Injeksi Ternyata Ada Beberapa Macam Jenisnya

Jika kalian memiliki kendaraan dan suka oprek kendaraan sendiri, sudah wajib hukumnya untuk mengenal sistim pembakaran pada kendaraan anda. Karena ketika kita ingin merawat kendaraan ada teknologi yang harusnya kita ketahui terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan dalam perawatannya. Yang akan kita bahas kali ini yaitu sistim injeksi pada kendaraan. Baik itu motor maupun mobil. Seiring dengan pemakaian sehari-hari pada sistim pembakaran pasti akan menimbulkan kerak karbon, apalagi BBM yang kita beli tiap harinya tidak sesuai dengan oktan yang diminta oleh mesin. Didalam ruang bakar terdapat beberapa komponen yang sangat penting karena menyangkut performa mesin ketika diajak akselerasi. Injector, piston, valve / klep dan masih banyak lagi. Kita akan bahas beberapa jenis injeksi menurut posisinya. Dan sering kita temui di beberapa kendaraan yang kita gunakan

TBI (Throttle Body Injection)

merupakan sistim injeksi yang berada pada jalur throttle body, kelebihan dari desain ini ringkas dan minim biaya, tetapi soal tenaga ya segitu-gitu aja. Karena meskipun mesin memiliki 4 silinder hanya diberikan 1 injector saja yang ada pada throttle body. Dan hal ini kurang greget untuk performa, biasanya letak injektor berada di posisi sebelum katup throttle body. Dari segi tingkat keausannya juga rendah karena injeksi tidak bercampur dengan ruang bakar mesin secara langsung yang membuat lebih awet dan mudah dibersihkan. TBI juga masih digunakan pada model-model lama sistim injeksi.

MPI (Multi Point Injection)

adalah sistim injeksi yang sudah berada pada level selanjutnya. Kerena jumlah injector untuk menyemprotkan bahan bakar sudah lebih dari satu atau bisa dikatakan jumlahnya mengikuti dengan jumlah silinder. Posisi injector berada pada posisi setelah throttle body. Kelebihan dari injeksi dengan model seperti ini tenaga yang didapatkan lebih mumpuni karena supply pasokan bahan bakar melimpah tetapi tetap efisien. Kekurangan dari sistim ini yaitu jika terjadi penyumbatan disalah satu komponen injektor saja maka resikonya mesin akan pincang, idle kasar dan tidak mampu menggapai performa puncaknya karena kekurangan asupan bahan bakar. Tingkat kekotoran injector juga lumayan kotor karena sudah berada di jalur pembakaran. Proses pembakaran betul-betul diatur oleh membuka menutupnya klep intake bahan bakar. Kemudahan dari MPI ketika kita ingin membersihkan cukup menuangkan carbon cleaner yang dicampurkan pada tangki bahan bakar. Maka saluran bahan bakar termasuk klep intake akan ikut bersih karena cairan tersebut. Sistim injeksi ini telah dipakai dibeberapa kendaraan umum. Karena selain mudah perawatan juga performa yang cukup baik. Pabrikan untuk mesin-mesin balap biasanya telah membenamkan teknologi individual throttle juga agar injector dan asupan udara yang masuk di ruang bakar mendapatkan performa yang diinginkan.

GDI (Gasoline Direct Injection)

Sistim ini sudah hampir mirip dengan teknologi common rail pada mesin diesel. Karena posisi injector tepat berada diruang bakar, bisa disamping atau tepat diatas piston. Teknologi ini tergolong cukup baik karena sudah dipakai pada mobil-mobil terbaru terutama yang sudah menggunakan turbo charger. Karena sifat turbo charger yang butuh banyak bahan bakar maka harus ada modul yang bisa mengimbanginya. Efek yang ditimbulkan oleh sistim GDI yaitu performa yang sangat baik dan yang pasti lebih rumit dari multi point injection. Karena sistim penyemprotannya sangat presisi efeknya BBM menjadi irit. Kelemahan dari sistim ini yaitu masalah perawatannya yang khusus, karena tempat injector dan valve / klep berada di tempat yang terpisah. Jadi jika ingin membersihkan harus membuka intake chamber baru klep disemprot oleh cairan carbon cleaner. Jika kalian ingin membersihkan pakai carbon cleaner yang dicampur di tangki mobil / motor, komponen yang dibersihkan hanya sebatas injector dan head piston saja. Maka dari itu carbon cleaner biasanya memberikan informasi for GDI injector agar orang yang menggunakan tidak salah dalam menggunakannya. Jadi ketika kalian berkeinginan membersihkan saluran bahan bakar atau istilahnya carbon cleaner pahami dulu model pembakarannya seperti apa agar tidak salah dalam membeli.

Belum ada Komentar untuk "Injeksi Ternyata Ada Beberapa Macam Jenisnya"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel