Tarif Pergantian Sarana Tol Ketika Terjadi Kecelakaan... WAJIB TAHU..

Satu kata untuk cerita dalam artikel ini. Say alhamdulillah.. Ya memang kejadian ini memang tidak penulis inginkan. Tetapi namanya musibah semua telah digariskan kepada tiap-tiap manusia. Jadi keep pray forever, apapun yang akan kita lakukan selalu berdoa demi keselamatan dan kemudahan kita semua. Artikel ini masih erat kaitannya dengan keselematan ketika berkendara baik itu di tol maupun di jalan biasa. Baiklah penulis akan mulai kronologi terjadinya kecelakaan ini.

Jumat 18 Januari 2019 masih terbawa suasana tahun baru di awal tahun 2019. Kami semua berencana mengadakan perjalanan dari madiun menuju surabaya menggunakan mobil dinas. Waktu menunjukkan pukul 17.00 pertanda adzan magrib akan segera tiba, namun karena waktu yang terbatas akhirnya kita semua  berangkat menuju bandara juanda surabaya meskipun cuaca bisa dibilang ekstrim. Hujan lebat disertai angin kita tetap lewati dengan penuh keyakinan. Tak lupa isi e-toll terlebih dahulu agar proses perjalanan tak mengalami kendala. Waktu menunjukkan pukul 17.45 dan adzan magrib telah dikumandangkan, innova reborn yang kita kendarai masih tetap melaju dibawah 100km/jam. Dengan santainya kita semua berbincang-bincang tentang otomotif bersama mas deny sebagai driver saya. Beliau memuji bagaimana leganya mobil innova yang terbaru ini, berbekal mesin diesel dan transmisi matic semakin memudahkan kita ketika berkendara. Memasuki pintu tol madiun mas deny merubah mode berkendaranya. Di innova reborn memang terdapat fitur dimana mobil ini bisa di setting dengan mode yang hemat atau performa tinggi. Jalanan tol yang lumayan lengang dan juga kita harus sampai bandara juanda pukul 19.00 terpaksa kita harus memilih mode performa tinggi untuk kebutuhan bekendara. Cuaca menunjukkan semakin tidak bersahabat ketika kita sudah memasuki tol Nganjuk yang notabene medannya naik turun dan melandai. Awan mendung yang pekat membuat bibir ini selalu berdoa agar tidak terjadi apa-apa. Sambil mengobrol, beliau menceritakan betapa nyamnnya mobil ini, serta power yang memang selalu mengisi di setiap rpm mesin. 

Telpon terus berbunyi dari rekan kita yang telah menunggu di bandara juanda, dan mengisyaratkan kita agar tambah gas di atas 140km/jam. Kita tetap waspada dengan keadaan sekitar karena semakin ke arah surabaya hujan semakin lebat. Kejadian ini berada di ruas tol nganjuk surabaya yang memang kontur jalannya cukup landai serta minim penerangan. Melibas genangan air di kecepatan 140km/jam dan Booom.....  Innova ini bagaikan ikan lele yang lepas dari kolamnya. Berlari kesana-kemari hingga berakhir dengan menabrak pembatas jalan. Seketika itu mata terperana seakan tak percaya kejadian ini terjadi seketika itu. Alhamdulillah kita semua selamat dan menunggu layanan jasa marga serta high way patrol kepolisian terdekat. Kita semua mengucap syukur karena kecelakaan ini hanya melibatkan mobil kita sendiri. Dan 10 menit kemudian jasa marga datang untuk memberikan bantuan kepada kita. Disekitar lokasi kecelakaan hingga kurang lebih 100meter sebelum dan sesudah lokasi kecelakaan diberikan cone oleh pihak jasa marga agar mobil-mobil yang melaju menjadi waspada. Kita berdua duduk termenung di mobil patroli jasa marga dari otoritas madiun. Dan 1 jam kemudian polisi datang untuk menangani TKP kecelakaan. Setelah itu kita diwawancari dan menanyakan kondisi fisik kita.

Setelah semuanya berlalu kita mendapatkan pengalaman yang berharga dari pengalaman ini. Baik itu kehatian-hatian maupun cara menangani kepolisian serta jasa marga tol. Dari cerita diatas penulis akan sedikit memberikan tips bagaimana harus mengahadapi dua instansi diatas supaya semua urusan kita lancar. Kita akan merujuk pada peraturan terlebih dahulu ketika mengalami kecelakan di jalan tol. 

Yang Pertama
 Ketika kita terjadi kecelakaan di jalan tol, sudah pasti mengalami kerugian materiil dan fisik baik dari kita sendiri maupun lingkungan sekitar. Soal material yang rusak di sekitar jalan tol berupa sarana jal tol seperti guard rail, reflektor dll. Kerusakan yang kita lakukan karena kecelakaan di jalan tol kita wajib menggantinya karena ini termasuk tanggung jawab kita sebagai pengguna jalan. 

Contoh gambar guard rail

Tetapi tidak usah khawatir mas bro, semua kerusakan yang kita sebabkan oleh kita sendiri ada daftar list harganya. Sayangnya penulis tidak sempat untuk mengabadikan gambarnya. Tetapi semua sudah tertulis item apa saja beserta tarifnya dan yang pasti telah divalidasi oleh pejabat yang berwenang.



Gambar diatas merupakan form yang menunjukkan bagaimana proses pergantian sarana jalan tol yang telah kami rusak. Soal identitas diri mohon maaf kami samarkan. Kalian bisa meminta daftar Sarana jalan tol beserta dengan tarifnya kepada petugas, supaya tidak dikibulin oleh petugas jasa marga tol. Jadi uang yang anda berikan untuk pergantian sarana kepada petugas jasa marga betul-betul disetorkan kepada negara.

Yang Kedua
Jika memang terpaksa mobil di derek pihak jasa marga akan menggratiskan penderekan sampai dengan pintu tol terdekat. Tetapi jika ada ada permintaan lain seperti harus menuju bengkel terdekat atau keluar pintu tol lainnya maka pihak jasa marga akan memeberikan tarif sebesar 100rb untuk pertama kali naik dan 8 rb rupiah setiap kilometernya. Jadi jangan sampai tertipu masalah tarif ini ya mas bro. Bisa kalian hitung-hitung sendiri. Dan jika kalian ragu bisa menghubungi nomor layanan jasa marga di 021-80880123. Ada satu hal lagi tata cara menderek kendaraan anda mas bro, karena saat ini telah banyak beredar mobil bertransmisi matic maka ada perlakuan khusus ketika akan menderek mobil ini. Cara gampangnya misalnya mobil anda innova yang poros penggeraknya di belakang (RWD Rear Wheel Drive) maka ban belakang harus yang di towing atau di angkat agar ketika diderek ban yang menyentuh aspal dan terus berputar hanya ban depan saja. Dan jika penggerak ban depan (FWD Front Wheel Drive) maka ban depan harus diangkat agar yang ban berputar hanya ban belakang saja. Hal ini penting kalian sampaikan kepada pihak derek karena jika salah dalam penanganan bisa-bisa mesin juga ikutan jebol karena memang transmisi matic bekerja dengan tekanan oli dan tekanan oli bekerja ketika mesin hidup.

Yang Ketiga
ini urusannya dengan pihak kepolisian, ada cara tersendiri ketika menghadapi hal ini. Posisi kecelakaan waktu itu terjadi di wilayah kepolisian nganjuk secara otomatis sudah menjadi wewenang pihak kepolisian polres nganjuk. Namun karena posisi bengkel kita berada di madiun, hal ini yang agak repot. Karena ketika kecelakaan terjadi mobil di derek di satlantas polres nganjuk untuk berita acara kecelakaan. Namun hal ini bisa diantisipasi dengan cara cukup pengemudinya saja yang memberikan kesaksian berita acara kecelakaan di polres nganjuk sedangkan mobil tidak harus diderek ke polres nganjuk. Karena jika mobil harus di derek di polres nganjuk maka biaya untuk menderek ke bengkel langganan kita sudah pasti memakan waktu dan biaya karena jarak yang di tempuh bertambah jauh.

Mungkin hal ini yang penulis bisa bagikan agar ketika kalian berkendara dan terjadi kecelakaan dapat mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Semoga artikel ini berguna dan silahkan di share ke temen-teman sesama pengguna jalan. 

Belum ada Komentar untuk "Tarif Pergantian Sarana Tol Ketika Terjadi Kecelakaan... WAJIB TAHU.."

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel