Suspensi YSS Cukup Nyaman Di Vario 150


Suspensi sudah pasti identik dengan kenyamanan ketika berkendara dan juga performa ketika diajak bermanuver dijalan. Artikel ini merupakan pengalaman dengan masa pemakaian yang cukup lama, Sejak tahun 2015 awal-awal vario 150 muncul penulis sudah merasakan bagaimana suspensi asli original pabrikan ini menempel di motor matic ini. Dan tak sampai 2 bulan suspensi aslinya terpaksa dilengserkan karena performa begitulah, terasa kurang nyaman dan kurang begitu mempuni. Kalian pasti sudah tahu kalau jok vario 150 juga tergolong keras ditambah suspensinya yang gitu-gitu aja. Memang bukan tanpa alasan mengapa jok vario 150 terasa keras, karena efek bagasi yang lebih luas yang membuat jok semakin tipis demi mendapat tinggi jok yang cukup rendah agar kaki pengemudi dapat dengan mudah menyentuh tanah.

Akhirnya dari alasan itulah penulis memutuskan untuk mencari waktu luang berburu suspensi yang betul-betul memberikan dampak yang signifikan ketika diajak ngebut maupun membawa penumpang. Karena matic vario 150 hanya satu suspensi artinya suspensi yang akan kita ganti harus memiliki kelebihan diatas standartnya. Pilihan waktu itu jatuh pada OHLINS dan YSS tetapi dua suspensi ini memiliki range harga yang cukup jauh. YSS dibandrol 800rb-an sedangkan OHLINS hampir dua kali lipatnya. Memang suspensi OHLINS dapat diatur rebound sedangkan YSS tidak.

Dengan pertimbangan harga dan fungsinya maka akhirnya jatuh pada pilihan YSS. Setelah datang ke outlet untuk pemasangan ternyata suspensi YSS ini memberikan pilihan untuk tabung atas atau tabung bawah, yang ketika penulis tanya kepada distributornya tidak ada bedanya walaupun posisi tabung berbeda. Proses pemasangan suspensi ini terbilang cukup mudah tinggal  Plug n Play tanpa ubahan apapun. Setelah kita membeli kita akan mendapat box, sticker YSS  serta alat-alat pengaturan seperti kunci L dan tuas untuk mengatur tingkat kekerasan suspensi tersebut. Penulis beli langsung di outlet distributor resmi yang ada di kota malang. Karena saat ini juga banyak suspensi abal-abal yang pakai merk terkenal kan ngeri jadinya.


Saat pertama kali pemakaian suspensi ini diatur dengan tingkat kekerasan yang rendah atau empuk banget, dengan harapan bisa merasakan bedanya suspensi standart dengan aftermarket. Memang ketika diajak berkendara dan boncengan suspensi berayun secara lembut bahkan ketika solo riding suspensi juga tetap seperti itu. Mungkin memang pengaruh dari tabung itu sendiri yang berisi nitrogen sehingga kinerja suspensi bisa sesuai dengan settingan pengguna. Masalah muncul ketika kendaraan diajak kecepatan tinggi dan bermanuver body motor agak susah dikendalikan bila dibandingkan dengan suspensi standartnya, efek dari suspensi yang terlalu empuk mengakibatkan susah untuk dikendalikan. 

Akhirnya penulis setting ulang hingga ke batas medium, karena saking lamanya berada diposisi setting suspensi paling empuk dan sering banget karena pemakaian sehari-hari terkena lumpur, kotoran dari cipratan ban tuas untuk memutar pengaturan suspensi jadi berkarat dan harus disemprot dahulu oleh pelumas rantai agar dapat diputar. Tapi meskipun begitu seal karet didalam suspensi ini bekerja sangat baik untuk menghambat kotoran masuk kedalam suspensi. Setelah disetting ke posisi medium inilah yang penulis rasakan.

ketika digeber pada kecepatan tinggi motor terasa sangat stabil dan jika dibebani beban yang berat dengan punumpang dan barang bawaan di dekat kaki pengemudi merasa suspensi bekerja dengan sangat baik terbukti motor mudah dikendalikan ketika jalan tidak rata sekalipun. Pengalaman dengan suspensi standart sebagai pembonceng badan terasa terhentak dan kepala terasa terpukul sesuatu ketika melibas lubang yang cukup dalam pada kecepatan tinggi. Padahal kondisi ban masih bagus dan tekanan ban juga standart. 

Kelebihan dari suspensi ini ketika disetting pada posisi medium meskipun terkena lubang pada kecepatan tinggi boncenger tidak merasa terhentak dan motor pun tetap stabil. Terlebih lagi jika membawa barang bawaan yang cukup banyak suspensi ini memiliki rebound atau pantulan balik yang cukup nyaman. Jadi jika kalian memang berniat untuk memakai motor lebih dari 3 tahun, dan ingin merasakan kenyamanan juga performa yang mumpuni ketika berkendara sendiri maupun boncengan pilihannya ya suspensi YSS G PLUS. Penulis sendiri merasa puas setelah memakai suspensi ini selama lebih dari 3 tahun ini tanpa kendala apapun, tidak ada tampak kebocoran pada suspensi, rebound tetap nyaman dan yang terpenting tetap empuk meskipun dipakai sendiri atau boncengan. Sekian review kali ini, semoga artikel kali ini berguna dan like share and comment



Belum ada Komentar untuk "Suspensi YSS Cukup Nyaman Di Vario 150"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel