Isi Bensin Tidak Penuh Bikin Tangki Bolong


Hal mas bro, ketemu lagi dengan pembahasan mengenai berita tentang perawatan kendaraan anda, yang kali ini kita akan membahas si tangki ini. Karena beredar kabar apakah memang benar suatu kendaraan yang tidak diisi dengan BBM hingga penuh dapat menyebabkan karat didalamnya? terlepas dari tangki tersebut yang memang suka kemasukan air ya, itu beda lagi. Karena beberapa produk kendaraan roda dua memang ada yang berbakat memasukkan air hujan ke dalam tangki mas bro wkwkwk... Hari gini desain sebuah tangki memang kudu wajib memiliki sekat tersendiri agar ketika benda asing atau cairan itu masuk bisa terbuang lewat saluran pembuangan yang berada disekitar tangki, sekat ini dibuat untuk menjaga agar BBM tersebut tidak tercampur dengan air. Kemasukan air di dalam tangki selain berkarat sudah pasti bikin motor akan brebet aka ndut-ndutan dan parahnya mati gak mau nyala. Mitos atau fakta kita akan bahas secara sederhana mengapa hal ini bisa terjadi saat tangki kendaraan anda tidak terisi dengan full BBM. Saat ini sudah banyak jenis dan model tipe tangki pada kendaraan anda, tetapi pada dasarnya BBM yang mengalir harus membutuhkan udara yang diambil agar cairan tersebut dapat mengalir kebawah menuju saluran radiator ataupun injector. Nah sudah pasti membutuhkan udara dari luar yang dihirup agar dapat mengalirkan tangki. Beda lagi injector yang membutuhkan BBM ini sebagai pendinginnya karena injector yang secara terus menerus dibiarkan dalam keadaan kosong dan sering dikendarain kesana-kemari akan membuat komponen tersebut mudah rusak karana sering kepanasan alias gosong. Kondisi dimana ada ruang di sekitar tangki akan membuat udara menempati banyak ruang didalam tangki. kondisi ini yang cukup membuat tangki anda bermasalah mas bro. memang tidak sekarang karat itu akan muncul, tetapi dalam jangka waktu yang lama. Pertanyaan nya bagaimana karat ini bisa timbul kang? ini merupakan ilmu yang sederhana kok mas bro.

Ketika malam datang, suhu lambat laun akan menjadi turun hingga mendekati fajar suhu tersebut akan turun drastis. Dingin ini akan membuat tangki serta udara yang didalamnya akan menjadi dingin pula. Udara yang terkena suhu yang dingin akan menjadi embun, dan embun tersebut dapat menempel disekitar dinding tangki dalam bentuk uap air. Hal tersebut tidak baik bagi kesehatan motor kalian jika itu dibiarkan secara terus menerus air tersebut tak akan larut dalam BBM anda. Kerena sifat air yang takkan bersatu dengan minyak. Massa jenis air lebih berat daripada minyak, dan air tersebut akan selalu ada berada didasar tangki anda. Kalau pun keluar efeknya pasti brebet atau tersendat-sendat. Apalagi air tersebut terjebak lama didalam tangki. Efeknya adalah tangki pasti bolong atau jebol karena air tersebut akan melubangi tangki anda karena karat yang bekerja. Solusinya apa kang? dikuras.... karena hal ini akan dapat membuang air-air yang mengendap pada dasar tangki saudara.Kalo dikuras di pake pasti kambuh lagi kemasukan airnya gimana? solusinya ya harus sering-sering full tank. Jika berkendara ketika musim hujan tiba dan takut air masuk, atau menjaga ketika mencuci motor air tidak masuk bisa ditambahakan karet seal pembatas milik vespa. cara ini cukup unik memang, tetapi cukup efektif untuk menghalau air yang masuk tanpa menutup lubang bernafasan di tangki. Ada memang beberapa kondisi dimana kita tak bisa mengisi BBM kita hingga full. Ada beberapa sudut pandangan yang tak perlu diungkapkan mengapa kita harus tidak mengisinya hingga full. Mungkin karena duitnya masih harus dibagi-bagi hingga pas-pas an.


So merawat kendaraan boleh mendewakan jangan.. karena kendaraan anda takkan dibawa untuk perjalanan menuju akhirat nanti.. 

Belum ada Komentar untuk "Isi Bensin Tidak Penuh Bikin Tangki Bolong"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel