Cara agar usia aki kering lebih awet daripada klaim pabrikan

Aki pada motor yang sudah menggunakan dinamo stater kondisinya wajib sehat. Dengan adanya aki motor stater bisa memutar poros engkol. Hal ini mempermudah ketika kita dalam keadaan sulit harus mengengkol kendaraan maka dengan adanya dinamo stater masalah ini teratasi. Seiring dengan kemajuan teknologi kini motor yang beredar dipasaran sudah hampir seluruhnya menggunakan sistem injeksi yang diprogram oleh ECU(electronic control unit) mungkin bisa dibilang CDI. Nah sistem injeksi biasanya sudah menggunakan throttle body untuk menggantikan pembakaran dengan karburator. Throtte body ini cara kerjanya sama dengan karburator tetapi berbasis sensor elektronik semua. Mulai dari jumlah supply bahan bakar yang dibutukan, perhituangan jumlah pasokan udara, perbandingan campuran udara dan bbm dan masih banyak lagi. 

Semua sensor ini sudah wajib memiliki kelistrikan yang normal dan stabil agar semua bekerja dengan baik. Maka dari itu Aki adalah salah satu sumber pasokan listrik utama selain magnet spul pengisian. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan agar aki bisa lebih awet lebih lama masa pakainya.

Biasakan ketika motor telah berhenti lama, mungkin parkir dirumah semalam atau parkir diparkiran motor dari pagi hingga malam biasakan menyalakan motor dengan cara mengengkol atau kick stater hal ini berguna agar aki setelah cukup lama berhenti setelah menyimpan arus tidak butuh mengeluarkan arus besar untuk memutar poros engkol. Aki dalam kondisi dingin membutuhkan kekuatan yang besar untuk memutar poros engkol. Jika kita menyalakan lewat double stater atau electric stater hal ini akan membuat kinerja aki cukup berat. Sedikit info setiap aki memiliki spesisfikasi selain amper dan voltase terdapat istilah CCA (Cold Cranking Amper) gampangnya ini sebuah kemampuan aki ketika dalam kondisi dingin seberapa besar dia mengeluarkan daya untuk memutar poros engkol. Biasanya nilai CCA semakin tinggi maka akan semakin mahal harganya. CCA dengan nilai tinggi sangat mudah memutar poros engkol dan menyalakan mesin. Makanya ketika anda membeli aki tanyakan pula berapa besar CCA nya. 

Kembali lagi soal electric stater, dimana secara tidak langsung anda akan mengurangi masa usia pakai aki karena terlalu sering digunakan diwaktu kendaraan berhenti cukup lama. Selama kendaraan masih terdapat kick stater maka gunakanlah. Selain berfungsi untuk mengurangi beban kinerja aki juga sekalian olahraga kaki. Aki kering yang rata - rata usia pakainya 2 tahun lebih dikit, dengan perlakuan sepele seperti ini aki kering bisa tahan hingga 5 tahun. Kalo dihitung kita gak butuh modal sama sekali jika ingin aki kita lebih awet. Cukup pakai kick stater sudah bikin awet.

Selain itu setiap servis 10rb km juga perhatikan kutub aki positif dan negatif. Jika berjamur silahkan siram air hangat dan lumasi menggunakan grease sedikit agar tidak berjamur kembali. Karena jika salah satu kutub berjamur maka kelistrikan akan ternganggu. Baik itu pengisian dari spul ke aki maupun output ke komponen kelistrikan. 

Semakin hari saya lihat motor saat ini sudah menghilangkan kick stater hal ini gak bisa dipungkiri karena cost production cuma bagi saya ini jelas merugikan konsumen. Dengan dihilangkannya fitur kick stater mau setiap pagi ketika warming up kita harus menekan electric stater hal ini membuat usia pakai aki jadi berkurang cepat, otomatis kita juga harus mempersiapkan uang untuk membeli aki lebih cepat juga. Berbeda dengan motor sport yang jarang ada kick stater-nya, karena jarang digunakan biasanya aki dilepas setelah pemakaian atau sering dicas ketika jarang digunakan. Perlakuan ini cukup ribet tapi awet untuk aki.

Seperti fitur idling stop yang mematikan mesin ketika tidak ada tarikan gas selama 3 detik. Mungkin tujuannya irit. Memang benar ke bensin lebih irit. Tapi tidak dengan aki, kalau mungkin kita hanya kena macet sebentar seperti lampu merah masih ok lah. Tapi kalau macetnya panjang dan terus menerus aki bisa tekor karena dia harus berkali-kali menyalakan mesin.

Belum ada Komentar untuk "Cara agar usia aki kering lebih awet daripada klaim pabrikan"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel