Yamaha XSR 155, Worth it kah?


Pasar 150cc sudah mulai merubah haluannya mas bro. Kalau kemarin rata-rata berdesain garis tajam dan modern, saat ini sudah mulai kembali ke desain jadul atau retro. Ya mungkin orang sudah mulai bosen dengan model yang itu-itu saja. Baru saja beberapa hari yang lalu yamaha telah meluncurkan yamaha XSR 155 dengan harga 42.5jt ini harga thailand ya mas bro. Kalo masuk disini tinggal lihat, apakah basis produksinya bisa di indo? karena jika penulis lihat semua komponennya bisa dibuat di indo. Seperti suspensi upside down, mesin VVA nya dan frame nya. Dari seluruh unit yang dibuat ini merupakan komponen utama milik yamaha R15 atau MT-15. Kalau dilihat dari harga yamaha MT-15 harusnya bisa mepet-mepet dikit lah diharga 35Jt-an. lantas apakah motor ini bisa dibilang worth it engan harga segitu jika dibandingan dengan motor lain?

Masalah retro orang sini gak harus paham betul aliran retro didalamnya. Karena jika harus memahami retro pasti bakal banyak alirannya seperti gambar berikut :


Semuanya merupakan aliran yang satu keluarga dengan RETRO, cuma peruntukannya berbeda - beda. Nah kita akan bahas apa saja yang kita dapat selain kesan retro pada XSR155 ini.



Pertama-tama kita akan bahas frame
Frame yang digunakan pada XSR ini delta box yang telah turun menurun digunakan oleh moge-moge yamaha dan diperkenalkan oleh yamaha vixion diindo pada tahun 2007. Memang frame delta box ini terlihat gagah dan kekar ketika harus di expose dengan terbuka seperti ini, jadi poin ini cukup mencolok ketika dipertontokan. Seandainya MT25 pake frame kayak gini pasti keren wkwk...
oh iya soal arm juga sudah mengadopsi banan arm milik R15 atau MT15

Engine
Mesin yang digunakan sudah up to date, mesin yang digunakan dari sang kakak MT-15 diturunkan langsung kepada XSR ini. Seperti teknologi VVA yang membuat bukaan katub menjadi lebih baik ketika putaran bawah hingga atas sehingga performa mesin bisa berjalan optimal. Assist and Slippery Clutch yang membuat kopling semakin ringan dan ketika menurunkan gigi engine brake tidak terlalu besar yang membuat ban belakang tidak mudah terkunci serta Power 19Hp dan Torsi 14Nm .

Fitur
Fitur yang disajikan oleh XSR ini terbilang modern sepenuhnya. Karena mulai dari speedo meter yang LED hingga lampu depan yang juga LED, tetapi soal lampu sein tetap pakai desain lawas agar tetap terlihat jadul

Dari penjelasan diatas memang yamaha XSR ini bisa disandingkan dengan honda CB Ex Motion karena sama-sama mengangkat tema retro modern. Tapi tidak menutup kemungkinan jika yamaha XSR bisa segera masuk ke indo karena semua bahan materialnya terdapat di sini. Untuk pasar retro masih diisi oleh W175 dengan rentang harga 31Jtan. Nah jika XSR jadi masuk kesini dengan harga diantara 35jtan siap-siap kuatin iman untuk pilih retro W175 dengan semua kesederhanannya yang bahkan meteran bensin aja gak punya wkwkwk... atau yamaha dengan retro modernnya. 

edited : Artikel tentang Yamaha XSR155 vs MT-15


Belum ada Komentar untuk "Yamaha XSR 155, Worth it kah?"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel