Air radiator Asal beli bisa AUTO miskin


Air Radiator, yang ada di benak kalian pasti air yang berwarna merah atau hijau yang biasa dijual dipasaran dengan berbagai macam merk dan harga. Sadarkah kalian jika air radiator itu bukan hanya air yang diberi warna saja tetapi telah memiliki spek dan kandungan tertentu? kita akan bahas sedikit tentang cairan yang satu ini. Air radiator merupakan sebuah cairan yang berisi bahan-bahan tertentu yang bertugas mendinginkan sebuah mesin. Mulai jaman dahulu mesin konvensional hingga mobil listrik yang canggih, air masih digunakan sebagai sarana untuk mendinginkan mesin dan seiring dengan kemajuan otomotif maka sistim pendingin juga ikut berkembang dengan menambahkan beberapa bahan addiktif. Jangan pernah sepelekan masalah air radiator mas bro, karena efeknya cukup bisa menguras kantong kita jika ini sampai terjadi. Seperti contoh air radiator yang hampir gak pernah kita ganti yang sebaiknya jika kendaraan tersebut digunakan setiap hari atau bisa minimal menempuh hingga 20.000Km per tahun maka sebaiknya tiap 1 tahun sekali kalian ganti baru air radiator tersebut. Terdapat juga kasus yang menyepelekan tentang pengisian air radiator dimana si pemilik asal beli tanpa memperhatikan spesifikasi air radiator tersebut yang mengakibatkan mesin jadi over heat. Kejadian mesin overheat bisa menyebabkan piston dan klep jadi bengkong karena panas tinggi hingga blok silinder tidak rata lagi yang mau tidak mau kita harus turun mesin, kalo mocil mungkin biaya untuk turun mesin cukup ramah di kantong tapi jika sudah 4 silinder atau sekelas mobil siapin kocek yang cukup banyak karena solusi paling murah biasanya di bubut ulang supaya presisi kembali tetapi akan merubah hitungan bore x stroke nya juga opo gak tambah pusing mas bro? 

Menyepelekan air radiator juga berdampak pada pompa saluran radiator yang mengidap penyakit korengan alias korosif. Korosif bisa terjadi karena kualitas air radiator yang buruk yang tidak mampu lagi menerima dan melepas panasa mesin dan efeknya air bisa masuk melalui celah pompa radiator yang rusak. Air radiator bercampur dengan oli bisa dipastikan oli kalian mirip cappucino dan pasti harus turun mesin juga ujung-ujungnya. Air radiator yang baik akan membuat mesin kalian bekerja pada suhu temperatur yang normal, karena air radiator merupakan pendingin utama pada saat mesin kalian bekerja serta air radiator didesain oleh pabrikan agar mengitari di sekitar dinding mesin (water jacket) dan mentrasfer panas mesin. Selain dampak pendinginan yang menurun juga bisa terjadi "elektrolisis" videonya bisa kalian cari di youtube, intinya air radiator kalian lambat laun akan menjadi keruh jika terjadi karat dan efeknya akan menyumbat ke jalur kapiler water jacket yang ini perbaikannya harus di flush dulu. Banyak sekali keuntungan jika kalian merawat air radiator intinya dengan bermodalkan kurang dari 100rb / tahun anda telah mencegah kerusakan mesin secara total karena mesin bekerja menghasilkan panas dan panas tersebut harus berada di ambang batas normal agar semua komponen dalam blok mesin tetap bekerja dengan baik.

Kembali lagi masalah spesifikasi air radiator, kita ambil contoh merek yang paling umum ada di pasaran yaitu merk "Prestone Ready to Use / Coolant" pada umumnya harganya sekitar dibawah 100rb per galon dan ini cukup untuk mobil kalian yang bermesin 1500cc. Kalian perhatikan pada balik botol terdapat spesifikasi coolant yang tertulis telah lulus beberapa uji ASTM. ASTM (American Society for Tesing and Materials ) merupakan standart international yang mengembangkan dan menerbitkan standart teknis suatu bahan, produk, sistem dan layanan. Pada produk prestone tertera standarisasi 


Terdapat sebuah tulisan ASTM D-1384 dan D-3306

D-1384 Merupakan metode pengujian cairan pendingin yang bisa merusak atau bisa dikatakan korosif jika mengenai kandungan logam. Intinya pengujian standart D-1384 ini untuk mengetahui apakah cairan tersebut bersifat korosif ketika berada di dalam mesin dan juga mencegah timbulnya karat pada logam di dalamnya.

D-3306 Spesifikasi standart yang mencakup mobil dengan tugas yang ringan dan cairan pendingin ini bersifat glycol base. Melindungi mesin dari tingkat didih yang tinggi, korosi serta pembekuan. 

masih banyak lagi jika dibahas satu persatu seperti CUMMINS 90T8-4 bisa kalian cari sendiri di internet spesikasi tersebut, karena spesifikasi diatas akan menjabarkan tentang perlindungan terhadap alluminium, pompa water coolant hingga menjaga agar cairan tersebut tidak berbuih. Yang paling umum produk prestone ini setara dengan apa yang disebutkan pada spesifikasi yang tertera pada botolnya. 

Belum ada Komentar untuk "Air radiator Asal beli bisa AUTO miskin"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel