Honda Vs Yamaha Mesin 4 Klep Siap Lawan Maxi Scooter

Seperti biasa, rival abadi yang daru dulu hingga sekarang gak pernah selesai bersaing untuk memberikan pembaharuan teknologi yang bikin konsumen jadi bingung milihnya.. Siapa lagi kalo bukan Honda vs Yamaha.. Duo maut ini suka bermain di area yang sama, seputar motor matic. Dari jaman dulu sampe sekarang gak pernah habisnya bersaing ngasih produk yang bermacam-macam. Sebetulnya saya juga bosan juga sih, karena dominasi hanya pabrikan jepun saja tapi belakangan ini sudah hadir pabrikan italia yang ikut nimbrung di jajaran kelas matic.

Baik honda maupun yamaha sudah memiliki hero nya masing-masing. Dari lini Honda ada beat,vario,PCX naik dikit ada FORZA.. dari lini yamaha ada mio,nmax,aerox naik dikit XMAX.. keduanya sama-sama memiliki point plus dan minus tersendiri bagi konsumen. Cuma sekarang honda lagi bermain soal korek mesin mas bro. Kemarin gambar paten yang bertebaran di internet soal teknologi klep yang cukup legendaris milik HONDA yaitu "VTEC" sempat digadang - gadang akan masuk di line up matic milik honda. Siapa yang tak kenal VTEC, mulai jaman FAST FURIOUS awal teknologi ini sudah menjadi teknologi yang cukup beken di kalangan tuning JDM bahkan VTEC itu sendiri diibaratkan semacam booster ketika kalian nge-bejek gas pol-pol an. Teknologi ini besar harapan bisa masuk untuk melawan VVA milik yamaha. Gak kaget sih jika yamaha telah lama pakai VVA karena sering banget yamaha kerjasama dengan toyota soal teknologi. Ambil contoh saja mobil toyota LEXUS LFA, pihak toyota bekerja sama dengan yamaha untuk membuat air ram / air intake yang khas agar suara raungan mesin menjadi berkarakter.

Kembali lagi soal gambar paten HONDA, kemarin ketika ada pameran di MILAN honda memperkenalkan line up produk yang sebetulnya sudah cukup lama ada yaitu honda SH125i dan SH150 kedua motor ini mengusung teknologi yang hampir sama. Dan standart sudah EURO 5, gak kebayang deh jika jadi dimasukin disini mungkin minimal pakai pertamax untuk minuman wajibnya. Dan ini yang cukup keren mas bro, mesin baru ini sudah memiliki 4 valve / 4 katub, sudah mirip dengan motor sport laki jaman sekarang. Harapan dijejali teknologi VTEC sepertinya ini masih absen tapi kabar gembiranya menurut beberapa media international mesin baru dari line up SH ini akan menjadi mesin baru kepada seluruh jajaran matic milik honda. Wah cabe-cabe an bisa makin liar di jalanan ini kalo BEAT udah pake 4 valve wkwkwk....



Mesin yang digunakan masih tetap SOHC (Single Over Head Camshaft) cuma sudah 4 katub. Memang tidak mengejutkan mengapa mereka memilih tetap di SOHC karena model SOHC ini sangat cocok untuk didaerah perkotaan yang stop n go, karena beban mesin cukup ringan untuk menggerakkan satu head camshaft saja. Perihal SOHC saya jadi ingat yamaha vixion yang menggunakan 4 klep tetapi tetap SOHC, dan mesin ini juga banyak diaplikasikan ke berbagai produk motor laki yamaha.

Yang baru dari SH ini yaitu adanya fitur traction control yang berguna untuk menjaga supaya ban belakang tidak selip. Entahlah fitur ini apa bener-bener berguna di indo jika line up matic diberikan fitur keselamatan seperti tranction control. Karena karakter orang sini yang doyan ngebut dan kalo bisa ada wheele nya sedikit istilahnya ban depan bisa keangkat dikit lah biar joss. So dengan adanya traction control, matic kalian dijamin alim banget. Kecuali traction control nya dimatikan, karena fitur ini gak sepenuhnya ON terus.

kodrat scooter matic ya wajib fungsional. Gambar diatas merupakan gambaran dimana posisi tangki ada dibawah yang membuat kapasitas bagasi menjadi lebih luas. Semoga posisi tangki dibawah tangki ini betul-betul diperhatikan, karena kalian tahu sendiri lah jalanan disekitar kita kalo hujan sebentar jadi sering banget banjir. Kalo lapisan tangkinya gak bener-bener bagus, siap-siap aja deh diserang karat karena asam dari air hujan. 

Jadi dari model yang akan diboyong kemari, sepertinya honda akan memberikan perlawanan lewat perubahan mesin dengan 4 klep ini mas bro. Berbeda dengan yamaha yang line up maticnya lagi obesitas semua. Penetrasi 4 klep ini bisa jadi sebuah percobaan dimana jika pembaharuan ini moncer dipasaran dan bisa diterima oleh banyak masyarakat tidak menutup kemungkinan mesin honda akan dijejali teknologi VTEC. Secara pabrikan honda gak mungkin langsung mencangkokkan seabrek teknologinya tanpa ada riset dilapangan. Bagi kalian yang ingin beli matic honda, tahan sebentar karena bentar lagi honda udah upgrade mesin baru.





Belum ada Komentar untuk "Honda Vs Yamaha Mesin 4 Klep Siap Lawan Maxi Scooter"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel