Oli Honda SPX dan MPX gak cocok untuk motor yang sering high rpm or red line


Kedua oli jenis oli punya kekentalan diangka 10W30 dan sudah saya coba di 4 unit crf standart yang sering maen lumpur itu hasilnya kurang memuaskan. Dalam kurun waktu interval 2 bulan yang dipakai setiap weekend dan itu sering geber rpm tinggi ketika dijalur si belalang tempur udah mirip dracula penyedot darah. Kenapa harus geber tinggi? karena ketika dihutan pas kita kejebak seringnya kita main rpm tinggi supaya bisa lolos atau membutuhkan mementum yang baik agar kuat melewati tanjakan. Pakai oli 10w30 ini bikin CRF 150 mirip kasus vixion setelah kode mesin 3C1 atau vixion keluaran diatas tahun 2013. Rata - rata haus darah atau haus oli. Dipakai maen lumpur geber rpm tinggi kejalur 6x maen rata - rata udah kurang 100ml. Kebayang enggak sih harus sering sering bongkar baut oli pembuangan hanya demi untuk mengecek volume oli.

Bisa anda tebak gimana nasibnya mesin kalo udah kurang oli. Kalau dipakai dijalan datar yang itu hanya push and glide mungkin gak bakal terasa. Tapi kalo udah sering maen di Rpm tinggi suara mesin bisa lebih nyaring ketimbang suara omongan tetangga wkwk karena ada beberapa bagian part yang tidak terlumasi. Lama kelamaan ya brojol juga mesinnya. 

Bukan saya menjelekkan kedua oli ini tapi bagi saya oli MPX dan SPX ini oli lebih cocok untuk pemakaian sehari dengan rute singkat dan tingkat kemacetan yang ringan bisa dibilang daily use lah.. Kalo ente suka maen lumpur atau kebiasaan sering putar gas mentok tiap gigi sampe limit sambil caper mending pake oli yang lebih baik lagi. Rata - rata mesin yang sering digunakan untuk bekerja berat dalam artian mesin cukup sering bermain di Rpm / putaran tinggi membutuhkan pelumasan yang bagus ketika mesin mengalami panas tinggi. Secara umum mesin dengan panas tinggi membuat oli bisa cepat menguap. Pake spek 10w40 bisa agak mendingan penguapannya. Kalau ada duit lebih pake merk I*ONE itu udah joss gandos. Spek 10w60 udah memiliki kemampuan ketahanan panas tinggi. Digeber hingga redline terus menerus no problem yang ada tangan ente sendiri yang letoy karena sudah gak sanggup mlintir gas. 

Jadi bijaklah dalam memilih oli untuk motor kalian. Misal pengen punya motor trail supermoto versi hemat ya pake SPX dan MPX, Besok masuk jalur langsung ganti spek 10w60.

Pengecualian untuk motor yang sering main geber - geber tapi berpendingin radiator. Mesin dengan berpendingin radiator biasanya lebih cepet mendinginkan panas mesin otomatis panasnya oli bisa cepat didinginkan. Tapi ya tetap saja kualitas air radiator / coolant harus diisi yang berkualitas yang cepat menurunkan panas mesin. Bukan diisi air ledeng atau gak pernah dikuras samasekali.

Belum ada Komentar untuk "Oli Honda SPX dan MPX gak cocok untuk motor yang sering high rpm or red line"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel