Efek Ganti Koil Racing Atau Kabel Pengapian

Bagi pengguna sepeda motor atau mobil saat ini telah banyak produk after market yang menjual koil "racing" atau yang sering dibilang "accent wire" memang tugas utama koil yaitu meneruskan dan memperbesar tegangan yang semula hanya 12volt menjadi ribuan volt, rata-rata pada umumnya koil standart memiliki kemampuan memperbesar tegangan antara 12ribu volt hingga 15ribu volt dan koil standart memiliki kemampuan stabilitas yang baik. Itulah mengapa koil standart sudah cukup untuk mesin yang standart pula. Koil standart dapat memenuhi voltase ketika mesin berkitir di rpm rendah maupun tinggi dan hal ini sangat penting karena setiap rpm membutuhkan pembakaran yang sempurna. Setelah mengetahui fungsi koil, lanjut kita bahas mengenai koil racing. Koil racing itu sendiri dari segi fungsinya kurang lebih sama dengan standartnya hanya saja perbedaannya terdapat pada kemampuan memperbesar tegangan yang jauh lebih besar dari standartnya. Tujuan dari memperbesar tegangan ini yaitu untuk mendapatkan performa yang lebih baik dari standartnya, voltase yang lebih besar dapat memercikan bunga api yang lebih fokus dan besar dengan asumsi hasil pembakarannya yang lebih optimal (irit). Rata-rata koil racing mampu menghasilkan tegangan 60ribu hingga 90ribu volt lumayan besar bukan. Soal koil racing jika tidak dipadukan dengan komponen lainnya yang seimbang sudah pasti ada efek sampingnya. Kalo di mobil kalian yang paling mudah suara mesin mobil akan terasa pincang.

Jika mesin kalian standart dan tidak ada ubahan sama sekali efek yang dihasilkan yaitu busi standart akan bekerja ektra keras karena harus menampung tegangan listrik berkali-kali lipat dari kemampuannya dan hal ini akan membuat busi menjadi lebih cepat panas, busi standart juga memiliki ketahanan panas tertentu. Komponen dalam busi seperti elektroda dan groundnya akan lebih cepat mengalami keausan karena mengkonsumsi tegangan yang lebih besar, sadar atau tidak ketika koil racing ini dipakai secara terus menerus akan membuat ruang bakar mesin menjadi lebih cepat panas dari biasanya karena efek tegangan yang melampaui batas tersebut. Resiko yang harus ditanggung, pergantian busi akan menjadi lebih cepat dari biasanya. Jadi jika anda ingin membuat motor kalian lebih baik, pahami dulu komponen yang akan kalian ganti.


4 Komentar untuk "Efek Ganti Koil Racing Atau Kabel Pengapian"

  1. koil mobil racing apakah dapat merusak cdi pada delco

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa merusak bos, koil itu punya kemampuan yang berbeda beda dalam hal memberikan tegangan listrik pada spark plug paling awal sekali yang terkena dampakanya ya busi anda. Busi terdapat kode bada batang tubuhnya dan kode tersebut menjelaskan panas busi, jenis busi hingga ulir atau diameter busi. Kalo mau ganti pakai koil racing sekalian sm businya yang minimal iridium bos

      Hapus
  2. Klo motor standar ga usah ganti koil racing ya

    BalasHapus

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel