Kawasaki W 175 TR Cara W - Series Membangun Brand Image



Motor kawasaki terdiri dari beberapa keluarga mulai dari ZX dengan aura balap, KLX dan KX dengan aura crossnya, Z series dengan aura bengis dan varian nakednya,  W series dengan dengan keluarga macho elegan dan lambang suatu pilihan yang gak labil menurut penulis. Beberapa deretan motor kawasaki memang mengeluarkan beberapa varian supaya konsumen bisa dengan mudah memilih karakter motor seperti apa yang diinginkan.

Melansir berita terbaru beberapa hari yang lalu tentang peluncuran dari keluarga W series yaitu seri W175 ada beberapa hal yang cukup menarik yang penulis ingin sampaikan. Berawal dari peluncuran pada tahun 2017 lalu kawasaki sudah membuat beberapa varian warna beserta varian pelengkapnya yang sejak zaman dahulu ada yaitu varian SE ( Special Edition ). Asal muasal SE ini memang ada yang hanya secara tampilan saja perubahannya tetapi juga ada secara performa memang beda. Seperti contoh kawasaki ninja 250 yang varian SE dengan muffler Nassert Beet. Saat ini sangat jarang ditemui kawasaki SE NB yang masih utuh dengan knalpotnya. Karena knalpot original jepang tersebut sudah jadi barang antik yang diperjual belikan oleh penggunanya. Sehingga jika menemukan knalpot tersebut memang bisa menaikkan performa ninja tanpa dirubah apapun. Knalpot ini memang didisain oleh Nassert Beet khusus untuk ninja 250.



Ngomongin W series, sejak peluncurannya perdanya beberapa waktu lalu kawasaki telah  menambahkan varian W175 dengan tema Cafe dengan lampu yang diselimuti semacam topi serta jok belakangnya mirip dengan ekor lebah. Tak sampai disitu baru - baru ini kawasaki mengenalkan produk terbarunya lagi yaitu seri W175TR. Artinya motor kawasaki W 175 dengan tampilan motor trail. Sebetulnya apa tujuan dari kawasaki W series ini mas bro?

Kalo penulis urut mulai dari awal peluncurannya kawasaki ingin bermain dikelas retro lebih serius. Hal ini terbukti dengan meluncurkan beberapa varian W 175 dengan berbagai macam tampilan. Mulai dari SE, CAFE hingga TR. Tujuann apa? bisa dibilang ini pemerataan produk dan ingin tampil dominan di pasar aliran retro. Saat ini siapa lawan kawasaki dikelas retro? jawabannya masih belum ada. Jadi ini kesempatan emas bagi kawasaki untuk mengenalkan produk kepada konsumen tentang keluarga W seriesnya. Pengenalan Brand image ini mirip dengan KLX Series dan juga Ninja 250 series. Mereka melakukan penetrasi pasar secara terus menerus ketika rival yang lainnya tidak bermain di kelas tersebut. 

Yang diingat konsumen ketika ditanya soal motor trail paling mudah dijawab  KLX sedangkan jika ditanya perihal motor berfairing besar kemungkinan jawabannya ya Ninja 250, semudah itu konsumen dalam mengingat ketika suatu produk tertancap dibenak pikiran konsumen. Kini giliran nama W175 yang ingin dibesarkan oleh kawasaki dimata konsumen. Saat ini W175 masih belum memiliki rival dikelas retro, satu - satunya peluang terbesar untuk melawan W175 ini adalah si pabrikan garpu tala. Motor retro tersebut adalah Yamaha XSR155 yang saat ini sudah meluncur di Thailand. XSR 155 mengusung tema retro bike tapi dikelas modern, karena XSR mengusung mesin R15 dengan segudang teknologinya.

Tapi meskipun yamaha ingin mendatangkan XSR 155 kesini, jangan sampai kejadian R25 terulang kembali. Karena efek gimmich power yang tidak sesuai dengan data ketika di dyno test membuat para konsumen "merasa" dibohongi.   

Jika kawasaki tidak segera memperbanyak varian W175 nya maka tidak menutup kemungkinan wilayah pasar retro bike akan dilahap oleh yamaha XSR 155. Menurut saya dengan bandrol diatas 27 juta kawasaki memberikan produk W 175 yang versi biasa ini ya biasa saja. Piringan cakram kecil, rem belakang tromol, lampu bohlam semua, pembakaran masih karburator dan uniknya tidak ada meteran bensinnya. Kalau saya disuru milih dengan uang 27 juta saya bisa pastikan memilih Scorpio 225 atau honda tiger revo yang saya modif retro. 

Tetapi disinilah W175 menjadi brand image yang unik. Kebanggaan para konsumennya dengan tema "RETRO"  ini lambat laun akan mulai menancap dipikiran konsumen dengan berbagai fitur zaman dulu nya. Jadi kawasaki ingin mempertahankan fitur - fitur zaman dahulu untuk digunakan pada zaman motor injeksi sekarang ini. 

Kembali soal pemilihan siapa konsumen W 175 ini adalah orang yang paham soal motor. Karena diluaran sana bagi para pemula biasanya ingin motor yang cepat, tampilan ok dan pasti harga jual kembali sudah terjamin. Menurut konsumen mengapa orang membeli W 175 karena orang ini ingin santai. Santai disini memiliki arti yang luas. Santai karena gak mungkin W175 ini mau main full speed di jalanan umum. Layaknya W175 ini dibawa jalan - jalan santai waktu malam minggu. Santai karena minin perawatan. Pembakaran yang masih mengandalkan karburator semua bengkel pasti bisa, seandainya mau dibongkar sendiri pun pasti juga bisa. So gak perlu alat - alat semacam injector cleaner. Cukup obeng, kuas, dan bensin karburator bisa bersih kembali. 

Loyalis kawasaki ingin membangun brand image W series semakin ter-organisir dengan berbagai macam varian produknya. So peluncuran produk W175TR ini adalah langkah maju teratur kawasaki demi menguasai pasar aliran RETRO BIKE

Belum ada Komentar untuk "Kawasaki W 175 TR Cara W - Series Membangun Brand Image"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel