Modifikasi Motor Matic Beat Pakai Pulley Berlubang



Lagi musim, secondary pulley yang di lubang-lubangi macam kayak gini mas bro. Dan sudah booming di jual beli online. Fungsi dari secondary pulley yaitu sebagai komponen penerus penggerak motor matic dan selanjutnya dilanjutkan ke gearbox. Cara kerjanya ketika v belt memutar secondary pulley, spring akan menekan kampas ganda keluar, dan kampas ganda akan melontar karena efek gaya sentrifugal. Jadi bukan hanya roller saja yang memiliki gaya sentrifugal. Baiklah penulis akan sedikit mereview alasan mengapa banyak modifikator mengambil langkah seperti ini dengan harapan hilangnya gejala "GREDEK-GREDEK" pada rpm rendah. Kita akan bahas terlebih dahulu komponen yang ada di dalam CVT, karena dari segi desain cukup beralasan mengapa pabrikan tidak melubangi mangkok pulley diatas sebanyak itu.

Pada dasarnya isi dalaman motor matic yang paling utama terdiri dari primary pulley dan secondary pulley, kedua komponen ini yang berguna sebagai penerus energi gerak dari sebuah mesin. Munculnya gejala gredek diatas sebetulnya masalah sepele, tapi memang tidak nyaman ketika motor berjalan di rpm rendah. Bukaan gas berasa kurang presisi karena masalah ini. Desain melubangi pulley diatas mengingatkan tentang desain matic yamaha lawas, kepunyaan mio dan nuovo memiliki desain secondary pulley yang berlubang.
Secondary pulley punya yamaha mio dan nouvo yang memang dari sononya sudah didesain memiliki lubang. Munculnya masalah gredek karena area gesekan kampas ganda dengan pulley kotor sehingga kampas ganda tidak dapat bergesekan sempurna. Analoginya ya seperti rem cakram kalian, semakin bersih area piringan cakram dan kampas rem, semakin baik pula daya pengeraman / cengkramannya. Dibalik desain pulley yamaha mio yang berlubang memang bertujuan untuk membuang kotoran dan juga hawa panas, Yamaha penulis akuin memang top ketika mendesain matic matic mereka, memikirkan sampai sejauh ini tentang pergerakan si pulley. Tetapi hal tersebut memang didukung dengan primary pulley yang memiliki desain khusus.


Pada bagian primary pulley terdapat part yang biasanya orang-orang menyebutnya "RUMAH ROLLER" desain ini yang sebetulnya cukup FATAL mas bro, dan erat kaitannya mengapa secondary pulley atau pulley belakang. Itulah mengapa pulley belakang tidak perlu diberikan lubang tambahan lagi. Rumah roller milik nouvo dan mio memiliki desain cekungan yang berada di poros tengah rumah roller yang saya beri tanda panah warna kuning, cekungan tersebut sebetulnya berguna untuk penampung grease / pelumas dan dengan ada penampung tersebut grease akan tetap berada di wilayah tersebut untuk melumasi bos rumah roller, desain ini semakin lengkap karena di tutup dengan seal karet pada ujung-ujungnya jadi grease tidak dapat pergi kemana-mana. 

Kalian bisa bandingkan dengan rumah roller lainnya apakah memiliki model yang seperti ini? Adanya penampung grease dan seal karet. Itulah mengapa keluarga mio lawas rata-rata memiliki suara CVT yang cenderung lebih halus karena memang grease atau pelumasan tidak mudah hilang pada area primary pulley. 

Munculnya suara GREDEK pada motor-motor matic yang saat ini beredar itu merupakan "TANDA" jika kita harus sesegera mungkin untuk bersih-bersih di area CVT karena desain rumah roller yang ada pada motor matic sekarang ini sudah jarang ditemui desain yang seperti diatas penulis jabarkan. Efeknya jika kita menunda suara gredek tadi bisa disimpulkan Bos yang ada pada roller akan aus atau oblak, itulah mengapa gredek pada motor-motor matic sekarang ini merupakan alarm secara alamiah. Jadi soal melubangi pulley hal tersebut sah-sah saja, tapi biasanya dipergunakan pada ajang-ajang tertentu bukan untuk harian.

Belum ada Komentar untuk "Modifikasi Motor Matic Beat Pakai Pulley Berlubang"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel