Rem Cakram Vario 150 Yang Bergelombang Ternyata Ada Maksudnya

Motor-motor yang beredar belakangan ini sudah semakin canggih, selain model yang lebih bervariasi juga teknologi yang di benamkan pada kendaraan tersebut sudah mulai diturunkan dari MOGE kelas atas. Seperti yang akan kita bahas kali ini tentang sistim pengereman pada motor matic. Dalam sistem pengereman banyak sekali bagian-bagian yang saling bekerja sama. Ada handle rem, minyak rem, piston rem dan juga piringan rem. Yang akan kita bahas kali ini tentang rem cakram vario 150 dengan pola bergelombang

                                           Vario 150 Lama                    Vario 150 Baru

Gambar diatas menunjukkan perbedaan pola antara piringan cakram vario lama dan baru. Pola tersebut memang ada tujuannya mas bro, jadi bukan cuma buat gaya-gaya an doang. Maksud desain dari pola seperti itu agar dapat melepas panas lebih baik ketika melakukan pengereman secara terus menerus. Musuh dari sistem pengeraman adalah panas dan panas itu berasal dari gesekan antara kampas rem dengan piringan. Jika hal itu terjadi secara terus menerus maka rem akan terbakar  biasanya juga diikuti bau gosong istilahnya mengalami fading / fade yang membuat rem motor menjadi kurang pakem. Nah saat ini ada fenomena yang cukup unik dalam hal mengganti minyak rem yang biasanya DOT 3 diganti dengan spesifikasi DOT 4 hingga DOT 5  dengan asumsi lebih pakem. Pembeda antara DOT yaitu titik didihnya yang semakin tinggi, tetapi titik didih yang tinggi ini juga harus di tunjang piranti lainnya. Biasanya kendaraan yang dianjurkan dengan minyak rem DOT 4 atau DOT 5 telah didukung dengan perangkat rem yang lebih baik karena kendaraan tersebut mampu berakselerasi lebih cepat dan memiliki top speed yang lebih tinggi.

Ada beberapa aspek pengereman yang sebaiknya kalian ketahui, pertama tama pada bagian piringan cakram yang memiliki beberapa macam model diantaranya model konvensional atau biasa, semi floating hingga full floating kalo kalian pengen lihat rem dengan model floating tengok saja milik yamaha R25 atau ALL New Ninja, kedua motor tersebut telah mengadopsi tipe pengereman floating.


Floating disk brake cirinya terdapat pin sesudah baut pengencang, jadi posisi piringan cakram tersebut tidak menempel langsung dengan velg melainkan dijembatani oleh sebuah pin yang tujuannya ketika terjadi pengereman piringan tersebut dapat mengikuti alur pengereman dan juga tidak mudah mengunci ketika melakukan hard braking karena posisi piringan cakram dan caliper masih terdapat gap/celah untuk bergerak sehingga kendaraan dengan mudah bisa dikendalikan.

Dari sisi caliper atau piston rem terdapat model fixed atau tetap dan floating atau mengambang peruntukannya kedua model ini ada pada kecepatan kendaraan tersebut. Rata-rata jika kendaraan memang diperuntukkan untuk kecepatan tinggi menggunakan fixed caliper karena rasa pengeremannya lebih kuat dan lebih stabil, masalah panas ketika melakukan pengereman biasanya para desainer telah memberikan fitur tersendiri demi untuk mendinginkan piranti rem tersebut yang biasa di sebut "heat sink brake pad" ya modelnya mirip dengan heat sink pada PC atau laptop kalian mas bro, cuma bedanya heat sink tersebut ditempelkan diarea sekitar caliper rem supaya panas dari caliper rem bisa dengan mudah terbuang oleh hembusan udara. Untuk kendaraan konvensional yang sering kita gunakan sehari-hari biasanya menggunakan caliper model floating atau bisa dibilang mengambang karena memang hanya untuk digunakan stop n go jadi model ini lebih flexibel.      







               

Belum ada Komentar untuk "Rem Cakram Vario 150 Yang Bergelombang Ternyata Ada Maksudnya"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel