Kelebihan Kekurangan Cuci Steam atau High Pressure


Agenda cuci kendaraan adalah ritual wajib, apalagi musim hujan lebih sering lagi kita cuci. Kegiatan sehari full membuat kita malas cuci motor. Karena jasa cuci motor sudah  bertebaran dimana mana. Harganya pun bervariasi tergantung pelayanannya. 

Mungkin hampir semuanya cucian motor mobil menggunakan alat penyemprot air bertekanan. Tujuannya memang untuk merontokkan kotoran supaya mudah. Gak perlu sikat spon terlalu lama. Cukup pake alat steam langsung cling. Tapi dibalik itu semua bukan tidak ada efek negatifnya. 

Mesin steam menyemprotkan air dalam bentuk butiran air kecil dan memiliki daya bersih yang cukup kuat. Karena butiran air yang kecil ini sangat mudah masuk ke beberapa bagian yang gak bisa kita awasi. paling gampang bearing atau laher, meskipun telah ditutup oleh karet seal is not guaranteed.

Sudah terlanjur terjadi disemua unit CRF saya ke 4 nya vonis bearing laher yang terdapat pada prolink macet. Coba dibuka langsung ambyar karena karat sudah masuk dan bikin pelumas mengering. Sempet shok karena harus ganti semua. 


Bearing pada swing arm ganti sepasang, Segitiga pro link total ada 3 bearing juga ikut ganti. Kalo ditotal hampir 600rb. Sebagai info bearing dipakai untuk pro link dan swing arm gak main-main mas bro. Sekelas NTN bisa hancur pada odometer 8000an harus minta ganti. 

Gak nanggung karena merk NTN itu made ini Japan lo mas bro. Mirip seperti KOYO atau SKF dari segi kualitas bukan ecek-ecek. Tapi mengapa di odomoter 8000 udah minta ganti semua? setelah dianalisa penyebabnya adalah air yang berhasil membuat bearing berkarat. Tekanan yang tinggi pada mesin high pressure dan berbentuk embun dapat menyelinap masuk. Menurut saya itulah kekurangan mesin cuci bertekanan tinggi yang belum banyak diketahui banyak orang.

Ada cara tertentu supaya ketika kita menggunakan mesin pencuci bertekanan tinggi aman untuk jeroan laher. Yaitu jarak semprot yang cukup jauh. Tidak terlau dekat dengan swing arm, laher velg, laher komstir, laher prolink. Jadi memang jika motor kotor baiknya menggunakan sikat dicampur sabun untuk bagian-bagian yang sulit dijangkau oleh tangan kita. Bukan dengan menggunakan alat bertekanan tinggi untuk menghilangkan kotoran tersebut. Memang agak ribet kita harus jongkok bersihkan menggunakan sikat. Tapi hal itu terbayar dengan jeroan laher kalian yang awet dan lama masa pakainnya. Karena tidak ada air yang masuk ke bagian itu. Mungkin odomoter mencapai 30.000 lebih baru dilakukan pengecekan semua lahernya. Biasanya cuma dilakukan pembersihan dan penambahan gemuk atau grease

Kelebihan mesin cuci steam ini praktis. Memang kita gak perlu jongkok gak perlu bersihkan terlalu berat. Dengan jarak yang cukup dekat ke beberapa bagian yang cukup kotor semuanya akan terlihat bersih kembali. Tapi dari kepraktisan itu semua bukan tanpa resiko.

Belum ada Komentar untuk "Kelebihan Kekurangan Cuci Steam atau High Pressure"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel