Review Eneos 0w20 Bikin Tarikan Juos


Kembali lagi dengan dunia per Oli-an, yang akan kita bahas kali ini yaitu oli Eneos. Oli asal jepang yang menyuplai oli untuk moto GP pabrikan yamaha. Oli ini sudah cukup terkenal dikasta per oli an jepang. Ada beberapa tipe yang dipasarakan di indonesia. Mulai dari yang mineral hingga full sintesis. Salah satu produk yang cukup fenomenal yaitu jenis ENEOS SUSTINA, karena klaim pabrikan bisa running hingga 15.000km dengan kondisi dalaman mesin tetap bersih. Kalau mau beli langusng lewat t*kopedia juga bisa karena oli ini cukup banyak tersedia di lapak online cuma ya harganya itu yang lumayan bikin kantong jebol. Saya tertarik dengan oli ENEOS ini tapi tidak dengan sustina, melainkan ENEOS SN dengan kekentalan 0W20. Harga seliter sekitar 90rb ini cukup ramah dikantong untuk oli yang full sintesis

0W20 ini sangat-sangat encer, jadi ketika kendaraan akan dipanasi di pagi hari suara mesin langsung auto halus. Ya logikanya semakin encer oli semakin cepat pula melumasi seluruh bagian mesin. Tetapi oli dengan kekentalan seperti ini rawan sekali terhadap penguapan, jadi pemilihan untuk oli ini harus diikuti dengan gaya berkendaranya yang jarang high rpm, kapasitas radiator yang cukup besar yang berguna untuk mendinginkan panas mesin. Selama ini dipakai di yaris 2007 matic yang notabene membutuhkan kekentalan oli 5w30, selama pemakaian 2500km masih belum ada tanda - tanda penguapan. Penggunaan hanya sekitar dalam kota.


Tarikan masih tetap enteng, konsumsi BBM 14.3 km / liter dan suara mesin cukup halus. Memang kelebihan transmisi matic konvensional pada mobil matic sangat smooth, perpindahan gear rata- rata berada pada rentang 2000 rpm. Sehingga cukup jarang terjadinya over rev atau istilahnya bermain pada rpm tinggi. Apalagi jika transmisi maticnya menggunakan CVT, perpindahannya bisa lebih halus lagi ketimbang matic konvensional. Kapasitas oli yaris ketika pergantian dengan filter oli kira - kira sekitar 3.7 liter. Karena seringnya beli galon ukuran 4 liter, maka terdapat sisa sekitar 300ml. Sisa yang tidak terpakai tersebut terakumulasi hingga 1 liter an. Barulah saya kepikiran untuk dituangkan ke si Mr. Black.  

Setelah beberapa waktu yang lalu si black minumannya oli 5W30 milik Fastron Gold kini giliran oli jepun yang wajib di coba oleh si blacky. Soal impresi oli 5W30 ini sudah saya bahas di artikel ini "pakai-oli-mobil-di-motor-matic" yang hasilnya lumayan memuaskan. Oli 0w20 setelah dituangkan dan motor dinyalakan suara idle nya cepet banget dari rpm tinggi ke rendah. Suara mesin ketimbang fastron 5w30 lebih halus. Tarikan stop and go dilampu merah lebih yahut. Setelah digunakan hingga 700km yang melewati jalanan bermacam - macam, setelah cek dipstick oli sedikit berkurang. Ini pertanda kurang baik mas bro. Akhirnya terpaksa saya ganti sebelum waktunya daripada entar kenapa napa si blacky. 

Beberapa poin yang saya dapat dari ENEOS 0W20 ini.
Poin Plusnya
- Tarikan lebih enteng
- Suara mesin lebih halus
- Konsumsi BBM lebih irit

Poin Minusnya
- Harus sering - sering cek dipstik karena kekentalan oli ini berda pada 0W20
- Gak cocok untuk touring jarak jauh karena dikhawatirkan oli menguap selama diperjalanan

Kalo yang suka ganti oli dikisaran setiap jarak tempuh 1250 km, mungkin oli ini masih recomended. Dalam beberapa bulan dengan jarak tempuh 1250km biasanya motor yang jarang keluar jauh. Jadi masih aman pakai oli ENEOS 0W20. Secara teknis radiator vario 150 ini cukup kecil, untuk meredam panasnya mesin dengan oli 0W20 saya rasa gak cukup baik, akibatnya oli akan mudah menguap karena over heat.  

Tapi jika ngebet mau pakai OLI 0W20 yang yahut, bisa pakai oli UNIL OPAL yang 0W20. Oli asal prancis ini cukup rekomended bagi kalian yang sudah terlanjur jatuh cinta dengan kekentalan 0W20 tetapi bisa dipakai hingga lebih dari 3000km di motor kalian. 
So pemilihan oli tergantung kebutuhan kalian mas bro. Jika ingin membeli OLI lewat via online sudah saya rangkum dalam link diskripsi diblog ini "OFFICIAL STORE OIL" juga terdapat beberapa deretan spesifikasi khusus oli matic di link ini Oli matic terbaik 2019



Belum ada Komentar untuk "Review Eneos 0w20 Bikin Tarikan Juos "

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel