Modifikasi Motor Matic Beat Pakai Velocity


Velocity stack pada motor matic yaitu merupakan sebuah modifikasi dimana box filter udara dilubangi diberikan corong beserta jaringnya agar kotoran dan air tidak mudah masuk kedalam filter udara. Modifikasi ini merupakan kreativitas yang merujuk pada motor-motor kelas wahid dengan penggunaan RAM AIR, tujuannya kurang lebih sama yaitu ingin mendapatkan pasokan udara yang lebih banyak ke ruang bakar. Padahal jika kita pahami diruang bakar kita tidak hanya membutuhkan udara yang banyak saja tetapi udara dengan kondisi yang dingin istilahnya cold air intake agar dapat menunjang pembakaran.

Dari pengertian singkat diatas penulis hanya ingin memberikan review apakah hal ini sangat berpengaruh ketika digunakan pada kendaraan kalian? Sebelum kita lanjut ke penjabaran berikutnya, kita bahas terlebih dahulu alasan mengapa pabrikan tidak memberikan lubang tambahan semacam moncong yang seperti itu. Alasan yang paling logis yaitu air, jika sampai air tersebut masuk ke dalam ruang bakar maka akan menyebabkan water hammer. Kondisi dimana air ikut bercampur dengan oli dan menyebabkan piston dan klep menjadi bengkok semua mas bro, memang cukup mengerikan cuma gegara hal yang sepele ini.

Setelah pakai velocity stack dari hasil uji sportisi motorsport yang menggunakan motor aerox 155 standart dan diukur menggunakan dynojet 250i . Dibukukan dengan hasil tenaga maskimum 9.24 dk di 6.400rpm dan torsi maskimum 10.57Nm pada 5.900rpm. Sedangkan ketika motor ini standart didapatkan tenaga maskimum 10.09 dk di 6.500rpm dan torsi maksimum 11.12Nm di 6.400rpm keunggulan dari modifikasi ini hanya sebatas torsinya saja. Karena pada 5.900rpm torsi yang dicapai telah 10.57Nm artinya kita tidak perlu memuntir gas dalam-dalam untuk mencapai torsi maksimal, tapi bukan tanpa resiko. Kekurangan pada modifikasi ini yaitu top speed yang menurun dari 10.09 dk menjadi 9.24 dk. Sebetulnya RAM AIR ini bisa sangat berguna jika memang sudah bawaan motornya, seperti CBR250RR, CBR600  dan masih banyak lagi atau mungkin di ajang balap yang telah ada perubahan modifikasi demi keperluan catatan waktu, biasanya penambahan part ini juga berhubungan setting ECU dan juga injector yang disetting lebih sempurna. 

Kita bicarakan mengapa desain filter ini cukup tersembunyi letak lubangnya dan tidak terlalu mencolok, agar debu dan kotoran serta air tidak mudah masuk ke dalam filter udara. Kalo banjir yang mayoritas orang indo main trabas aja, itulah yang enginering honda pikirkan.  Didalam filter udara pun masih didesain seperti ada pembatas agar benda-benda asing selain udara tidak mudah masuk juga

  

Dari gambar yang ada lingkaran biru merupakan letak saluran pernapsan filter udara beserta sekat pembatas yang ada didalam filter. Jadi pabrikan gak asal dalam mendesain filter udara, mereka juga sudah mempertimbangkan kemungkinan terburuknya bagi pengguna. Masalah pasokan udara yang kita harapkan jika ingin lebih kaya sudah banyak di bahas di media-media sekarang ini, salah satunya channel youtube mighty car mod yang membahas bagaimana pengaruhnya jika dipasang semacam air intake tambahan, ventilator yang berbentuk baling-baling hingga turbo memakai sistem elektrik. Dan semua hasilnya sia-sia. 

Hal tersebut wajar karena jika kita ingin menambah volume udara di dalam mesin minimal mengikuti rpm mesin. Prinsip turbo charger dengan baling-baling yang kecil dapat berputar hingga 100.000rpm hal itulah yang bisa menyedot udara masuk dengan baik dan memperkaya pembakaran. Dari video youtube yang memasangan turbo ventilator akhirnya dirubah dengan menggunakan 2 buah blower yang biasanya untuk membersihkan daun-daun  kering di taman, barulah dengan pergantian tersebut power naik hingga beberapa Horser Power. 

Itu artinya pabrikan telah mendesain kemampuan masin untuk menyedot udara maksimal untuk masuk ke saluran intake dengan memberhitungkan besarnya lubang pipa intake juga box filternya. Jika ingin lebih banyak ya wajib pasang blower yang bisa berputar hingga ratusan ribu rpm. Pemikiran diatas memang benar, dan  jika kita sama-sama ingin memodif pada bagian udara lebih baik kita pakai teknologi yang dulu pernah dipakai oleh raja jalanan. Apalagi kalau bukan yamaha RX KING, kalian sudah pasti familiar dengan si Raja Jalanan, dengan embel-embel energy induction, yang gasnya di towel dikit udah pasti jengat. Teknologi itu adalah YEIS (Yamaha Energy Induction System)  dimana pada saluran intake terdapat tabung penampung udara sementara, dan ketika dibutuhkan spotanitas udara yang ada ditabung tersebut akan segera mengirimkan ke dalam ruang bakar. Bisa secepat itu karena memang tabung yang didesain oleh yamaha terletak cukup dekat dengan ruang bakar.

Cara kerjanya seperti gambar diatas itu mas bro, jadi bukan hanya seberapa banyak udara yang dapat masuk keruang bakar, tapi seberapa cepat pula udara tersebut dapat masuk ke ruang bakar. Efeknya ya torsinya cukup nendang, Dan yamaha telah membuktikannya lewat RX KING. Menerapkan model YEIS ini minim resiko terkena air dan kotoran, karena desainnya yang tertutup sehingga ruang bakar tetap bersih dan juga efek yang dirasakan lumayan berasa. Saat ini yang masih memakai teknologi ini yaitu pada motor suzuki GSX dan Satria FU injeksi tetapi mereka hanya menamai sebagai tabung induksi. Padahal tabung tersebut cukup berpengaruh pada pasokan udara yang ada di ruang bakar.  



Gambar penampakan tabung induksi yang ada pada saluran intake GSX yang membuat GSX bisa melaju cukup kencang dikalangan sport 150cc. Jika kalian ingin pakai tabung YEIS ini sudah banyak dijual di toko online dan ukurannya juga bermacam-macam. 


Belum ada Komentar untuk "Modifikasi Motor Matic Beat Pakai Velocity"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel