Bis Sumber Selamat Dirimu yang Dihina dan Dicinta

Ready to Race

Naik sepeda motor memang sangat menyenangkan karena menurut saya banyak sekali kemudahan ketika kita berkendara dengan motor, kemana aja bisa dijangkau dengan sepeda motor meskipun resiko berkendara roda dua cukup besar tapi kita kesampingkan dulu masalah resiko. Toh buktinya orang-orang sekitar kita skillnya sudah mumpuni untuk melewati segala medan. Mau bawa barang apapun dan dalam kondisi bagaimanapun kita masih tetap berusaha melewatinya tanpa mencelakakan orang lain. Saya sebenernya salut dengan skill berkendara masyarakat kita sekarang ini. Jalanan sempit, sepeda motor berlimpah tapi jarang banget terjadi kecelakaan. Saya tahu sendiri karena hidup di daerah kampus yang mayoritasnya adalah anak muda kos kos an yang gaya berkendaranya seruntulan. Jalananannya sempit karena di sebelah kanan dan kirinya dibangun warkop, warnet dan loundry membuat saya memahami bahwa skill skill orang indonesia dalam berkendara terbentuk secara alamiah mengikuti kondisi dan keadaan sekitar, bisa dibilang sangat mudah berdapatasi. Tanpa perlu safety riding class kita bisa menyesuaikan dengan kondisi yang kita lewati setiap harinya. 

Lagi nge-drift

Btw soal salip menyalip saya jadi inget PO BUS sumber kencono. kalau kalian naik bus dari surabaya ke jogja pasti akan menaiki bis ini. Rival terberatnya yaitu MIRA dan EKA. Ketika dijalan ketiga bis ini menjadikan jalan antar provinsi sebagai lintasan balap. Selama beberapa tahun menaiki ketiga bus ini, jarak tempuh surabaya madiun ketika malam hari cukup 2.5 jam saja itu plus naik turunkan penumpang. Padahal seharusnya minim 3.5 jam lebih jarak tempuh normalnya. Didalam bis berasa menaiki bom-bom car yang akselerasi dan pengeremennya cukup joss. Note!! Gak disaranin bagi newbie yang sering naik bus patas. Bagi pemula yang naik bis ini, siapin aja mental kalian karena didalam bis ini nyawa kalian akan dipaksa menjerit dalam diam wkwk... Jika sopir bis lelet atau telat siap-siap deh di roasting oleh penumpangnya. Secara tak sadar saya juga merasa ada yang aneh ketika bus sugeng rahayu, mira, eka dan sumber kencono jalannya lelet atau lambat, kayak ada yang kurang gitu. Jadi kalau naik bis ini pikiran saya sudah tertanam kalau bis ini selalu cepat sampai. Kalo kalian sering nonton film fast furious, mungkin ini bisa jadi bentuk di dunia nyatanya. Tanpa skenario,tanpa rekayasa, tanpa gimmick, tanpa embel-embel artis ternama dan jika dibandingin dengan serial fast furious? saya pikir semua supir ketiga PO bis ini ya dominic toretto, Cuma versi lokal aja, Pake songkok / peci, alunan lagu campur sari ato banyuwangi an, dan yang pasti free kantong plastik hitam untuk para newbie. Irama deru mesin diesel, permainan gas dan kopling menjadi ciri tersendiri ketika bis ini ada dijalanan. Dan jangan lupa klakson intimidasinya, gak bakalan berhenti bunyiin klakson sebelum dikasih jalan.

No mercy atau gak ada yang mau ngelawan ke tiga pembalap ini ketika dijalan. Anda gak kasih jalan ketika kita mau menyalip? siap-siap pandangan kalian menghitam seper sekian detik karena lampu dim bakalan mengintimidasi kendaraan kalian secara terus menerus dari belakang kendaraan anda. Jarak antara kendaraan depan yang itu kadang bikin keder, hanya sekian meter hmmm... Ngeri ngeri sedap...  Ini bukan seperti film kartun tayo yang ada di televisi, melainkan seperti gerbong kereta api yang turun kejalan besar dan bisa bermanuver kesana kemari. Ada etika juga ketika saling berpapasan yaitu dengan cara pak kernet menyalakan handpon mininya dan melambai-lambaikan ke arah depan. Mungkin ini sebagai salam persaudaraan satu jalur kali ya, dan juga kasih jalan dari arah berlawanan ketika akan menyalip kendaraan. Ada beberapa kata-kata mutiara yang selalu diungkapkan oleh pak kernet ini. Diantaranya:

Point-point: Ini menandakan kalian harus siap jika badan kalian terdorong kedepan seketika atau kepala kalian membentur jok depan. Karena kode ini adalah kode keras ketika ada penumpang yang akan naik dari kejauhan dan dominic toretto siap injak pedal rem dalam-dalam untuk menghentikan bus ketika melaju kencang.


Press: Kode ini dilontarkan ketika bis ini menyalip dan berpapasan dengan kendaraan lain dari arah berlawanan. Kernet memberikan klu agar pak supir tetap melaju terus kedepan. Ini yang bikin nyawa kalian menjerit dalam diam, seakan - akan kalian dipaksa menerima kenyataan yang sangat mengerikan di depan mata kalian wkwkwk... tapi baki SK lovers ini adalah sensasinya...

Parkir : Kode ini diucapkan ketika akan menyalip tapi ada kendaraan yang parkir di badan jalan

Sek-sek : Kode ini adalah kode panik, karena penumpang dipaksa turun dengan cepat ketika sampai tujuan. ini yang kadang penumpang sering melontarkan sumpah serapah karena bus gak benar-benar berhenti ketika sampai tujuan. Alasannya jam mepet wkwkwk...

Ada tips tips ketika kalian ingin naik bis ini. karena bis ini cukup menghibur di jalan, maksudnya kalian gak bakalan bisa tidur karena segudang goyang dombretnya. Maka ada tips yang ringan untuk kalian terapkan sebelum menaiki bis ini.

Pertama, Jangan makan berlebih atau usahakan perut jangan sampai penuh dengan makanan. Makanlah sedikit saja agar perut kalian gak berasa seperti aqua galon yang terguncang hebat. Siap-siap aja deh minta kantong plastik ke pak kondektur untuk membuang kelebihan makanan.

Kedua, Perhatikan fisik bus. Semakin bagus body bisnya semakin nyaman kalian di dalamnya, karena jok masih empuk dan gak ada suara berdecit ketika melewati jalan yang gak rata.

Ketiga, Persiapkan uang pas. Karena kalo uang kalian gede ratusan ribu. Siap-siap deh kembaliannya entar. Parahanya kalo kalian ketiduran dan langsung turun tempat tujuan... ya ikhlas aja kembaliannya untuk beli rokok pak kondektur karena panik ketika turun bis. 

Keempat, Kalo bisa bawa jaket karena kadang AC disetel sangat dingin. Bonusnya jika kalian duduk bersebelahan dengan cewek, biasanya secara tidak sengaja bersandar dipundak kalian. Dan ketika kebangun selalu ada kata "eh maaf mas saya tadi ketiduran" ya lumayan dari pada ente bengong sendiri di bis wkwk...

Dan yang terakhir bawa masker, karena kadang orang-orang pada jorok buang sampah makanan di dalam bus. Kebayang deh ruangan ber AC campur dengan sampah kotoran. Dan dengan segala ceritanya bus sumber grup tetap memiliki fans fanatiknya tersendiri yang selalu menunggu aliran adrenaline ketika bermanuver di kecepatan tinggi dan menyalip. Awas naik bis ini bisa bikin kalian ketagihan dengan manuvernya. "Lek gak sumber yo gak marem".. Itu pepatah para pelanggan setia bus sumber group



   

Belum ada Komentar untuk "Bis Sumber Selamat Dirimu yang Dihina dan Dicinta"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel