Cek Bagian ini ketika ingin meminang motor trail bekas




Namanya manusia rasa bosan itu pasti ada. Apalagi menyangkut hobi naik motor. Kadang kita bosan naik motor matic terus, kadang juga kita bosan selalu posisi menunduk karena naik motor sport fairing. Maka beralihlah ke genre motor trail advanture. Tapi kondisi gak pingin beli baru, cuma ingin tukar tambah sementara. Nah berikut akan saya ulas beberapa bagian yang mungkin bisa membantu kalian dalam memilih motor trail dengan kondisi yang masih baik.

Mesin. Cara yang paling mudah adalah dengan cara menutup knalpot selama beberapa detik ketika mesin masih menyala. Cara ini cukup efektif untuk mengetahui seberapa kasar suara mesin. Suara sekecil apapun didalam mesin pasti terdengar berisik ketika mesin menyala tapi knalpot ditutup. Terdengar seperti klep kendor atau ada suara-suara besi saling beradu, semuanya pasti terdengar. Setelah digeber sedikit maka kalian juga bisa mengecek telapak tangan kalian. Apakah ada bekas oli atau tidak. Karena jika ada bekas oli dikhawatirkan ring piston sudah lemah. Jadi oli merembet keatas blok mesin.


Busi. Minta owner untuk melepas busi, atau semisal ingin repot sedikit cukup bawa kunci busi sendiri dari rumah. Jika penampakan busi gosong atau merah bata yang menandakan boros atau terlalu irit hal ini bukan menjadi masalah. Fokus pada ujung elektroda busi ini apakah basah atau tidak. Ketika ujung elektroda busi basah terkena bensin cukup dibiarkan beberapa detik pasti mengering dengan sendirinya. Tetapi jika basah karena oli, ini patut diwaspadai karena bisa jadi ring piston lemah atau piston yang sudah baret parah. 


Velg. Usahakan memilih dengan kondisi velg yang masih original dan dengan cat yang tidak banyak terkelupas. Seandainya velg berwarna silver, silahkan perhatikan dibibir bagian velg. Apakah terdapat banyak goresan atau tidak. Jika terdapat banyak goresan sebaiknya urungkan niat, karena bibir velg yang terlalu banyak goresan berarti motor ini sangat sering diajak buat trabas di jalur ekstrem yang bebatuan sehingga membuat pinggiran velg terdapat banyak goresan yang cukup dalam


Carter mesin. Sebaiknya pilih motor trail yang tanpa menggunakan pelindung mesin atau engine guard. Tujuannya agar kita bisa melihat kondisi fisik carter kopling dan carter magnet tidak mengalami banyak goresan yang cukup dalam. Karena goresan yang terlalu banyak dan dalam hal ini indikasi motor sering diajak ke jalur yang cukup dalam sehingga sering mentok ke carter mesin.

Foot step dan pedal. Pastikan dalam kondisi yang masih bagus. Jangan pilih yang peyok atau bengkok. Biasanya kalo sering dibuat trabas jalur eksterm kaki foot paling sering dan rawan kena duluan

Body. Usahakan beli yang masih belum pernah di decal. Karena jika ada patah pada body dengan decal bisa tertutupi. Coba tarik-tarik perlahan di beberapa bagian seperti batok lampu, selebor depan belakang, sayap samping kiri kanan. Biasanya jika ada yang pecah pasti akan terlihat. Karena lumayan juga kalo harus beli body original.

Tombol panel. Coba di test tombol klakson, lampu sein, lampu dimmer, kill switch engine, stater pastikan semuanya berfungsi dengan baik dan normal 

Speedometer atau indikator digital. Pastikan tidak mengembun dan semua terbaca dengan normal. Karena biasanya motor trail yang habis terkena banjir biasanya berembun karena kemasukan air. Kalau ganti speedo meter itu murah. Tapi ada masalah lainnya seperti kondisi jeroan mesin yang habis kebanjiran yang biayanya lebih dari harga sebuah speedo meter



Baut, urusan baut seharusnya bisa seragam tujuannya agar kita mudah mendeteksi apakah pernah dibongkar apa tidak. Minimal jika dibongkar dibengkel yang sudah berpengalaman. 



Center body wajib hukumnya. Coba perhatikan dari belakang dan anda tarik garis lurus dari cover jok, slebor belakang hingga ke ban. Minimal harus lurus supaya agar kita terhindar dari unit yang pernah kecelakaan parah.


Test jalan. Kampas kopling habis biasanya berasa seperti motor matic. Digas dulu baru motor jalan. Ada delay atau telat berakselerasi padahal kopling sudah dilepas. Rasakan rem depan belakang pakem dan stang stir tidak goyang atau ngebanting kanan-kiri. 

Semoga pembahasan diatas cukup membantu agar terhindar dari motor yang udah capek 

Belum ada Komentar untuk "Cek Bagian ini ketika ingin meminang motor trail bekas"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel