Tips Membersihkan Busi Dengan Aman



Kegiatan bersih-bersih ruang bakar sebetulnya tidak terlalu diperhatikan bagi sebagian orang karena memang alat yang digunakan untuk membersihkan seperti piston dan ruang intake membutuhkan alat-alat yang cukup lengkap dan juga tidak semua orang bisa dengan mudah untuk membongkar pasang jalur pembakaran. Kebanyakan mereka lebih memilih dengan jalan yang simple yaitu dengan memasukkan cairan pembersih pada tanki kendaraan dengan harapan semua jalur pembakaran bersih. Hal tersebut sah-sah saja jika memang cairan pembersih tersebut tergolong ampuh untuk merontokkan kerak - kerak di ruang bakar. 

Salah satu  komponen pada ruang bakar yang bentuknya kecil tapi efeknya cukup besar adalah busi. Bahasa kerennya spark plug dan macamnya cukup banyak. Berdasarkan pengalaman saya cara membersihkan busi dengan sikat kawat dan mengatur celah gap membuat busi saya minta adek. Alias harus beli baru karena ujung pemantiknya patah, padahal busi saya tergolong busi standart bukan iridium dan tidak sampai 5000km jarak pakainya. Memang masih menjadi perdebatan cara membersihkan barang yang satu ini serta mengatur celah gapnya.

Sampai akhirnya kawan saya bercerita pistonnya tiba - tiba macet ketika motornya dipakai. Untungnya cuma dideket rumah, setelah dibongkar ternyata ujung busi yang melengkung atau bisa disebut juga ground electrode patah dan masuk melukai klep dan piston. Teman saya memang biasanya membersihkan busi menggunakan sikat kawat dan mengatur celah gap busi, bisa jadi karena terlalu kuat dan sering membengkok bengkokan ground electrode membuat jalur patahan yang tidak terlihat.

Terjadinya serpihan ujung busi masuk keruang bakar besar kemungkinan karena memang busi harus menyalurkan puluhan ribu volt dari koil menuju mesin dan membuat panas busi menjadi meningkat. Apalagi ujung gap busi paling sering menerima panas tinggi. Bisa jadi karena terlalu sering mengatur gap busi akhirnya ujung busi menjadi patah karena panas tinggi.

Belajar dari kawan saya, sampai hari ini saya punya trik khusus untuk membersihkan busi yang kotor. Yaitu dengan cara ujung busi tersebut direndam ke dalam larutan carburator cleaner atau disemprot langsung juga bisa. Setelah kotoran rontok barulah dibersihkan dengan kain yang cukup kasar, maka semua kotoran yang ada pada bagian ujung busi bisa mudah dibersihkan.

Soal pengaturan celah gap busi saya lebih memilih untuk mengganti secara periodik. Menurut saya cara ini lebih aman daripada harus mengotak-atik ujung celah busi yang beresiko ujung busi patah dan masuk ke ruang mesin.  Jadi urusan membersihkan busi itu gak seberapa merogoh kocek yang dalam, parahnya jika serpihan tersebut masuk ke dalam ruang bakar dan bikin piston, klep jadi rusak bisa runyam deh ceritanya.












Belum ada Komentar untuk "Tips Membersihkan Busi Dengan Aman"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel