Honda Absolute Revo sesuai dengan namanya di Gunung Bromo


Selain Honda GL PRO ada satu lagi motor perkotaan yang habitatnya ada di gunung. Yaitu honda absolute revo 110 lansiran tahun 2010. Ini dibilang bebek tapi bukan bebek biasa karena sejati bebek itu bukan seperti kuda yang bisa membawa beban berat melewati tanjakan atau turunan curam. Bebek ya hanya untuk pekerja ringan di dalam kota. Berbeda hal dengan absolute revo 110 ini, di Gunung bromo lebih terlihat seperti geng motor karena hampir semua petani punya motor ini. Biasanya diperuntukan untuk ke kebun yang butuh motor kecil ringan lincah tetapi tetap bertenaga. Berikut beberapa penuturan beberapa petani disana yang saya ajak diskusi, kenapa harus REVO 110? kenapa gak pake vega, jupiter, smash dan masih banyak lagi produk line up kelas 110 cc.

Alasan pertama, absolute revo ini bagi mereka udah mirip supra X lawas yang dibikin lebih enak. Enak dalam artian jok gak terlalu besar sehingga ketika membawa rumput untuk pakan ternak gak mengalami kesulitan ketika melewati rerumputan di sela-sela ladang. Jok besar bagi mereka gak nyaman karena dimensi terlalu lebar. 

Alasan kedua, yaitu mesin. Ya saya juga bingung padahal vega itu udah ada 115cc, supra X 125cc dan masih banyak pilihan motor dengan kapasitas mesin yang lebih besar karena dibanding dengan harganya sudah hampir mirip antara revo dan vega tapi petani lebih memilih revo. Mereka berpendapat bahwa standart bawaan revo nafasnya enak untuk nanjak meskipun bawa beban berat. Mirip dengan GL PRO kata mereka tetapi revo lebih lincah lebih nyaman untuk bermanuver di kelokan ladang yang sempit dan pendek. Kalau GL PRO kata mereka lebih cocok melibas jalan aspal dengan tanjakan yang cukup panjang. Memang gak dipungkiri kalo karburator GL PRO dan keluarga GL honda udah punya sistem Trancient Power Fuel Control dimana fitur ini bekerja ketika gas dibuka secara tiba - tiba atau bisa dikatakan supplai angin didalam karburator tiba - tiba menjadi banyak Maka katup ini bekerja untuk menyemprotkan bensin tambahan. Itulah kenapa GL PRO semakin di gas besar tenaga semakin jos mesin mampu melaju ditanjakan tanpa kehabisan nafas. 

Kembali lagi mengapa honda revo karena dia kecil,ramping,lincah tapi tenaga gak malu malu in pas lagi nanjak. Memang ketika kita menanjak bukan soal power dan torsi yang besar tetapi gas yang diputar menghasilkan putaran ban yang konstan untuk menanjak. Hal itu diperlukan ketika kita melewati medan tanah berlumpur licin atau bebantuan krikil agar terhindar dari ngepot, spin atau ban hanya berputar ditempat karena power dan torsi ketika gas dibuka output nya kegedan. Mungkin bisa disebut ini adalah fitur crawling atau merayap yang biasa digunakan mobil off road toyota. Tetapi crawling ini dioprasikan secara manual oleh petani dengan tenaga nasi pecel wkwkwk 

Alasan ketiga, minim fitur dan teknologi. Hal ini yang membuat revo ketika rusak berat bahkan kehabisan oli mekanik bengkel hampir semua bisa menanginnya. Karena model mesin yang jadul dan mudah untuk dioprasikan. Banyak persamaan spare part dengan supra X maupun kharisma membuat motor ini gak nginep di bengkel hingga ber minggu-minggu kalo sampe turun mesin.

Alasan keempat, posisi berkendara yang nyaman. Menurut mereka setir honda revo ini lebih tinggi. Lebih tinggi ini maksudnya ketika jok belakang membawa beban banyak berat yang mengharuskan pengemudi maju kedepan tapi pergelangan tangan dan lengan tidak menerima beban yang besar dari barang bawaan yang belakang sehingga mereka masih tetap dengan mudah berbelok kanan-kiri dan mengendalikan motornya

Alasan kelima, irit. Ya jangan ditanya dari dulu motor HONDA ya identik irit. Meskipun knalpot dibikin racing paling pengaruh ke konsumsi bbm cuman sedikit. Alasan mereka wajib ganti knalpot yang lebih keras agar orang yang akan disalip di depannya lebih memperhatikan dan ketika dihutan sebagai pertanda kalo mau ada motor lewat.

Terakhir nama Absolute yang artinya mutlak memang bisa membawa REVO hingga tinggal di daerah pegunungan. Kalo motor gak enak dan merepotkan penggunanya sudah pasti REVO gak bakalan diterima oleh petani. Jadi akhirnya saya mengerti arti mutlak ini bisa dikatakan mutlak hidup digunung wkwk

Semuanya revo racing


Belum ada Komentar untuk "Honda Absolute Revo sesuai dengan namanya di Gunung Bromo"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel