Kawasaki KLX230 Suguhan Kawasaki Bagi Yang Doyan Touring & Advanture

Gambar milik KMI

Semenjak kelahirannya KLX pada tahun 2009, kawasaki sukses bermain di pasar yang hampir tidak ada pesaingnya hingga akhirnya honda melakukan debut pertamanya pada tahun 2017 dengan meluncurkan produk CRF150 nya. Kawasaki memang sering sekali memasarkan produk yang berbeda dengan para kompetitor lainnya. Contoh pada tahun 2008 disaat semua pada bermain dibawah 200cc dengan model naked, kawasaki telah meluncurkan varian Ninja 250cc dengan model sport berfairing yang pada zamannya sudah dianggap MOGE. Untuk kelas 250cc, suzuki sebetulya juga bermain dengan model nakednya dari keluarga GSX250 yang biasa disebut suzuki thunder 250 dengan emblem intruder, entah mengapa naked milik suzuki ini tidak se-booming milik sport kawasaki, padahal jika kita lihat design suzuki lebih cenderung membulat yang everlasting. Kembali lagi dengan ninja 250, mesin yang digunakan pada tahun 2008 itu merupakan mesin yang sudah bertahun-tahun digunakan oleh kawasaki dan mengalami sunatan power habis-habisan ketika akan masuk ke indo. Hingga akhirnya kembalilah aura ninja yang terbaru dengan mengedepankan performa mesin yang apik serta nyaman untuk touring pada tahun 2018. Setelah peluncuran ninja tersebut tak lama berselang kawasaki mendobrak kembali dengan motor garuknya bernama KLX bila di terjemahkan sebetulnya Kawasaki Light Cross. Kata-kata cross disini artinya bersilangan, dan menjadi huruf "X" maka sering disebut KLX. Peluncuran pertama kali KLX berbekal 150cc dan speedo meter yang tanpa indikator bensin. Pertama melihat penulis sering menjumpai kawasaki ini ditunggani oleh dinas perhutani maupun bapak kepolisian. Ya mungkin memang dinas perhutani cukup tepat memilih motor dinasnya karena medan yang ditempuh bukan jalan biasa dan sering banget memantau hutan di indonesia. Terhitung KLX telah berada di image masyarakat selama 8 tahun dan setelah itu diisi oleh CRF150. Dalam kurun waktu 8 tahun kawasaki telah melakukan beberapa face lift, seperti KLX versi L yang armnya lebih panjang ketimbang KLX versi standart hingga KLX versi BF atau biasa dikenal big foot dengan karakter suspensi upside downnya. Ada juga kembarannya yang diproduksi oleh kawasaki yaitu D-Tracker motornya ala-ala supermoto, saat pertama kali diluncurkan sizenya lebih kecil dibanding KLX. Setelah melakukan facelift D-Tracker jadi lebih full size atau sama dengan KLX. 

Ngobrolin masalah KLX dan D-Tracker memang tak ada habisnya. Modif sana-sini untuk keperluan cross hingga tampilan yang macho dengan kelir warna-warna pada velg D trackernya. Meminang mesin 150cc memang cukup tanggung dengan desain trail atau supermotonya, karena memang mesin tersebut memiliki nafas yang pendek-pendek jadi kurang cocok untuk diajak jalan jauh. Kawasaki juga menelurkan produk KLX250 serta versi supermotonya D-TRACKER X. Kedua motor ini memiliki kubikasi mesin 250cc dengan semua fitur yang cukup lengkap. Tetapi harga tak bisa bohong masalah 250cc ini. Harga KLX150 dengan KLX250 terpaut cukup jauh, dan bagi sebagian orang menaiki KLX250 cukup ngeri karena motor ini terbilang cukup tinggi sehingga banyak sebagian orang yang lebih memilih KLX150 yang di bore up atau bikin trail odong-odong sendiri dengan mesin tiger hingga ninja 2 TAK. Semua mereka lakukan demi mendapatkan kepuasan gas jengat ketika di lintasan cross dan juga mudah untuk dikendalikan. Kawasaki membaca kesempatan ini dengan mendevelop mesin baru dengan kubikasi yang lebih dari 200cc tetapi dengan harga kurang dari 250cc. 

Akhirnya muncullah kawasaki KLX230 yang menurut opini penulis dengan adanya KLX terbaru ini guna untuk mengisi gap kekosongan antara KLX 150 dengan KLX 250. Kawasaki KLX230 hadir dengan semua yang baru. Mulai dari rangka, sistim pembakaran yang telah mengadopsi injeksi serta panel speedo meter yang telah full digital. Tidak adanya kick starter pada motor ini bukan hal yang menakutkan, karena ketika kontak dinyalakan pada layar speedometer terdapat monitoring status AKI kalian. Jadi sebelum naik jalur kalian bisa memastikan terlebih dahulu akinya lagi loyo atau sehat. Sistim injeksi juga cukup mudah dioprek, dengan cara mengatur debit BBM pada injector hingga derajat pengapian. Biasanya setelah mucul KLX230 ini akan muncul beberapa produk after market untuk mengganti ECU dengan stand alone atau hanya menggunakan piggy back. 


KLX230 merupakan motor untuk enduro, bisa juga dibilang dual purpose menurut penulis karena karakter ini cenderung overbore. Mesin dengan karakter overbore sangat nyaman jika diajak touring atau jalan jauh, karena performa ada pada rpm tinggi yang nafasnya akan terasa panjang. Kompresi untuk motor ini hanya 9.4 : 1 itu artinya motor ini cukup diisi dengan bensin biasa saja mas bro. Dan ini pertanda lagi-lagi kawasaki memudahkan para petualang untuk mengisi BBM ketika melakukan perjalanan jauh di daerah pedalaman. Keuntungan kompresi sebesar itu menjadi mesin motor ini cukup adem. Dengan power 18Hp dan Torsi 19.8Nm pada rpm rendah, motor ini cukup asik untuk diajak touring jarak jauh tanpa kehabisan nafas. Perpaduan seperti ini akan membuat tenaga motor akan selalu mengisi terus karena karakter over bore, torsi yang sanggup digapai pada rpm rendah serta bobot kendaraan yang mencapai 133Kg motor ini akan setia menemani anda ke segala medan. Dengan hadirnya KLX230 kawasaki berusaha mengisi semua lini produk pada motor crossnya.


1 Komentar untuk "Kawasaki KLX230 Suguhan Kawasaki Bagi Yang Doyan Touring & Advanture"


  1. para Member setia Fansbetting,
    untuk kalian para pecinta permainan casino online
    yang mungkin sedang mencari agen terpercaya dengan bonus rollingan yang besar
    kami menyarankan kepada kalian semua para member setia kami
    bahwa kami akan memberikan BONUS ROLLINGAN 0.70% untuk kalian semua
    dan langsung otomatis masuk ke dalam id kalian,
    jadi untuk kalian yang mau mencoba bonus ini dan ingin bermain di salah satu agen yang terpercaya
    kalian bisa bermain bersama kami . fansbetting.com
    * CLAIM NOW AND JOIN US *

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    WA : +855963156245^_^

    Ayo tunggu apalagi !!

    BalasHapus

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel