Mengenal apa itu backfire pada Kawasaki ZX-25R

Picture by Kawasaki Indonesia

Dari beberapa tahap modifikasi yang ada di website kawasaki, modifikasi yang cukup menarik bagi saya yaitu seputar pergantian knalpot itu sendiri.  

Kawasaki Indonesia

Dari video diatas menunjukkan suara mantap dari 4 silinder yang saling mengisi sehingga bersuara mirip lebah, nguooooong....... Beberapa saat setelah gas di betot - betot, muncullah suara letupan api dari knalpotnya ketika gas dilepas. Ya itu adalah back fire...

Dalam hal teknisnya terjadinya ledakan pada knalpot ketika rpm mesin diturunkan biasanya pada motor yang masih menggunakan pembakaran karburator terdapat indikasi karburator kebanjiran atau businya eror hingga timing pengapian yang bermasalah. Tapi dengan pengaturan debit campuran udara dan bahan bakar biasanya masalah ini sudah selesai. Berbeda dengan motor dengan sistem injeksi

Pada motor yang sudah menggunakan pembakaran injeksi kalau dulu dengan cara menutup lubang AIS supaya tidak nembak, tapi ninja 250 yang lama masih belum menggunakan catalis converter atau istilahnya rumah tawon. More information catalis converter ini berguna untuk memperbaiki gas buang kendaraan bermotor menjadi ramah lingkungan karena itu merupakan kesepakatan untuk pengaturan gas buang berstandart EURO, paham kan? mengapa ninja 2 tak harus disuntik mati.... ya gara - gara regulasi EURO ini mas bro. Menurut pendapat saya pasar 2 tak kawasaki lebih mengarah ke motor trail atau keluarga KX karena pangsa pasar motor garuk yang rata - rata hobbies, maka mereka tak akan tanggung-tanggung untuk memodifikasi motor trailnya. Dan sekedar informasi, 2 tak didunia trail masih menjadi primadona bagi kalangan off roader. 

Kembali lagi mengapa ZX-25R ketika diganti knalpot langsung meletup - letup mengeluarkan api dari knalpotnya. Faktornya banyak mas bro, bisa karena catalis converternya dilepas, timing pengapian, timing penyemprotan injector, pengaruh busi dan masih banyak lagi. Tapi ketika dijalan untuk show off / ajang pamer sepertinya masih OK buat bocil - bocil. Disinyalir diharga 100jutaan peminat ZX-25R ini tidak menutup kemungkinan para bocil - bocil yang ingin naik kelas dari motor 250cc 2 silinder.

Jadi selama belum ada peraturan tentang tata tertib berkendara yang mengatur tingkat polusi EURO pada kendaraan bermotor maka pergantian knalpot ini masih tergolong aman. Berbeda jika hal ini sudah diterapkan dijalanan, maka pengerajin knalpot dipurbalingga pun harus memiliki sertifikasi EURO untuk membuat knalpot aftermarket.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal apa itu backfire pada Kawasaki ZX-25R"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel