Kendaraan Listrik Haruskah Kita Memakainya?



Sudah dengar berita akhir-akhir ini yang lagi ngehits mas bro? ya, kendaraan berbasis listrik atau menggunakan motor listrik yang ditenagai oleh baterai pastinya karena bertujuan untuk menekan polusi udara di Indonesia. Perpres tentang wacana kendaraan bermotor listrik telah di tanda tangani oleh Pak Presiden kita, dan artikel ini penulis buat agar para pembaca memiliki informasi kemana arah tujuan perkembangan dunia otomotif kita.

Saat ini kendaraan roda 4 yang sering kita tahu seperti merk TESLA atau BMW i3 telah murni menggunakan energi baterai sebagai asupan tenaganya cuma masalahnya harga yang di bandrol cukup untuk beli avanza 4 buah wkwkwk.. memang kendaraan berbasis listrik cukup mahal karena baterainya yang bikin mahal. Para pembeli mobil listrik sudah pasti orang yang berduit karena harga mobilnya yang selangit dan penerapan mobil listrik ini akan di terapkan di negara kita. Masalahnya siapa yang mau beli? meskipun roda 2 pun nantinya pasti mengikuti karena perkembangan teknologi itu berkiblat dari pesawat terbang hingga ke sepeda motor. 

Yang bikin galau adalah, regulasi atau peraturan pemerintah dimana kendaraan yang memiliki emisi gas buang yang buruk pajaknya akan bertambah naik. Secara halus pemerintah mau tidak mau menggeser para konsumen untuk membeli kendaraan yang memiliki emisi gas buang yang rendah. Siapa lagi kalo bukan kendaraan listrik, tapi apakah tidak ada solusi lain jika kita harus membeli kendaraan yang tidak sesuai dengan kemampuan finansial kita? mengingat harga kendaraan listrik itu jadi mahal karena kita masih belum bisa memproduksi baterai sendiri. Semakin besar kapasitas baterai semakin mahal juga harga unitnya, kapastitas baterai juga menentukan tenaga dan jarak tempuh kendaraan anda.

Solusi sementara ya kendaraan hybrid, yang saat ini Honda PCX 150 pun sudah memiliki tipe hybrid atau mobil toyota camry hybrid. Teknologi hybrid cukup membantu untuk naik kelas dari bahan bakar minyak menuju listrik. Pengaruh kendaraan hybrid akan mengurangi polusi udara dan jika telah banyak yang menggunakan teknologi hybrid masyarakat sudah pasti banyak yang paham dengan teknologi ini.

Jika memang mau melangkah ke teknologi murni listrik langkah pemerintah cukup luar biasa tapi dengan harapan harganya tetap masuk akal di tengah perekonomian masyarakat sekarang ini. Semoga pemerintah segera bisa membuat pabrik baterai sendiri supaya kendaraan listrik ramah di kantong karena berbicara masalah charging infrastruktur menilik tragedi mati lampu kemarin, rasa-rasa nya kita masih belum siap jika memiliki kendaraan dengan kapasitas baterai yang kecil yang mengharuskan sering-sering charging. Gak lucu kan ketika kita melewati alas roban ato alas mantingan yang itu menghubungkan daerah antar provinsi kendaraan kita tiba-tiba low bat.

Belum ada Komentar untuk "Kendaraan Listrik Haruskah Kita Memakainya?"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel