Adiktif oli ditahun 2020 ini semakin mantap


Seperti sebelumnya yang pernah saya bahas di artikel Tingkatan addiktif dan oli matic di tahun 2020 sertifikasi addiktif oli mesin sudah mencapai tahap yang lebih tinggi. Teknologi adiktif  yang terakhir yaitu API SN+ dan sekarang telah dimutakhirkan lagi menjadi API SP. Standart terbaru ini karena kedepannya kendaraan akan menggunakan hybrid hingga full elektrik, sehingga membutuhkan pelumas yang lebih baik. Disisi lain pada umunya perusahaan otomotif ingin memfokuskan pada performa kendaraan dengan cara memperkecil kubikasi silinder tetapi memiliki power yang besar dengan ditambahkan turbo charge. Penambahan turbo charge harus disandingkan dengan kekentalan oli, addiktif oli yang tepat. Karena sifat dari mesin yang memiliki turbo charge ini sangat panas maka oli yang baik merupakan salah satu pendingin yang tepat. Lalu apa hubungannya dengan roda dua mas bro?

Banyak, karena selain difokuskan untuk kendaraan roda empat. Standarisasi API SP ini mencakup beberapa hal :

Pertama, Perlindungan terhadap keausan mesin dan rantai timing. Ini penting karena sebagian besar kendaraan masih menggunakan timing chain untuk penggerak didalamnya. Sehingga menjadi kabar gembira selain dapat melindungi keausan seluruh mesin tetapi juga fokus terhadap untuk melindungi keausan timing chain

Kedua, Perlindungan terhadap pre-ignition. Perlindungan ini sangat dibutuhkan karena tidak semua negara memiliki kualitas bahan bakar yang baik sehingga dibutuhkan pelumas yang dapat melindungi piston dari kerusakan nggelitik yang terus menerus. Meskipun saat ini terdapat sensor yang dapat secara otomatis memundurkan timing pengapian tapi saya rasa jika dibantu dengan pelumas yang memiliki fitur ini akan terasa lebih baik.

Ketiga, Perlindungan ini sebetulnya sudah terdapat di standart SN dan SN+ seperti. Perlindungan terhadap endapan sisa pembakaran, pengentalan oli, emisi gas buang, perlindungan anti karat, kontrol terhadap penguapan oli.

Semua aditif ini sangat berguna ketika dituangkan kedalam mesin kendaraan kita. Jadi sebelum membeli oli kalian harus paham dulu spesifikasi apa yang dibutuhkan untuk mesin kalian. Karena pemilihan adiktif oli ini berpengaruh terhadap klep, noken as, kruk as, dan semua bagian mesin. Dibuku panduan kendaraan biasanya tertulis rentang kekentalan oli apa yang disarankan serta adiktif apa yang disaranakan. Apakah SJ,SM atau SN.. Semua itu tergantung dengan pilihan kalian mas bro.

Belum ada Komentar untuk "Adiktif oli ditahun 2020 ini semakin mantap"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel