Gurah Mesin Tanpa Harus Ke Bengkel


Mobil atau motor yang sudah menemani kemana saja dan kapan saja sudah pasti capek mas bro.. mesin bekerja tanpa henti-hentinya demi meraih tujuan dan cita-cita sang pengendara. Pengecekan kendaraan secara berkala memang hanya sebatas perawatan yang ringan dan jikalau itu membutuhkan belah mesin, biasanya terbentur masalah dana yang memang cukup besar. Ada orang yang beranggapan belah mesin itu tidak diperlukan jika memang tidak terjadi masalah, ada juga hal tersebut diperlukan karena memang si pemilik menginginkan kondisi yang selalu bagus pada kendaraan kita. Dan saat ini kita dihadapkan pada masalah yang cukup unik, bagaimana caranya membersihkan ruang bakar tanpa membongkar mesin. Kalau waktu itu di artikel yang saya terbitkan dengan Nano energizer cairan tersebut memperbaiki part-part yang sudah aus tanpa harus membongkarnya. Memang permintaan konsumen itu cukup aneh, karena kondisi mesin yang sudah kotor karena kerak karbon sisa pembakaran bisa dibersihkan tanpa mengeluarkan pistonnya. Kita awali terlebih dahulu mengapa kerak karbon di head piston akan selalu muncul? jawabannya simple mas bro, karena pembakaran yang tidak sempurna, ketidak sempuranaan ini karena berbagai faktor. Filter udara yang kotor, BBM yang tidak sesuai dengan oktan dan bahkan meskipun sesuai dengan oktannya tapi kualitas BBMnya juga tidak bagus alias basi, kondisi busi yang tidak sehat dan semprotan injector yang kurang normal. Karena kesempurnaan hanya milik TUHAN semata... Soal kerak karbon akan selalu hadir pada ruang bakar mesin, itulah kenapa kita harus berkala untuk membersihkannya antara 50.000 km pemakaian atau 100.000 km pemakaian. Mengapa kok gak sering-sering aja kang? karena sifat pembersih ruang bakar itu terdapat cairan cleaner yang efeknya mengikis, jadi gak boleh sering-sering mas bro. Maksud hati pingin kinclong terus head piston dan klep nya yang ada malah baret semua dalemnnya. Ok lanjut apa itu gurah mesin.

Gurah mesin bisa dikatakan mengeluarkan kotoran yang menempel kuat di ruang bakar terutama di bagian-bagian head piston / seker dan juga valve / klep. Kalian sudah pasti bisa berfikir ongkosnya lumayan gedhe jika harus bongkar mesin dan ganti gasket. Saat ini sudah banyak produk-produk gurah di sistim pembakaran. Ada yang dalam bentuk spray yang cara penggunaanya disemprotkan saja di ruang bakar mesin. Ada yang dalam bentuk liquid foam, artinya ketika cairan tersebut dituangkan di ruang bakar mesin, akan langsung berubah menjadi buih dan kita harus punya alatnya untuk menyedotnya seperti vacum cleaner yang telah dimodifikasi. Ini cukup ribet mas bro, karena harus memodifikasi vacum cleaner untuk menjadi alat penyedot di ruang bakar. Pengalaman penulis akhirnya jatuh pada pilihan very lube. Modelnya seperti lem castol atau lem alteco. macam gini kang bro penampakannya

very lube anticarbon

awalnya saya meragukan dengan benda yang satu ini, karena bentuk dan modelnya tidak berorientasi pada pembersihan ruang bakar. malah mirip-mirip lem atau spidol wkwk.... setelah muter-muter di youtube akhirnya juga ketemu bagaimana cairan ini bereaksi linknya https://www.youtube.com/watch?v=ryCYi2eP5kU  setelah puas ngliatin gimana rontoknya kerak-kerak karbon tersebut akhirnya kebeli juga barangnya. Karena setelah muter-muter di forum banyak penjual yang menyarankan merk A merk B tapi kita tidak bisa melihat secara langsung bagaimana cara kerjanya. Apalagi setelah disampaikan kalau kilometer mobil mencapai 100.000km harus menggunakan 2 botol lebih supaya benar-benar bersih malah bikin ragu dengan kualitas cleanernya. Aturan pakai anticarbon ini satu stik satu silinder mas bro, dengan kondisi mesin telah di panasin minimal 1 menit. Jadi tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin.


Buka kap mesin dan persiapkan kunci-kunci yang dibutukan untuk membuka cover head engine

Kemudian lepas semua kop / cop businya mas bro. Karena cairan ini akan kita masukkan ke dalam lubang busi

Masukkan cairan verylube ke lubang-lubang busi. 1 verylube, 1 lubang busi..
dan setelah cairan dituangkan silahkan pasang kembali busi dan biarkan hingga 15menit agar cairan ini dapat bereaksi diruang bakar.

setelah 15 menit berlalu lepas busi dan biarkan posisi silinder kosong tanpa busi..
setelah itu tutup head silinder dengan kain tujuannya untuk menangkap kotoran yang ada diruang bakar ketika menyembur keluar, dan ini yang mulai menarik mas bro...
starter mobil kalian 1 hingga 2 kali..

Ini buktinya mas bro, semua kotoran yang ada pada ruang bakara menyembur keluar dan menempel pada kain. Terbukti betapa kotornya ruang bakar setelah 100.000km pemakaian tanpa dibersihkan sama sekali ruang bakarnya.. Ini nih biang keroknya yang bikin mobil tarikannya loyo, gelitik dan boros BBM..
Kalian bisa lakukan beberapa kali starter mesin supaya kotoran keluar dan menempel pada kain. dan ketika dirasa cukup silahkan pasang kembali busi, dan kondisikan seperti semula. Busi terpasang jalankan mesin dan gas tinggi-tinggi supaya semua kotoran yang telah dilembutkan oleh verylube ikut terbuang dengan pembakaran. Silahkan dicoba mas bro, saya tunggu share dan komennya.. oh iya kalo motor gimana kang? sama saja kok gak ada bedanya..


Belum ada Komentar untuk "Gurah Mesin Tanpa Harus Ke Bengkel"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel