Klep Motor Untuk Setting Balap


Motor balap identik dengan komponen yang horaa umum mas bro. Harga selangit dengan bahan material terbaik. Mulai dari di produksi secara terbatas karena sesuai pesanan dan hanya diperuntukkan racing performa sehingga part motor balap cukup sulit dijumpai di bengkel-bengkel terdekat. Sudah banyak piranti motor balap saat ini, mulai dari sektor kelistrikan hingga sektor mesin dengan teknologi yang advance. Hal tersebut memang sesuai dengan permintaan pasar yang di Indonesia makin banyak gelaran drag race maupun motor cross. Memproduksi bahan meterial untuk konsumsi balap terbilang susah mas bro. Karena namanya motor balap sudah pasti diluar standart, konsumen pasti ingin lebih ketika membeli barang tersebut. Artinya pihak pabrikan harus berpikir keras untuk membuat produk yang terbaik dikelasnya, mulai dari raw material atau material dasar yang mumpuni hingga teknologi yang digunakan harus up to date. Para mekanik harus mampu mengoptimalkan tunggangan para raider dengan part yang bermacam-macam untuk menjadikannya suatu kesatuan yang bertujuan untuk balap motor. Maunya konsumen dengan harga selangit barang tersebut harus mampu memberikan performa terbaiknya. apa itu kang? kali ini yang kita bahas yaiut, Valve (katup) atau istilah bengkel bisa dibilang klep.

Perjalanan klep ini sudah cukup jauh menemani mesin 4 stroke dimana benda ini menentukkan konsumsi bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar hingga mengatur porsi keluarnya gas buang setelah pembakaran, pengaturan klep juga tidak bisa sembarangan, karena tiap motor memiliki ukuran klep in dan out yang berbeda-beda, salah pengaturan timing bukaan klep akan secara langsung berdampak pada kinerja pembakaran dan pembuangan, Berbeda dengan sistim mobil yang sudah menggunakan VVTI atau VTECH yang dapat mengatur bukaan klep secara mekanis dan electronik. Saya rasa di dunia balap kawan-kawan sudah sangat mahir dalam pemilihan klep tersebut supaya bisa kencang di lintasan. Ada beberapa konfigurasi klep ketika di pasang di kendaraan. Ada yang cuma sepasang klep in dan out, model DOHC dengan klep in dan out double serta model genesis, yang terdiri dari 5 klep yang telah menjadi legenda di jajaran yamaha. Bahan dasar dalam pembuatan klep bermacam-macam mas bro, ada yang besi biasa, baja, campuran alumunium hingga titanium. Tujuannya apa kang? tergantung pada penggunaanya, karena tiap motor pasti memiliki genre tersendiri. Aliran sport, touring maupun advanture. Nah bahas masalah motor dengan performa dilintasan balap, ketika mesin dijalankan kinerja klep cukup berat karena harus mengatur bahan bakar yang masuk dan sisa gas buang dan harus presisi, hal tersebut membuat tingkat gesekan klep cukup tinggi, timbulnya gesekan sudah pasti menimbulkan panas pada klep Sehingga ketika motor di geber dalam rpm tinggi sudah pasti membutuhkan material atau komponen yang mudah dan cepat melepas panas agar pembakaran di dalam mesin di tidak terjadi over heat.



kita langsung saja membahas Apa itu valve sodium. yaitu sebuah klep dengan lubang di tengahnya. kalau cari di mbah google adanya hollow valve mas bro. Tujuan dari adanya lubang di tengahnya yaitu untuk diisi sodium, garam dapur kang? atau micin? yah mungkin bisa dibilang itu jika di negara kita, sodium sudah pasti identik dengan garam dapur atau penyedap rasa. tetapi ini sodium dengan beberapa campuran mas bro, jadi bukan garam dapur yang di masukkan di dalam klep. Fungsi dari sodium itu sendiri yaitu sebagai penyebar panas secara menyeluruh agar klep tersebut tidak mengalami panas tinggi karena panas terfokus pada titik tertentu, selain sebagai rambatan panas ketika bekerja hollow valve juga untuk mengurangi bobot dari klep tersebut. Sebetulnya ada enggak kang yang jual? ada mas bro, siapa lagi kalo bukan BRT (Bintang Racing Team) tetapi dengan nama klep dingin. Ya memang dingin mas bro, karena ketika klep lainnya bekerja dengan suhu hingga 800 derajat Celcius, dengan adanya sodium di dalamnya klep ini hanya berkisar 650 derajat Celcius. Peruntukkan klep ini yaitu untuk motor dengan ketahanan yang tinggi, baik itu drag race maupun motor cross karena sama-sama membutuhkan ketahanan yang tinggi ketika bekerja. Bagi kalian mas bro yang doyan modif silahkan siapkan budget diatas 300rb dan bisa bawa pulang klep ini. sebetulnya apa manfaatnya kang?  ya banyak mas bro, yang bisa dipastikan tingkat panas pada wilayah klep in dan out berkurang drastis serta presisi untuk input bahan bakar dan gas buang pasti terjaga, karena klep tidak terlalu memuai karena rambatan panas yang merata dan cepat dingin. 


Belum ada Komentar untuk "Klep Motor Untuk Setting Balap"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel