CBR 250 RR Merilis Paten Oil Pan untuk Versi 2020


Berita muncul dari media otomotif jepang tentang gambar paten yang akan segera dirilis untuk Honda CBR versi 2020. Siapa yang tak kenal dengan CBR250RR dengan segudang teknologi yang telah honda benamkan pada motor ini. Termasuk diantaranya penggunaan metal jalan dan metal duduk pada bagian internal mesin yang sudah menyerupai mesin mobil sehingga membuat proporsi berat dan dimensi mesin CBR menjadi lebih ringkas dan ringan. Untuk model 2020 terdapat upgrade dari bagian penampung oli atau oil pan.

Gambar posisi mesin tegak dilihat dari depan



Pada gambar diawal terdapat sirip-sirip pada bagian luar oil pan. Merujuk dari gambar paten yang beredar yang jika diperbesar lagi pada bagian ini, terdapat sirip sirip yang memang sengaja dibuat tapi di bagian dalam oil pan. Jadi siripnya ada yang diluar dan didalam mas bro. Penggunaan sirip pada bagian luar pan memang bukanlah teknologi baru, karena motor-motor jadul yang tidak dibekali dengan sistim pendingin radiator telah memanfaatkan sirip-sirip ini untuk mentrasfer panas dari dalam mesin. Cuma pada CBR 250 RR ada yang berbeda.


Jika gambar paten oil pan ini dilihat dari atas terdapat dua bagian terpisah antara yang bergaris dan yang tidak bergaris. Keduanya dibatasi oleh angka 81. Saya akan menjelaskan secara simple dari angka-angka yang terdapat pada gambar tersebut. Angka 39 merupakan bagian belakang oil pan yang dekat dengan pembuangan oli sedangkan angka 38 merupakan bagian depan oil pan yang sirip-sirip pendinginnya akan terkena udara ketika motor maju kedepan. Pembatas antara angka 38 dan 39 memang bukan tanpa alasan, pada angka 105a disitu terdapat thermostat valve oil cara kerjanya mirip dengan thermosat pada sistim radiator. Jika pada thermostat oil cara kerjanya akan membuka ketika oli berada pada suhu tertentu yang selanjunya didingkan ke bagian depan nomor 38. Tujuannya agar oli dari belakang yang panas dapat didinginkan oleh sirip-sirip yang ada pada nomor 38 karena terkena udara dari luar ketika berkendara. Honda CBR mendesain oil pan beserta dengan thermostat memang bertujuan untuk membagi panas pada oli mesin. Upgrade ini bertujuan ketika CBR turun ke sirkuit, masalah panas mesin bisa terakomodasi dengan baik ketimbang tidak diberikan sirip pendingin. Sepertinya facelift 2020 CBR akan menaikkan performanya demi menjadi menjadi RAJA di kelas 250cc Twin silinder. 





Belum ada Komentar untuk "CBR 250 RR Merilis Paten Oil Pan untuk Versi 2020"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel