Cara mudah dan murah menghilangkan bunyi "kretek-kretek" pada pintu mobil


 
Kalian sudah pasti tahu mas bro, mobil tua sudah pasti memiliki perawatan yang lumayan tinggi jika kita tidak bisa mengakalinya. Seperti yang saat ini saya tangani, ini terkait masalah kenyamanan ketika berkendara. Salah satu owners yaris 2007 mengeluhkan gejala bunyi-bunyian kretek-kretek pada pintu mobilnya ketika mobil dijalankan. Jadi kesannya si mobil melewati suara hujan gerimis ketika berkendara pada jalan yang tidak rata. Suara ini cukup menggangu karena terus menerus dan intensitasnya semakin tinggi ketika jalanan tidak rata. setelah dianalisa mulai dari engsel pintu mobil hingga kaca mobil tidak terdapat kerusakan dan setelah disemprot oleh pelumas yang bersifat minyak semua masih baik-baik saja. Akhirnya tersangka yang saat ini dituju yaitu list karet pintu mobil yang mungkin ada beberapa masalah. Bisa jadi getas/mengeras, kontur yang sudah rusak, hingga bentuknya yang mungkin sudah tidak utuh lagi alias kempes. Pertanda jika karet ini sudah rusak parah biasanya ketika hujan turun, air akan mudah merembes kebagian jok mobil kalian. Setelah di cek sana-sini pada bagian karetnya ternyata secara keseluruhan masih utuh hanya saja karena mungkin terlalu sering di jemur waktu parkir di siang hari, akhirnya daya lumas karet tersebut menjadi berkurang. Sehingga ketika karet tersebut bersentuhan dengan body mobil, membuat suara seperti berdecit karena karet tersebut tidak lembut dan lentur lagi.

dilihat dari foto gambar kondisi diatas masih terbilang layak pakai, karena hanya sebatas kering saja, masih belum ada tanda-tanda keretakan pada karet, keras hingga sobek. Solusi diatas jangan buru-buru diganti dulu dengan yang baru, karena si penulis mempunyai solusi yang cukup hemat tanpa harus membeli jenis silikon khusus untuk pelumasan pada bagian karet-karet mobil. Membeli silikon khusus pelumas mobil harganya cukup mahal mas bro, karena setelah penulis baca hampir produk yang memiliki kandungan silikon itu sama yang sifat silikon itu sendiri mengikat lemak juga dapat melumasi bagian-bagian pada karet maupun vinil. Lanjut pada alat-alat apa saja yang harus dipersiapkan yaitu seperti yang ada pada gambar berikut :

Sabun sunlight yang fungsinya untuk membersihkan debu - debu yang berada pada sela-sela karet.  Karena jika karet tersebut tidak benar- benar bersih dari debu dan kotoran maka silikon tersebut akan menambah memperburuk pelumasan dan suara berdecit akan semakin parah. Alasan mengapa memakai sunlight karena jika air saja tidak cukup untuk membersihkan kotoran-kotoran yang telah lama menempel pada karet.  Hindari membersihkan karet dengan bahan-bahan seperti bensin, atau minyak kayu putih karena ditakutkan karet tersebut akan melar dan berubah bentuk.

Sikat gigi untuk menjangkau celah-celah sempit, air dan juga jangan lupa KIT motor multi guna yang biasanya digunakan setelah mencuci motor. Kenapa penulis memilih KIT ? selain harganya murah juga mudah dicari dipasaran. KIT mengandung silicon yang kita butuhkan untuk melumasi karet-karet pada list pintu mobil. Setelah semua dibersihkan dengan campuran air dan sunlight jangan lupa dibersihkan dengan kanebo atau lap kering juga bisa. Biarkan kering semuanya dan pastikan bersih, supaya silikon yang nantinya disemprotkan lebih cepat menyerap pada pori-pori karet. Setelah semuanya bersih mulailah untuk menyemprotkan sedikit demi sedikit cairan silikon KIT Multi guna pada list karet-karet yang ada pada pintu mobil kalian, serta ratakan secara menyeluruh dan biarkan cairan silikon tersebut menyerap pada pori-pori karet mobil, lama waktu penyerapan kurang lebih 5 menit.

Selamat mencoba dan rasakan bedanya.. Suara "kretek-kretek" pada pintu mobil anda pasti hilang seketika. 

Belum ada Komentar untuk "Cara mudah dan murah menghilangkan bunyi "kretek-kretek" pada pintu mobil"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel