Keunggulan dan Kekurangan Samurai Paint


Di musim kemarau gini panas matahari lumayan menyengat, selain tubuh sering dehidrasi aktifitas diluar juga membuat suhu tubuh semakin meningkat, panas dan tiba-tiba hujan membuat tubuh kita gampang sakit. Itulah sekelumit jika kita terpapar cuaca yang tidak menentu mas bro, ngomongin paparan cuaca yang kadang panas dan hujan pasti kalian sering sekali melihat lampu motor / mobil kita yang menguning. Warna kuning tersebut hasil dari terpaparnya panas dan hujan secara terus menerus.  

Diluaran sana kita kadang abai terhadap cara menyimpan kendaraan kita. Asal parkir meskipun ada tempat yang teduh kita pilih cepatnya dan memilih ditempat terik matahari, kepanasan dan kehujanan membuat warna cat kendaraan kita menjadi buram. Apapun coatingnya pada cat kendaraan kita, tetap saja cat kendaraan tidak akah tahan terhadap sinar matahari dan asam pada waktu hujan. Jadi pintar pintarnya kita saja untuk merawat kendaraan kita. Yang akan kita bahas kali ini, seputar cara mengembalikan warna kaca yang menguning pada lampu kendaraan. Karena seiring berjalannya waktu warna kuning ini sebagai penyebab tidak terangnya lampu dimalam hari. Bukan lampu atau kelistrikannya yang bermasalah tapi lebih pada tingkat kejernihan mika / kaca tersebut. Karena sering terkena panas / hujan kaca lampu akan jadi menguning dan retak, efeknya cahaya lampu tertahan dan tidak bisa menyebar. 

Untuk poles lampu diluaran sana sekitaran 250rb untuk mobil jepang dan 500rb untuk mobil eropa kalo untuk motor mungkin lebih murah. Cuma penulis mencoba untuk memberikan pengetahuan dengan DIY (Do it Your Self). Kerjakan sendiri supaya mendapatkan hasil yang diinginkan. Ada beberapa alat yang harus dipersiapkan diantaranya :

- Samurai Paint Clear (2K1) harga sekitar 100rb
Mengapa harus samurai paint ? karena samurai paint ini terdapat banyak kelebihan yang tidak dimiliki cat semprot kalengan lainnya. Samurai paint memiliki nipple atau ujung cat semprot yang lebih halus ketimbang produk lainnya sehingga ketika cat disemprotkan hasil yang diperolah sangat halus, miriplah dengan spray gun 250rb-an yang ada dipasaran. Terdapat hardener atau larutan pengeras yang bisa membuat cat clear menjadi lebih solid dan bening. 

- Amplas halus grade 1000 keatas
Karena semakin halus amplas, maka semakin merata pula cat yang dapat menempel di kaca yang akan disemprot

Kain, plester dan jangan lupa masker untuk menutup hidung ketika menyemprotkan spray. Kalo ditotal kurang lebih kalian ngeluarin budget sekitar 110rb lampu depan sudah kembali cerah.

cara penggunaan cat semprot samuari paint ini tidak sama dengan cat semprot lainnya. Tapi kalian tidak usah bingung karena ada buku panduan didalamnya ketika kalian membeli. Intinya sebelum penyemprotan jangan lupa hardner juga ikut dicampur mas bro. 



Amplas halus merata hingga terlihat buram. Seperti ini :


Setelah proses pengamplasan selesai, tata rapi kain penutup keseluruh bagian depan mobil. Jangan sampai ada yang terlewat. Karena jika sampe ada yang tidak ditutup dikhawatirkan akan terjadi tertempelnya butir-butir cat yang halus ke body dan kaca kendaraan. Sebelum proses penyemprotan pastikan lampu benar-benar bersih dan kering.  Proses penyemprotan bisa dilakukan 3x pelapisan dengan jeda 10 menit disetiap penyemprotan agar tiap kali penyemprotan selesai ada jeda waktu untuk mengering.

   
                                      Before                                                               After
                         
hasil yang diperoleh cukup memuaskan. Cuma memang kita harus repot untuk mengamplas, menata kain untuk menutup bagian-bagian kendaraan. Jika gak pengen ribet kalau bisa sih dilepas aja lampunya mas bro, itu malah lebih gampang pengerjaanya. So dengan budget minimum kalian bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Reminder, cat semprot samurai paint ini hanya bertahan 4 jam jika sudah digunakan. Karena hardener telah tercampur jadi satu dengan clear coat nya. Setelah proses pengerjaan selesai diamkan minimal 1 hari agar cat betul-betul mengering. Selamat Mecoba..

Belum ada Komentar untuk "Keunggulan dan Kekurangan Samurai Paint"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel