Tol Jakarta - Surabaya Jika Tersambung, Ini komponen penting yang harus diperhatikan pada mobil anda

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua. Saat ini Presiden Bapak JOKOWI sedang gencar-gencarnya membangun jalan tol dimana-mana. Dan tanpa kita sadari jalanan yang dulunya kita lalui dari jakarta surabaya yang ditempuh hingga berjam-jam dan berhari-hari maka sekarang dalam hitungan waktu 8 jam kita sudah bisa sampai di kota pahlawan. Ada beberapa tips yang akan diberikan oleh penulis disini. Berdasarkan pengalaman pribadi dan rangkuman dari beberapa forum. Tulisan ini bersifat saran karena memang ketika kita berkendara menggunakan mobil etika dan cara berkendara sudah berbeda jauh dengan ketika kita touring dengan motor. Lanjut beberapa tips yang akan kita bahas. Tak perlu mobil berteknologi canggih disini, kita awali dengan apa yang kita miliki.

Mesin
Bicara soal mesin hal ini erat kaitannya dengan oli, busi dan beberapa piranti yang ada di dalam mesin. Sebelum berkendara dengan jarak yang cukup jauh biasakan cek terlebih dahulu kondisi busi, jika gap eletroda pada busi. Busi yang mati akan membuat mesin mobil menjadi pincang dan berakibat fatal. Cek tingkat kecukupan oli pada dipstick, jika kurang silahkan ditambahkan. jika memang ada duit lebih, mendingan ganti oli baru mas bro sekalian dengan filter olinya, Karena ketika dijalan kita sudah pasti akan dihadapkan jalanan yang tak tentu, seperti macet yang berjam-jam hingga cuaca yang tidak menentu. Oli yang sudah basi atau sudah waktunya di ganti tak dapat melindungi mesin dengan baik, dan tingkat membersihkan di ruang mesin juga berkurang, jika hal ini tetap di biarkan terus menerus akan menyebabkan endapan pada mesin atau istilanya sludge, efeknya akan sangat merugikan kita sendiri. Lebih baik keluar duit beberapa ratus ribu untuk ganti oli baru daripada berjuta-juta untuk turun mesin.


Salah satu gambar yang menunjukkan kerugian ketika kita malas mengganti oli secara rutin. Aturan pabrik terkadang menunjukkan pergantian oli setiap 5 bulan sekali atau 5000km dan banyak produk-produk oli full sintesis mengeklaim lebih dari 10.000km. Hal tersebut memang benar tetapi coba kita pikirkan kinerja mesin kita ketika terkena macet berjam-jam. Ketika macet mesin tetap berputar, dan potensi kegagalan dalam pelumasan di ruang mesin cukup tinggi maka dari itu saran dari penulis sebaiknya pihak pabrikan memberikan indikator running / ours atau seberapa lama anda menjalankan mesin dalam hitungan jam sehingga indikator tersebut dapat menjadi acuan tambahan dalam pergantian oli mesin agar lebih akurat.

Pemilihan oli mesin juga tergantung oleh medan yang anda lalui, kita ambil contoh toyota sigra dengan spesifikasi oli SAE 0W20 spek oli tersebut cukup encer. "0" yang artinya dia masih dapat bekerja pada kondisi suhu -0 derajat Celcius dan langsung melumasi ke seluruh bagian mesin, "W" artinya winter dan "20" artinya oli tersebut masih dapat bekerja pada panas 20 derajat Celcius

gambar ini menunjukkan spek oli yang akan kalian gunakan, untuk ukuran mesin yang masih baru memang disarankan oli yang encer karena memang tingkat kerenggangan mesin masih cukup rapat sehingga dibutukan oli yang encer untuk melumasi seluruh celah-celah mesin. Tujuan oli encer ini adalah "ECO DRIVING" yang artinya hemat BBM. Oli yang encer otomatis mesin bekerja lebih ringan dan efeknya konsumsi BBM akan dapat ditekan jadi lebih irit lagi. Jadi tidak salah pabrikan menyarankan oli yang cukup encer untuk mobil baru. Beda lagi jika usia mobil sudah mencapai diatas 100.000km atau lebih dari 5 tahun, sangat dianjurkan menaikkan tingkat kekentalan olinya. Semisal 0W20 bisa menggunakan 5W30 hal tersebut mengingat mesin yang telah dipakai cukup lama sudah pasti tingkat keausan dalam mesin cukup banyak, sehingga dibutuhkan oli yang cukup kental untuk melindungi seluruh bagian mesin dari tingkat keausan. Oli yang kental akan membuat kinerja mesin menjadi lebih berat dan berkibat tingkat konsumsi BBM juga lebih boros sedikit tapi hal ini sebanding jika kalian ingin mesin kalian tetap sehat.

KESEHATAN PENGEMUDI

Aturlah waktu yang tepat ketika anda akan driving long trip atau mengemudi dengan jarak yang cukup jauh. Minumal 2 jam sekali istirahat dan membuka jendela supaya udara dapat mudah bersirkulasi. Jangan paksakan ketika anda berkendara ketika mengantuk, karena obatnya ngantuk hanyalah tidur. Cukup 10 menit anda pejamkan mata di rest area terdekat maka badan akan kembali fresh. Selain untuk mengistirahatkan tubuh anda dari lelahnya berkendara efek lainnya juga dapat mendinginkan mesin mobil anda. Hubungan kesehatan dengan mesin mobil adalah pabrikan akan menjamin bahwa mesin mobil kalian yang anda kendarai tak akan mengalami performa yang menurun selama semua berjalan sesuai fungsinya meskipun di geber dalam waktu yang lama, berjalan di jalan tol yang lancar akan membuat kinerja mesin lebih ringan dan bahkan jika ingin main geber-geber pun tak akan jadi masalah karena memang air flow / angin yang berhembus melewati radiator dan sekitar ruang mesin akan mudah mendinginkan mesin ketika bekerja pada performa puncaknya secara terus-menerus.

Hal ini berbanding terbalik dengan kesehatan tubuh kalian, mulai dari mata, respon pedal gas dan rem hingga tingkat konsentrasi ketika anda memegang kemudi yang terus menerus di geber dalam waktu yang lama justru akan semakin menurun. Stamina anda tak akan cukup untuk meladeni tenaga pada mesin mobil kalian, cukup kalian ingat ketika anda berkendara pada jarak yang jauh maupun dekat bahwa "tingkat performa mesin akan berbanding terbalik dengan tingkat kesehatan dan keselamatan kalian". Ada istilah tuning "ITALIAN STYLE" dimana mesin digeber pada rpm tinggi untuk membuang kerak dan kotoran pada ruang bakar mesin, hal ini memang benar dan hanya bisa dilakukan selain di dyno test juga di jalan tol. Tetapi potensi ketika anda doyan berkendara pada kecepatan tinggi akan membuat presentase keselematan anda menjadi menurun. Sehingga ketika anda untuk memilih berkendara pilihlah untuk menikmati perjalanan itu sendiri, nikmatin pemandangan sering-sering mampir ke rest area untuk beli oleh-oleh untuk saudara wkwkwk... karena jalan tol bukanlah sirkut Le Mans atau sirkuit untuk ajang balapan. Bersambung....


Belum ada Komentar untuk "Tol Jakarta - Surabaya Jika Tersambung, Ini komponen penting yang harus diperhatikan pada mobil anda"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel