Beda Ban Radial Atau Ban Bias.. Pahami Dulu Sebelum Membeli



Bagi pemakai roda dua dahulu kala pemilihan ban cenderung monoton atau hal yang itu-itu saja dan memang kurang lebihnya pilihan jatuh pada ban standart pabrikan. Tetapi tahukah kalian mas bro jika ban itu terbagi menjadi dua jenis dalam hal material atau bahan bakunya. Ban tersebut memang dibuat sebagai kebutuhan di berbagai segmen sepeda motor juga kendaraan lainnya. Terdapat ban tipe radial dan tipe bias  masing-masing ban tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tinggal disesuaikan dengan pamakaian motor kalian mas bro. Kita akan belajar sejarah sedikit siapa penemu ban pertama kali yaitu Charles Goodyear asal Prancis yang tidak sengaja menjatuhkan campuran karet dan belerang di dalam tungku api dari campuran tersebut terbentuklah karet yang kering halus serta tahan terhadap cuaca, pada masa itu masih dikenal dengan sistim vulkanisir dan ketika Charles Goodyear akan mematenkan penemuannya beliau lupa untuk memberikan rincian terhadap sample yang akan dikirim ke lembaga hak paten. Di inggris juga terdapat seorang penemu karet yang bernama Thomas Hancock beliau juga telah berusaha menemukan campuran karet yang tepat selama 20 tahun, karena karet yang dia buat tidak dapat bertahan terhadap perubahan cuaca dan juga berbau. Singkatnya thomas hancock mengetahui bahwa sampling yang dibawa oleh goodyear merupakan campuran yang tepat. Thomas hancock mendaftarkan hak patentnya lebih dulu yang ironisnya merupakan ramuan yang telah dibuat oleh goodyear. Alhasil goodyear membawa masalah tersebut ke ranah pengadilan untuk memperjuangkan penemuannya dan memenangkan hak patent tersebut walaupun harus membayar $200.000 tetapi hal tersebut tidak menjadi hambatan untuk produk goodyear karena royalti produk tersebut yang terus berjalan. Dan saat ini peradaban ban telah mengalami pengajuan pesat dengan ban yang berisi ban dalam / tube type hingga ban tubeless. Memiliki ulir yang khusus di tiap-tiap medan serta cuaca, hingga ban yang berorientasi pada balap.


Ban Radial
Merupakan ban yang memiliki lapisan rajutan benang baja di bawah permukaan ulir karet ban. Biasanya ban ini digunakan pada kendaraan yang sering melaju pada kecepatan tinggi. Biasanya bannya cukup kaku. Keunggulan dari ban ini juga terhadap kemampuan lenturnya yang tidak begitu berpengaruh terhadap gaya sentrifugal ketika dipacu pada kecepatan tinggi. Ulir pada tapak ban juga lebih sempurna menempel ke aspal karena beban yang diterima oleh ban tersebut terdistribusi ke seluruh ban. Pendistribusian yang baik akan menambah efek panas ban juga tersebar secara menyeluruh. Tidak ada sisi tertentu yang mengalami panas berlebih. Karena adanya lapisan untaian benang baja pada ban ini akan memudahkan untuk menikung dan bermanuver karena lebih stabil. Jadi kendaraan motor gede atau mobil biasanya lebih memilih ban dengan tipe radial, tetapi dengan adanya kelebihan tersebut kita juga harus menyiapkan dana yang lebih untuk menebus si karet bundar. Jadi sebetulnya minusnya ada pada harganya dan juga alur yang cepat habis mas bro, karena ban radial memiliki grip yang baik, semakin maksimal ban tersebut menempel dengan aspal, semakin cepat pula keausannya. Kode pada ban tersebut biasanya tercetak pada plastik pembungkus ban atau pada dinding ban dengan kode "Radial" kalau bukan radial ya kagak ada tulisannya mas bro.

Ban Bias
Bisa kalian sebut ban biasa aja ya biar lebih mudah diingat. karena hanya terdapat susunan serat lapisan benang nylon di bawah ulir ban. Meskipun ban ini bias tapi ban ini juga biasanya tubeless atau tanpa ban dalam. Karena ban dengan tipe tanpa ban dalam memiliki banyak sekali keunggulan serta saat ini pabrikan juga telah memilih velg dengan tipe CW atau casting wheels (velg balok). Ban bias harganya lebih murah dibandingkan dengan ban radial, karena memang peruntukan ban bias hanya pada kendaraan yang low hingga medium speed. Dari kendaraan yang low dan medium biasanya juga membawa beban yang cukup berat. Jadi sebetulnya sah-sah saja jika kalian ingin mengganti ban kalian dengan tipe radial, tetapi efeknya kalian harus membayar dengan harga yang lebih tinggi serta pemakaian ban yang tidak efektif. Mengapa penulis bilang tidak efektif karena ban juga mempunyai umur masa pakainya yang kurang lebih 3 tahun untuk motor, lebih dari itu karet akan mengeras. Jika kalian mengeluarkan modal yang lebih, sedangkan kendaraan anda hanya mampu 100km/jam serta usia pakai ban radial yang relatif cepat maka bisa dikatakan kita rugi. Mending kelebihan uang tersebut kita arahkan ke kualitas oli mesin mas bro yang lebih bagus lagi.

Ban juga terdapat ada beberapa jenis material, jenis hard compound, Medium compound serta softcompound. dengan kode M/C (Medium Compound) Artinya ban tersebut terdiri dari material lunak dan material yang keras, saat ini teknologi ban yang sudah canggih biasanya memadukan kedua campuran tersebut di sisi tertentu. Seperti bridgestone yang bisa memisahkan kompon ban ditengah dan samping memiliki tingkat campuran karet yang berbeda. Tujuannya memang untuk mendapatkan gesekan ban yang sebaik mungkin, dan memiliki life time atau jarak tempuh yang lebih lama. Mengingat ban dengan tipe radial lebih cepat aus dibanding ban bias. 




Belum ada Komentar untuk "Beda Ban Radial Atau Ban Bias.. Pahami Dulu Sebelum Membeli"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel