Busi Gak Pernah Diganti Siap-siap bikin kantong jebolll...

Ini benda memang terlihat mungil kecil cuma efeknya memang bener-bener deh.. jika mas bro abaikan lama-kelamaan bisa bikin masalah kemana-mana. Busi merupakan sebuah part yang ada di dalam mesin yang berguna untuk memercikkan api yang berfungsi untuk pembakaran. Busi yang bagus gak harus bertipe racing, tapi yang sesuai dengan kebutuhan mesin kalian. Busi yang telah tertancap di mesin kalian pihak pabrikan sudah pasti menghitung-hitung kebutuhan tegangan serta panas yang akan diterima oleh busi tersebut sehingga kinerja mesin berada di posisi ideal. Busi dengan titik panas yang lebih tinggi atau istilahnya busi dingin jika dipakaikan di mesin anda hal ini sah-sah saja selama mesin sudah mengalami kompresi dan penggunaan BBM yang sudah tidak sesuai standartnya atau lebih tinggi. 

Ngomongin soal mesin, kinerja mesin membutuhkan suhu yang ideal untuk beroprasi, suhu yang ideal ini menentukan proses pembakarannya hingga sistim pendinginnya. Jadi jangan kira mesin yang dingin pertanda bagus. Banyak temen-temen yang mengisi radiator mesin dengan cairan coolant atau air radiator yang lebih bagus demi meraih mesin yang lebih adem. Kalau mau mesin yang lebih adem lebih baik bermain di pemilihan oli saja mas bro, lebih aman. Mesin yang bagus adalah mesin yang berjalan sesuai dengan suhu disetiap rpm dan lama penggunaanya. Mesin yang dingin akan membuat ECU memerintahkan injector menyemprot BBM yang lebih banyak lagi supaya pembakaran menjadi lebih seimbang. Maka dari itu mengapa mobil dan motor canggih saat ini sudah meninggalkan, dalam pembakaran sistim pembakaran karburator itu disebut "choke". Model sistim injeksi perangkat choke sudah otomatis berjalan lewat ECU ketika mesin memang membutuhkannya, karena terdapat sensor yang membaca suhu di dalam mesin. Tetapi jangan seenak nya sendiri mentang-mentang rpm sudah langsam langsung gas pol. Tunggu minimal 1 - 2 menit agar seluruh oli bercampur ke seluruh bagian mesin. Kalo punya moge macam ducati mah BEBAS, la wong model pelumasan oli nya di semprotkan langsung lewat injectornya ke bagian-bagian mesin, Jadi ya meskipun langsung gas pol siap-siap aja.

Ok kita kembali pada pokok bahasan tentang busi ini. Banyak sekali sekarang beredar di pasaran mulai busi standart hingga busi yang super mahal. Kita pahami dahulu bagaimana kerja busi ini

Kurang lebihnya gambar diatas bisa menjelaskan urutan bagaimana sebuah busi merupakan muara dari seluruh komponen-komponen di sistim kelistrikan untuk pengapian kendaraan anda. Yang semua tegangan listrik berawal dari sebuah aki, yang arus tersebut di lanjutkan ke koil untuk di tingkatkan lagi besaran voltasenya yang selanjutnya di transfer ke cap / rotor untuk di distribusikan ke seluruh busi. Nah busi itu sendiri ada umurnya mas bro, termasuk barang fast moving. Indikasi sebuah busi masih bagus atau tidak terlihat dari gap atau jarak eleltrodanya, melihat busi juga bisa diukur dengan jarak tempuhnya juga. Misal dengan tegangan 1 volt busi bekerja normal dengan gap jarak 0.8mm nah biasanya jarak pemakaian busi standart pada sepeda motor normal 10.000km sudah ganti dan mobil 30.000 - 50.000km selebihnya busi tidak akan bekerja optimal. Efek dari busi yang tidak bekerja optimal akan mengalami kerugian yang beruntun pada jalur pengapian. Karena ketika Gap atau jarak pada eletroda bagian busi semakin berkurang maka akan membuat busi meminta tegangan yang lebih tinggi lagi pada koil hingga ke aki untuk menstabilkan tegangan pada proses pembakaran di setiap Rpm nya. 

Akibatnya aki bisa cepat tekor karena harus mensupply tegangan ke busi yang lebih besar dari biasanya. Jika ini dibiarkan secara terus menerus maka semua modul yang ada pada jalur pengapian ke busi akan mengalamai masalah. Hal ini sudah terjadi pada Mobil great toyota corolla S.E.G 1.6 yang meremehkan untuk pergantian busi. Alhasil mesin jadi pincang hingga merembet ke ECU (elektronik control unit) atau otak dari semua kinerja di dalam mobil harus di ganti. Mengapa kegagalan kinerja ECU bisa terjadi karena sistim pengapian pada great corolla sudah menggunakan injeksi maka timing pengapian pun juga diatur oleh ECU. Maka dari itu pada mobil-mobil sekarang yang sudah menggunakan koil tersendiri di tiap-tiap cop busi betul-betul dijaga prosedur pergantian businya jika tidak ingin merusak hingga ke tingkat ECU. Semoga artikel ini bermanfaat...   



Belum ada Komentar untuk "Busi Gak Pernah Diganti Siap-siap bikin kantong jebolll..."

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel