tidak berat ketika menanjak.

Jika ada history kapan oli matic tersebut diganti ini akan lebih baik. Karena rata-rata oli transmisi pergantiannya berada di 20rb km dan flush atau kuras total disekitaran 60 - 80rb. Pemilik mobil matic yang gak rajin ganti oli, amit-amit jangan sampe ente beli mas bro. Karena mekanisme transmisi matic pada mobil jika pernah terjadi kerusakan di ruang internalnya atau istilahnya planetary gear mau tidak mau harus beli segelondong transmisi matic. Bisa sih dibenerin tetapi gak lama akan kambuh lagi. Biaya pergantian oli yang hanya ratusan ribu gak sebanding jika kalian harus membeli segelondong transmisi matic seharga puluhan juta dan itupun jika tersedia.

Jadi memang urusan mobil matic ini kalian harus cukup cerewet kepada si penjualnya. Karena memang resiko pergantian part-part yang slow moving harganya cukup tinggi.

Sisanya hampir sama mas bro dari artikel yang saya bahas sebelumnya di tips memilih mobil bekas 1
dan tips membeli mobil bekas II semuanya sudah lengkap tinggal pilih ingin mobil yang bertransmisi manual atau transmisi automatic mas bro. Tinggal di sesuaikan dengan budget kalian masing-masing





Belum ada Komentar untuk "Mobil Matic Murah Wajib Cek Part Ini"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel