Performa Motor Menurun Kembalikan Dengan Cara Mudah



Ada pepatah mengatakan tua-tua keladi, semakin tua semakin menjadi-jadi.. ibarat kendaraan dengan jarak tempuh mesin yang sudah melewati beberapa puluh ribu kilometer apakah performa mesin seperti baru masih bisa dirasakan? Jawabannya bisa saja. Jadi soal persepsi di masyarakat umum tentang mobil atau motor yang telah menempuh perjalanan sepanjang beberapa puluh ribu kilometer performanya akan loyo, semua itu tergantung dari si pemilik memperlakukannya. Servis rutin dengan mekanik yang tepat akan membuahkan performa kendaraan yang selalu prima, bahkan tak ada bedanya dengan baru nya. Tetapi jika baru menempuh 20rb kilometer kendaraan sudah tidak nyaman biasanya si pemilik enggan untuk peduli dengan kendaraanya. Penulis ingin mengutarakan beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk mencapai performa mesin seperti baru dengan cara yang simple, karena di zaman sekarang ini sistim pembakaran sudah menggunakan injeksi jadi semakin mudah untuk perawatannya.


Busi
Si kecil yang bisa menjadi indikator keadaan mesin kalian. Warna pada ujung busi juga sebagai pertanda keadaan yang terjadi apakah boros atau kendaraan tidak bertenaga, semua bisa dilihat dari warna busi. Pemilihan busi sesuaikan dengan buku standart manualnya mas bro, karena di buku manual kalian telah tertera busi standart apa yang harus digunakan karena pabrikan telah menghitung panas pada busi yang sesuai dengan karakteristik mesin agar tenaga yang dihasilkan bisa optimal

Properti of BRISK USA

gambar diatas merupakan informasi angka yang menunjukkan ukuran panas suatu busi, karena busi memiliki dua karakteristik panas. Bisa cepat panas atau Lambat memanas itu semua teragantung dari angka yang tertulis pada gambar diatas. Angka tersebut biasanya tertulis di tengah-tengah jenis businya. Misal NGK IFR5A11 maka angka "5" merupakan tingkatan panas businya. Apa efeknya jika suatu busi tidak sesuai dengan standart pabrikan? Busi yang cepat panas akan menyebabkan pre-ignition atau gelitik dan bisa-bisa piston jadi macet, Jika Busi lambat memanas maka yang terjadi penumpukan karbon di seluruh ruang bakar baik itu busi maupun piston. Soal busi jangan dianggap remeh mas bro, karena efeknya di performa mesin dan konsumsi BBM kalian. Ukuran untuk busi standart pada mobil biasanya interval pergantian di 25.000km sedangkan motor kurang dari 10.000km tapi itu semua bisa lebih cepat tergantung kondisi busi pada saat di cek.


Filter Udara dan Oli
Memang tidak ada patokan resmi seberapa lama filter tersebut harus diganti karena semua juga tergantung kondisi jalan yang tiap harinya kita lalui. Artinya semakin kotor filter tersebut semakin cepat juga harus diganti. Rata-rata pabrikan memang menyarankan filter dengan tipe satu kali pakai ketika sangat kotor sekali baru filter tersebut diganti. Filter yang bersih akan membuat aliran udara masuk ke pembakaran jadi lebih mudah dan tenaga yang dihasilkan selalu optimal.


Filter oli ibarat seorang security yang mencegah dan menangkap pencuri di tempat kalian, harga untuk sebuah filter oli memang gak terlalu mahal tetapi khasiat yang diperoleh jangka panjang. Filter oli bertugas untuk menangkap kotoran-kotoran yang ada pada aliran oli mesin. Jadi pelumasan yang terjadi di dalam mesin tidak bercampur dengan kotoran. Efeknya suara mesin jadi halus, tarikan mesin jadi ringan dan pasti mesin jadi lebih awet.

Pembersihan Menyeluruh
Ada part yang memang tidak bisa kita ganti tetapi bisa kita bersihkan. Seperti throttle body, injector dan piston. Kerak kotoran seperti debu yang menempel pada katup throttle body bisa dengan mudah kita bersihkan dengan carbon cleaner yang ada di toko otomotif harganya pun bervariatif ada yang 10rb hingga ratusan ribu. Masalah injector dan piston ada dua metode yang bisa kita gunakan. Bisa menggunakan carbon cleaner khusus untuk pembersihan injector dan piston dengan cara melepas injector dan busi atau dengan cairan bernama "intake carbon cleaner" yang biasanya dicampurkan langsung pada tangki kendaraan. Interval penggunaan cairan ini biasanya disetiap ganti oli. Kelebihan dari cairan yang dicampur pada tangki BBM selain untuk membersihkan kerak karbon yang ada pada piston dan valve / klep juga membersihkan pipa-pipa saluran bahan bakar.

Pada mobil biasanya terdapat Mass Air Flow atau biasa disingkat MAF, alat ini bertugas untuk menghitung debit dan suhu udara yang akan masuk ke ruang bakar. Biasanya terletak antara filter udara dan throttle body. MAF juga rawan sekali kotor karena terkena udara langsung melalui filter udara, MAF juga perlu dibersihkan dengan elektronik cleaner yang biasanya dijual di toko-toko elektronik.





1 Komentar untuk "Performa Motor Menurun Kembalikan Dengan Cara Mudah"


  1. para Member setia Fansbetting,
    untuk kalian para pecinta permainan casino online
    yang mungkin sedang mencari agen terpercaya dengan bonus rollingan yang besar
    kami menyarankan kepada kalian semua para member setia kami
    bahwa kami akan memberikan BONUS ROLLINGAN 0.70% untuk kalian semua
    dan langsung otomatis masuk ke dalam id kalian,
    jadi untuk kalian yang mau mencoba bonus ini dan ingin bermain di salah satu agen yang terpercaya
    kalian bisa bermain bersama kami . fansbetting.com
    * CLAIM NOW AND JOIN US *

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    WA : +855963156245^_^

    Ayo tunggu apalagi !!

    BalasHapus

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel