Mesin Diesel Yang Selalu Ada Di Kendaraan Besar



Mungkin sempat terfikir bagi kalian yang doyan naik bus, kereta api atau kapal laut yang suara mesinnya cenderung berisik. Mengapa mesin yang mempunyai tenaga yang cukup besar tersebut tidak dipasang saja di mesin motor kalian di rumah. Serta kenapa juga truck atau bis tidak memakai mesin bensin saja biar halus suaranya. Jawabannya sih bisa-bisa aja, tetapi ada beberapa faktor kenapa para insinyur mesin lebih memilih mesin diesel untuk dipasang di kendaraan-kendaraan besar yang notabene memiliki beban angkut yang cukup berat. Faktor-faktor ini melibatkan seperti ketahanan mesin, kemudahan dalam perawatannya hingga ke gas buang. Sebelum kita masuk ke apa itu mesin diesel, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu Horse Power (HP) dan Torsi.

Secara simple pembakaran terjadi ketika udara bercampur dengan bahan bakar, efek dari pembakaran akan membuat panas dan tekanan di dalam ruang bakar mesin yang membuat piston bergerak serta cranksaft berputar. Putaran cranksaft ini akan membuat roda berputar dan kendaraan akan berjalan. Berjalannya suatu kendaraan menghasilkan horse power dan torsi. Torsi merupakan gaya / tenaga yang dihasilkan untuk menggerakkan suatu benda dari posisi diam ke posisi berjalan. Analoginya seperti atlet angkat beban yang memiliki lengan yang besar mampu mengangkat dengan mudah beban yang berat. Sedangkan Horse Power merupakan atlet sprinter pelari, dia tidak begitu membutuhkan lengan yang besar yang penting kecepatan ketika berlari. Jadi sebuah mesin harus memiliki keduanya, ya cepat berlari dan kuat mengangkat beban. Dari penjelasan yang simple diatas kalian pasti sudah mengerti 


                         

         Ini adalah Horse Power                                         Ini  Adalah Torsi


Kendaraan besar memiliki bobot yang sangat berat, ditambah lagi barang bawaan yang menambah bobot dari kendaraan itu sendiri. Disini mesin yang digunakan wajib memiliki torsi sangat besar, karena torsi yang besar akan memudahkan kendaraan tersebut berjalan. Seperti bus atau truck yang sedang membawa banyak barang dan penumpang ketika melewati tanjakan yang mereka butuhkan hanyalah torsi yang besar agar dapat melewati tanjakan dengan mulus. 

Setelah kalian paham soal hubungan antara torsi dengan kendaraan besar kita akan mulai membahas karakteristik mesin diesel. Rata-rata mesin diesel memiliki rasio kompresi yang cukup besar dibanding mesin bensin alasannya karena mesin diesel membutuhkan campuran antara bahan bakar dan udara yang benar-benar padat dengan cara memadatkan di ruang bakar yang lebih sempit dibandingan ruang bakar bensin. Rasio kompresi yang tinggi akan menghasilkan tenaga besar pula. Tidak seperti mesin bensin yang harus mencapai putaran mesin yang cukup tinggi untuk mendapat torsi mesin yang maksimal. Mesin diesel hanya membutuhkan putaran mesin yang rendah untuk bisa mencapai torsi maksimal, hal ini lah yang membuat konsumsi BBM bermesin diesel lebih hemat ketimbang mesin bensin. Karena gak perlu gas pol untuk dapat menjalankan suatu kendaraan. Tenaga yang besar akan menghasilkan panas yang cukup tinggi sehingga dinding silinder block mesin rata-rata di bangun dengan kandungan baja yang lebih banyak, guna mempertahankan kekuatan mesin. Ini juga alasan mengapa mesin diesel sangat tidak cocok di motor yang digunakan sehari-hari. Karena material mesin diesel sendiri yang cukup berat.

Mesin diesel dapat bekerja lebih lama ketimbang mesin bensin, hal ini dikarenakan sistim pembakarannya yang cukup sederhana, yang hanya mengandalkan pemadatan bahan bakar, udara dan suhu. Berbeda dengan mesin bensin yang mengandalkan busi untuk memercikan api, terjadi knocking dan missfire sering terjadi ketika BBM yang digunakan didalam pembakaran tidak sesuai dengan kompresi pada mesin bensin dan juga tipe busi yang tidak sesuai dengan spesifikasi. Hal inilah yang menjadi keunggulan mesin diesel dari segi perawatan ruang bakar mesin. Soal kecepatan maksimum saat ini mesin-mesin diesel telah banyak mengaplikasikan turbocharger, tujuannya yaitu memasok udara yang lebih banyak dan lebih padat pada ruang bakar mesin sehingga horse power mudah diraih. Semoga penjelasan yang singkat ini bisa menambah wawasan anda dengan mesin diesel. Ingat diesel ingat Torsi mantap...

   



                                             

1 Komentar untuk "Mesin Diesel Yang Selalu Ada Di Kendaraan Besar"

  1. Terimakasih atas infonya ya min, sangat bermanfaat.
    Oh ya, sekedar informasi tambahan aja nih.
    Bagi yang membutuhkan Penyewaan Misty Fan Tangerang untuk keperluan berbagai acara seperti event, pameran, pesta dan lain-lain bisa coba menghubungi kami Arthur Teknik.

    Salam Blogger min.

    BalasHapus

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel